Buah dan Sayur Ini Jangan Sampai Kamu Simpan Sembarangan
Sayur dan Buah sebenarnya memiliki perawatan yang cukup sulit karena jika salah dalam melakikan penyimpanan. Maka, hal tersebut dapat berakibat fatal
Sayur dan Buah sebenarnya memiliki perawatan yang cukup sulit karena jika salah dalam melakikan penyimpanan. Maka, hal tersebut dapat berakibat fatal, karena buah atau sayur tersebut cepat busuk dan akan menyebar ke buah lainnya. Beberapa tips ini dapat membantumu dalam menyimpan buah dan sayuran secara aman.
 
1. Bawang Merah


Disarankan untuk tidak menyimpan bawang merah kedalam pendinging atau kulkas. Dikarenakan kelembapan serta suhu dingin yang ada didalam kulkas mampu membuat bawang merah menjadi lunak. Maka dari itu, cobalah untuk menggantung bawang merah didalam ruangan dengan suhu normal.
 
Selain itu, bawang merah juga harus kamu jauhkan dari kentang serta jauhkan dari jahaya agar dapat membuat bawang merah. Karena kedua hal tersebut dapat membuat bawang merah menjadi pahit.
 
2. Bawang Putih


Seperti halnya dengan bawang merah. Bawang putih jangan kamu masukkan kedalam kulkas. Simapan saja pada tempat terbuka untuk menjaga sirkulasi udara tetap lancar. Kalau kamu tidak ingin menggunakan bawang putih, maka jangan kupas kulitnya terlebih dahulu. Biarkan seperti apa adanya. Kamu juga dapat menyimpan bawang putih bersama bawang merah didalam satu wadah, karena mereka berdua sudah bertaubat dan tidak akan berkelahi lagi.
 
3. Wortel


Kalau kamu ingin membuat wortel bertahan lebih lama, cara yang kamu lakukan yakni dengan memotong bagian hijau yang ada diatas, lalu kamu bungkus wortel dengan plastik kedap udara. 
 
Cara tersebut mampu membuat wortel bertahan kurang lebih 2 minggu. Dengan syarat, kulit wortelnya jangan kamu kupas terlebih dahulu.
 
4. Kubis


Fakta umum menunjukan bahwa menyimpan kubis dengan jenis Brussel lebih lama ternyata mampu memperkuat rasa kubis tersebut. Hal tersebut dilakukan dengan cara menyimpan kubis itu didalam plastik kedap air.
 
 Pastikan kubis tersebut belum dicuci serta belum dikupas dan kalau kamu ingin menggunakannya kamu cukup memotong bagian ujung kubis tersebut.
 
5. Timun


Menurut penelitian dari California University menunjukan bahwa timun tidak baik disiimpan kedalam kulkas lebih dari tiga hari. Selain itu, timu juga sensitif dengan gas ethylene atau gas pembusukan. Maka dari itu, jauhkan timun dari tomat, melon, dan pisang.
 
6. Pisang


Cara menyimpan pisang yang baik adalah dengan cara memotong pisang menjadi satuan, setelah itu bungkus pisang satu-persatu menggunakan plastic wrap atau sering disebut plastik bungkus. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi emisi gas ethylene yang dapat membuat pisang cepat matang lalu busuk. 
 
Kamu juga dapat menyimpan pisang kedalam kulkas ketika pisang tersebut telah matang, bertujuan untuk menghambat gas ethylene keluar.
 
7. Tomat


Tomat ini merupakan buah yang sering diperdebatkan teknik menyimpannnya. Ada orang yang beranggapan bahwa tomat harus dimasukan kedalam kulkas dengan posisi terbalik, namun ada yang mempunyai pendapat lain. Namun, pendapat yang intinya tomat harus dimasukan kedalam kulkas ternyata salah besar.
 
Suhu dingin pada kulkas mampu merusak struktur sel-sel tomat sehingga akan membuat tomat menjadi sangat lunang. Pada saat tomat sudah matang, langsung saja gunakan, atau jika kamu ingin menggunakannya dilain hari. Lebih baik bekukan tomat tersebut terlebih dahulu. Bekukan bukan dinginkan.
Artikel ini di tulis oleh Ilham Rohbi kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

Artikel Terkait