Kuliner Khas Lamongan Dengan Cita Rasa Menggigit
Sudah pernah ke Lamongan? alangkah baiknya jika anda berkunjung ke Lamongan menyempatkan untuk wisata kuliner khas lamongan.

Jika kita berbicara mengenai kuliner di indonesia sendiri memiliki beragam masakan yang bikin ngiler dan bikin perut serasa lapar. Sampai dengan saat ini pun banyak sekali masakan-masakan baru muncul dari pengembangan masakan khas daerah tertentu yang pastinya bikin perut keroncongan setelah melihatnya.

Kali ini kita akan membahas soal kuliner khas Lamongan, saya sendiri orang asli Lamongan jadi tahu betul kuliner khas dari daerah saya. Makanan ini juga menjadi makanan atau kuliner favorit masyarakat Lamongan, tak hanya itu sebenarnya lamongan sendiri memiliki bermacam-macam kuliner yang enak akan tetapi kali ini saya akan membahas beberapa kuliner Lamongan yang digemari dan peminatnya terus meningkat.

Disamping enak kuliner khas Lamongan ini terbilang sangat murah, hal tersebut menjadi penyebab begitu banyak peminat kuliner ini di Lamongan. Meskipun begitu peminatnya juga terbilang tidak hanya dari warga sekitar lamongan saja banyak warga luar kota yang datang langsung ke Lamongan hanya untuk mencicipi kuliner khas Lamongan ini.

Soto Lamongan


Mendengar kata soto pasti anda ingat dengan kota Lamongan, kuliner ini asli dari lamongan meskipun saat ini sudah banyak sekali dikota-kota besar menjual soto lamongan. Jangan salah soto khas Lamongan berbeda dengan soto pada umumnya. Soto Lamongan mengedepankan cita rasa yang khas rempah ditambah kuah kuning dan ditaburi bawang dan ada satu lagi taburan koya atau tumbukan kerupuk udang yang tidak dapat ditemukan pada soto selain soto lamongan. Dijamin kuah semakin mengental dengan taburan tumbukan kerupuk udang menjadikan soto lamongan memiliki rasa yang mengigit.

Sego Boranan (Nasi Boran)


Yang kedua adalah nasi boranan, ini bukanlah hanya nasi biasa, kuliner ini juga khas dan asli dari lamongan yang terdiri dari nasi, lauk pauk, untuk anda yang suka ayam anda bisa memesan ayam bisa paha, sayap, kepala dan ceker, dan tak ketinggalan adalah rempeyek. Rempeyek sendiri makanan sejenis kerupuk yang terbuat dari tepung dan dimasak dengan cara digoreng sampai renyah. Jika anda ingin mencicipinya anda bisa datang di sekitaran Alun-alun kota Lamongan disitu banyak sekali penjual nasi boranan. Kenapa dinamai nasi boranan karena nasi tersebut ditempatkan pada boran sejenis tempat nasi yang terbuat dari anyaman bambu, menjadikan nasi tersebut memiliki cita rasa yang khas.

Tahu Campur Lamongan


Selanjutnya adalah tahu campur, kuliner ini menjadi primadona karena penyajianya yang unik. Tahu campur ini disajikan bersama dengan kuah dan ada sayuran didalamnya. Sayuran tersebut terdiri dari seladan dan juga toge, tak hanya itu makan tahu campur juga dengan lontong dan dicampur perkedel dan masih ada daging didalamnya, jadi begitu lezat saat menyantap kuliner khas lamongan yang satu ini.

Bandeng Colo Lamongan


Bisa dikatakan kuliner ini adalah menu kuliner khas lamongan yang masih baru, sebut saja bandeng colo kuliner dengan bahan bandeng yang dikasih kuah dengan citarasa asam pedas, sebelum dikasih kuah bandeng sudah digoreng terlebih dahulu dan setelah itu digoreng kembali dengan kuah asam pedas, sudah barang tentu bandeng sudah tidak terasa amis karena sudah dimasak dengan rempah menjadikan kuliner yang satu ini menjadi buruan pecinta kuliner di Lamongan.

Rawon Lamongan


Yang terakhir adalah rawon lamongan, kuliner ini memiliki ciri khas kuahnya yang berwarna coklat karena cara memasaknya menggunakan rempah kluwek (kluwak). Perbedaan dengan rawon pada umumnya adalah rawon lamongan juga dikasih rempah kunyit saat memasak bumbunya. Ciri khas dari rawon lamongan ini adalah disajikan dengan kecambah atau kacang hijau yang ditumbuhkan sedikit, masih ada sambal pedas untuk anda yang suka pedas, dan tidak ketinggalan masih ada kerupuk udang untuk menjadikan rawon ini semakin lezat.

Bagaimana ingin mencobanya? Jika masih penasaran anda bisa langsung ke kota Lamongan untuk menikmati langsung kuliner khas Lamongan yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Salam kuliner nusantara.

Artikel ini di tulis oleh epCorp kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

Artikel Terkait