10 Jenis makanan dan minuman dengan waktu kadaluarsa terlama
Kadaluarsa adalah batas wajar suatu makanan layak di konsumsi oleh manusia. Namun berikut ini ada beberapa jenis makanan yang mampu tahan hingga dalam waktu kadaluarsa cukup lama.

Memasak memang adalah kegiatan yang cukup menyenangkan apabila jika hal tersebut sudah menjadi hobi anda. Untuk memasak sendiri juga dipastikan akan membutuhkan banyak peralatan memasak dan tentunya berbagai macam bahan-bahan makanan yang sebagian besar memiliki waktu terbatas atau waktu kadaluarsa.

Ketika makanan sudah kadaluarsa maka bisa dipastikan makanan tersebut tidak bisa dikonsumsi lagi oleh manusia karena akan sangat berbahaya. Dan rata-rata waktu kadaluarsa bahan-bahan makanan tersebut cukup sebentar sehingga jika tidak segera dimanfaatkan bisa kadaluarsa dan dibuang begitu saja. Namun berikut ini ternyata ada sejumlah bahan makanan yang mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama.

  1. Kecap Asin

Jenis bahan makanan ini sangat sering digunakan untuk menimbulkan rasa sedap yakni campuran rasa manis dan asin. Setiap membeli kecap asin sendiri terkadang memang di kemasan sudah tertera tanggal kapan kadaluarsa dari kecap asin tersebut. Namun tahukah anda, ternyata kecap asin ini jika dibuka dan disimpan langsung ke lemari es maka mampu bertahan hingga bertahun-tahun. Tapi ingat, penyimpanan harus tetap berada di dalam kulkas jangan disimpan di luar lemari es.

  1. Madu

Madu adalah salah satu jenis bahan makanan yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal. Kandungan dari madu sendiri memang sudah dipercaya sangat banyak sekali untuk kesehatan tubuh manusia. Bahkan sejumlah jamu kesehatan asli Indonesia juga menggunakan madu sebagai bahan tambahan. Madu sendiri juga memiliki waktu kadaluarsa sangat lama bahkan hingga ribuan tahun kedepan. Dan rasanya tetap akan sama persis tidak akan pernah berubah atau kadaluarsa.

  1. Beras

Di Indonesia, nasi sudah menjadi makanan pokok dan akan terasa kurang jika orang Indonesia makan tanpa di dampingin nasi. Sementara ketahanan waktu kadaluarsa dari beras yang memiliki kualitas terbaik dan penyimpanan terbaik mampu bertahan hingga 30 tahun lamanya. Bahkan berbagai kandungan nutrisi dan zat di dalam beras akan tetap terjaga meski bertahun-tahun tidak pernah dipakai.

  1. Biji-bijian

Makanan dengan jenis biji-bijian ini memang benar-benar masuk dalam jajaran dengan waktu kadaluarsa tertinggi. Biji-bijian sendiri diklaim mampu bertahan hingga 30 tahun lamanya. Dan setelah 30 tahun pun semua kandungan protein di dalam biji-bijian tersebut tidak akan berubah dan rasanya tetap sama. Sehingga wajar banyak pejuang di jaman dahulu lebih memilih membawa kacang sebagai bekal karena rasanya yang tetap awet dan tida berubah bentuk.

  1. Garam

Nama lain dari garam sendiri adalah sodium klorida yang memiliki ciri khas warna putih namun dengan rasa yang sangat asin. Untuk jenis garam murni tanpa yodium sendiri ternyata memiliki waktu kadaluarsa sangat-sangat lama sehingga akan aman untuk dikonsumsi kapan saja. Namun untuk jenis garam dengan yodium ternyata memiliki waktu kadaluarsa lebih pendek yakni hanya 5 tahun saja.

  1. Soda dan Susu

Kedua jenis minuman ini adalah salah satu kelompok makanan yang memiliki waktu kadaluarsa terlama. Hal ini karena kedua jenis minuman ini meski sudah melewati waktu atau masa kadaluarsa ternyata masih aman untuk di konsumsi oleh manusia. Sementara untuk susu sendiri khusus agar bisa awet maka harus disimpan di lemari pendingin atau biasa disebut dengan freezer. Dengan begini susu akan jauh menjadi awet dan tidak cepat rusak.

  1. Telur

Telur juga memiliki waktu kadaluarsa cukup lama, dimana untuk ukuran normalnya sendiri sebuah telur bisa digunakan hingga jangka waktu 3 sampai 5 minggu kedepan. Namun dengan syarat telur tersebut harus disimpan di lemari es atau lemari pendingin agar tidak membusuk sebelum memasuki waktu kadaluarsanya.

  1. Biskuit

Biskuit juga termasuk jenis makanan yang mampu bertahan dalam waktu kadaluarsa cukup panjang. Hal ini karena prinsip dari biskuit sendiri mirip dengan keripik dimana melewati sebuah proses pengeringan dengan suhu sangat tinggi. Total kemampuan makanan biskuit ini bisa bertahan bahkan menyentuh angka 2 bulan lamanya.

  1. Makanan Ringan

Untuk makanan ringan seperti ini asalkan pembungkus makanan tetap tertutup dengan rapat maka bisa dipastikan akan terus awet hingga waktu 1 bulan lebih. Makanan ringan memang disimpan di sebuah bungkus kedap udara sehingga perkembangbiakkan kuman dan bakteri lebih rendah bahkan tidak ada.

  1. Yoghurt

Hampir sama dengan makanan ringan, Yoghurt ini akan sangat awet jika kondisi pembungkusnya masih utuh atau tidak rusak. Yoghurt sendiri secara normal ternyata mampu bertahan hingga 6 minggu lamanya sehingga anda bisa lebih tenang dalam mengkonsumsi yoghurt meski memiliki stok banyak. Namun usahakan agar menyimpan stok yoghurt anda di lemari es agar lebih awet.

Artikel ini di tulis oleh Zac kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

Artikel Terkait