Olahan Ikan Segar Asli Indonesia Na Niura, Sama Seperti Sashimi di Jepang
Indonesia memiliki beragam sajian khas kuliner nusantara. Berikut ini adalah sajian khas nusantara citra rasa lokal yang dikenal dengan higienisnya.
Berbicara mengenai kesehatan, tak terlepas dari makanan. Makanan adalah salah satu unsur terpenting untuk pertumbuhan manusia. Demi kesehatan dan pertumbuhan yang baik, manusia memerlukan asupan makanan yang mengandung gizi tinggi. Selain itu harus diingat juga higienisnya. Higienis mengandung arti bersih. Makanan higienis berarti makanan yang bersih atau dengan kata lain didalamnya tidak terkandung kuman, zat racun, penyakit yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.

 
Masyarakat Jepang dikenal dengan kepintaran akan membuat teknologi yang canggih. Hal ini dikarenakan masyarakat Jepang memperhatikan asupan makanan bagi kesehatan tubuh. Kita mungkin sering mengenal masakan luar negeri asal jepang yang dinamakan sashimi. Sashimi adalah makanan Jepang dari hasil olahan makanan laut dengan kesegaran prima yang langsung dimakan dalam keadaan mentah dicampur dengan penyedap rasa seperti wasabi, kecap asin, dan parutan jahe.
 
Bila di Jepang ada Sashimi, di Indonesia punya Na Niura. Na Niura asli Indonesia ini adalah olahan makanan tradisional asli Indonesia, yang berasal dari wilayah Tapanuli Utara. Makanan khas ini biasa dijumpai dan dibuat oleh suku Batak. Olahan makanan khas ini, menu bahan utamanya menggunakan ikan. Tepatnya ikan mas. Oleh sebab itu masyarakat Batak mengenalnya dengan menyebut dengke mas naniura atau bila di bahasa Indonesiakan menjadi Ikan Mas Na Niura (tak dimasak).

 
Ikan mas Na Niura, asli Indonesia ini, cara pengolahannya hampir sama dengan olahan Jepang Sashimi. Dalam mengolah Na Niura, tak menggunakan alat teknologi canggih sama sekali. Dan dalam penyajiannya pun tak perlu direbus, digoreng, atau dibakar, hanya dengan mencampur adukkan berbagai bahan olahan rempah-rempah tradisonal. Dan bumbu-bumbu rempah tradasional inilah yang nantinya akan memasak ikan mentah segar tersebut secara alami.
 
Pada zaman dahulu kala, ikan mas na niura ini, hanya dihidangkan untuk golongan raja-raja batak saja. Tak boleh sembarangan orang yang boleh mencicipi olahan masakan ini. Proses pembuatan olahan makanan ini, amatlah unik. Ikan mas yang disebut dekke na niura ini, terlebih dahulu dibersihkan duri dan lendirnya. Kemudian direndam dengan air asam jeruk perut. Proses perendaman dengan air jeruk purut inilah yang membuat ikan segar ini menjadi matang dengan sendirinya.

 
Karena ikan na niura ini tak dimasak menggunakan api, atau dengan kata lain proses pemasakannya secara alami, membuat kualitas protein yang terkandung dalam ikan mas ini menjadi lebih utuh. Apabila tertarik untuk membuat masakan na niura sendiri, disarankan untuk menggunakan ikan yang berukuran kecil. Agar proses pematangannya dapat merata. Proses perendaman menggunakan air jeruk purut tersebut dilakukan selama kurang lebih 2 sampai 3 jam. Apabila daging ikan mas tersebut sudah kenyal dan mudah disobek, maka ikan na niura ini sudah bisa disantap.
 
Selain direndam dengan air jeruk purut, ikan naniura ini terdiri dari berbagai macam bahan bumbu lainnya. Antara lain bumbu-bumbu tersebut adalah, kecombrang atau lengkuas yang mempunyai aroma kuat dan khas. Dan juga selain itu dibumbui dengan andaliman. Bumbu andaliman ini adalah bahan tradisional asli tapanuli. Tak akan pernah anda menjumpainya lagi di tempat lain selain di tapanuli.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai ikan na niura asli tapanuli. Silahkan mencoba ikan segar ini, dan rasakan nikmat serta gizinya yang tinggi.

Artikel Terkait