Makanan Sepele Khas Indonesia Ini Ternyata Sangat Mahal di Luar Negeri

09-10-2016 (4 months ago)

Indonesia terkenal sangat kaya akan berbagai macam makanan. Meski ada makanan yang kita anggap sepele di Indonesia seperti tempe, nyatanya di luar negeri harganya sangat mahal.

Jika dilihat dari segi biaya hidup, Indonesia termasuk salah satu negara dengan biaya hidup termurah. Bagaimana tidak dibilang murah? Hanya dengan uang 10 ribu saja kita sudah bisa menikmati makanan enak. Di negara Amerika, dengan uang 10 ribu rupiah belum tentu kita bisa mendapat segelas kopi. Bahkan barang-barang yang dianggap sepele yang mudah di temukan di Indonesia ternyata sangat jarang di luar negeri. Walaupun ada, harganya bisa mencapai berkali-kali lipat. Berikut ini beberapa makanan khas Indonesia yang menurut kita sepele tapi sangat mahal di luar negeri.
 
Tempe


Jangan mengaku warga Indonesia jika kamu belum pernah memakan makanan yang satu ini, tempe. Lauk pauk asli Indonesia ini merupakan makanan yang terlihat sederhana namun akan berubah menjadi mewah tergantung bagaimana si pembuat makanan mengkreasikannya. Di Indonesia sendiri, tempe bisa kita dapatkan dengan harga yang relatif murah. Hanya dengan 5 ribu saja kita bisa menikmati satu bongkahan besar tempe. Percaya tidak percaya, makanan yang terbuat dari kedelai ini laris manis di Eropa, namun harganya bisa mencapai 1,79 Euro atau setara 25 ribu rupiah per potong kecil. Padahal jika di Indonesia, tempe bisa kamu temukan dengan mudah dimana saja dengan harga 2 ribu rupiah saja per potong. Mungkin hal ini terjadi karena tak banyak masyarakat luar negeri yang bisa membuat tempe dan harus mengimpornya dari Indonesia. Karenanya penduduk Indonesia yang tinggal di luar negeri banyak meminta kerabat untuk membawakan tempe ketika berkunjung.
 
Pisang Goreng


Anda bisa mendapatkan berbagai jenis gorengan di Indonesia mulai dari bakwan, hingga pisang goreng dengan mudah. Hampir tidak ada gorengan yang dijual mahal di Indonesia. Rasanya harga sebuah gorengan 2 ribu rupiah saja sudah termasuk mahal. Namun, jenis camilan ini akan menjadi sangat mahal jika sudah masuk ke Belanda. Satu pisang goreng yang harganya hanya seribu saja bisa melonjak menjadi 5 Euro atau 75 ribu rupiah per buahnya.
 
Mie Instan


Semua orang Indonesia pasti pernah mencicipi rasanya mie instan. Mie instan juga merupakan makanan favorit kebanyakan penduduk, apalagi bagi mahasiswa atau anak kos, mie instan rasanya sudah menjadi teman sehari-hari dan tidak bisa dilepaskan dari menu makanan bulanan. Namun jika kamu menjadi mahasiswa di Jepang harus gigit jari, pasalnya harga mie instan di Tokyo ternyata bisa naik 4 kali lipat dari di Indonesia yakni 85 yen atau sekitar 9 ribu rupiah. Di negara lain, mie instan khas Indonesia pun dijual dengan harga yang cukup mahal. Misalnya di Amerika, harga mie instan khas Indonesia mencapai 25 ribu rupiah per bungkus. Harga yang tak jauh berbeda juga berlaku di Eropa. Meskipun demikian, mie instan khas Indonesia bisa ditemukan di banyak negara karena jangkauan ekspor yang cukup luas.
 
Sate Ayam


Sate ayam menjadi salah satu makanan andalan orang Indonesia. Makanan yang terbuat dari daging ayam yang ditusuk ini memang tak bisa menolak orang untuk memakannya. Harganya tidak terlalu mahal, karena per 10 tusuknya berkisar antara 10-20 ribu rupiah. Makanan ini juga merupakan salah satu makanan terenak di dunia. Diluar negeri harga 10 tusuk sate ayam bisa mencapai 150 ribu rupiah.
 
Bika Ambon


Harga makanan asal Sumatra Utara ini sebenarnya tidak sampai 100 ribu rupiah per buah, dan itu tidak terlalu mahal karena bika ambon ini dijual dalam ukuran besar yang bisa dinikmati satu keluarga selama beberapa hari sebagai camilan. Namun berbeda jauh dengan di Belanda, menurut data yang disampaikan kementerian perdagangan bika ambon merupakan makanan Indonesia yang paling mahal di negara tersebut. Menurut data kemendag, harga rata-rata kue itu mencapai 8,5 Euro atau 130 ribu rupiah per 600 gram.

Artikel Terkait

Loading...