Inilah Perjalanan Game Konsol Dari Masa Ke Masa

29-10-2016 (1 month ago)

Perjalanan sejarah game konsol dari awal pertama kalinya digunakan oleh banyak orang

Games adalah sebuah hal yang paling banyak diminati oleh siapapun, baik kalangan anak – anak, dewasa, maupun orang tua, siapapun itu pasti suka yang namanya games. Games sendiri mempunyai beberapa bentuk, baik game yang memerlukan tindakan (secara langsung) maupun games elektronik seperti game di perangkat computer atau laptop dan games yang dapat dimainkan pada gadgets anda seperti tablet, ataupun handphone. Namun, ada satu jenis game yang mungkin kalian sudah tidak asing lagi akan game – game ini, seperti Playstation, X-Box, Nintendo dan Sega. Yap, mereka disebut dengan game console. Yaitu sebuah perangkat game yang memang dikhususkan hanya untuk bermain game sebagai fungsi utamanya.

Berdasarkan sejarahnya, game konsol sampai saat ini sudah mencapai generasi ke delapan dan yang masih bertahan pada persaingan game konsol tersebut adalah, Nintendo, Sony, dan Microsoft X-box. Adapun beberapa dari merek game konsol sebelumnya mereka tidak bisa bersaing lagi dalam persaingan game konsol. Berikut adalah beberapa game konsol dari generasi ke generasi yang pernah ada dan mungkin kalian belum sempat mengetahuinya hingga saat ini.

1. Console game generasi pertama

Ini adalah cikal – bakal dari game – game konsol yang sekarang sedang dan sering kalian gunakan atau mainkan. Game konsol generasi pertama ini muncul kurang lebih pada tahun 1966 yang pada awalnya bernama Baer Console Game. Konsol game ini tercipta oleh para mahasiswa yang sedang study dan mereka memanfaatkan beberapa fasilitas yang disediakan dikampus mereka, dan pada akhir beberapa pemutakhiran dilakukan, pada tahun 1972 diluncurkanlah konsol game tersebut dengan nama yang baru yaitu Magnavox Odyssey.

Konsol game generasi pertama ini mempunyai enam belas game built in yang dapat diganti dengan sebuah switch yang memang sudah disediakan. Cukup sederhana ya? Tapi just FYI, Magnavox Odyssey ini laris terjual sebanyak dua ratus ribu unit loh. Sebuah penjualan yang sangat bagus bagi kemunculan kunsol game untuk pertama kalinya.

2. Console game generasi ke-dua

Pada generasi ke-dua ini dapat juga disebut sebagai generasi game konsol 8 bit. Tapi mungkin ada beberapa dari kalian belum tahu atau paham apa itu ‘bit’ pada sebuah perangkat computer atar game konsol.

Istilah ‘bit’ pertama kali ditemukan oleh seseorang yang bernama John W. Turkey, ‘bit’ sendiri adalah singkatan dari binary digits, dan ‘bit’ itu adalah satuan yang paling terkecil dalam penyimpanan pada sebuah memori, ‘bit’ lebih kecil dari ‘byte’ yang mana jika dikonversi, 8 bit = 1 byte. So, berarti games konsol pada generasi kedua dapat kita simpulkan sebagai game konsol yang mempunyai kapasitas yang paling kecil. Sangat berbeda sekali dengan game – game masa kini yang mempunyai ukuran lebih dari 1Gb.

Adapun game – game konsol yang menggunakan ‘bit’ disini adalah, dimulai pada tahun 1976 dengan merilis Fairchild Channel F dan Radofin 1292 Advanced Programmable Video sistem. Di era generasi kedua ini yang menjadi primadona konsol game adalah konsol game ATARI ,di antaranya adalah: Fairchild Channel F, Atari 2600, Magnavox Odyssey ver. 2, Atari 5200.

3. Console game genereasi ke-3


Pada generasi ini dimulai pada tahun 1983 saat Japan Family Computer atau yang lebih dikenal dengan nama FAMICOM memasarkan produknya yang nantinya dikenal diseluruh dunia dengan nama Nintendo Entertainment System (NES) walaupun pada generasi sebelumnya game konsol telah menggunakan 8 bit processor pada umumnya, namun, pada generasi inilah game konsol rumah pada pertama kalinya diberi label ‘bit’ oleh produsen. NES/FAMICOM sangat  mendominasi pasar game konsol di Amerika Serikat dan just FYI, pada generasi ke-3 inilah dimulai persaingan pertama game konsol dimulai antara Nintendo dan Sega.

4. Console game generasi ke-4


Pada generasi ke-4 ini, disebut juga generasi emas pada perkembangan video game. Pada generasi, diluncurkanlah game yang didukung dengan 16-bit processor dan memberikan perbedaan yang agak signifikan khususnya pada grafik, suara, dan gameplay.

Pada generasi ini juga, dimana ke-2 game papan atas seperti Nintendo dan Sega bersaing secara sengit. Ditahun 1990 Sega merilis Sega Megadrive/Genesis, sebuah game konsol dengan performa processor 16-bit yang banyak mencuri perhatian para gamers khususnya di Amerika Serikat. Untuk mendukung pasarnya, lalu Sega merilis game unggulannya yang dikenal sebagai Sonic the Hedgehog ditahun 199. Game ini sangat mencuri perhatian para gamers, yang  dikarenakan game Sonic ini telah didukung dengan graphic dan tata suara yang kualitasnya jauh berbeda diatas game Super Mario Bros game buatan Nintendo.

5. Console game generasi ke-5


Saat diselenggarakannya untuk pertama kali penyelenggaraan Electronic Entertainment Expo (E3) ditahun 1995 di Los Angeles Convention Center yang masih terus diselenggarakan hingga sekarang, banyak produsen game konsol telah merilis game yang didukung oleh performa 64-bit.

Sony yang tampil sebagai produsen anyar pada saat itu merilis Sony Playstation, dan selanjutnya diikuti oleh Nintendo 64. Pada persaingan kali ini, Sony memenangkan persaingan dikarenakan banyak developer yang lebih tertarik terhadap Sony yang telah menggunakan CD-Rom dan itu akan lebih murah daripada Nintendo yang tidak mengupgrade ke CD-ROM dan tetap menggunakan cartridge yang biayanya lebih mahal tapi dengan penyimpanan yang lebih kecil. Pada saat itu juga Sega merilis Sega Saturn yang telah menggunakan CD-ROM namun sayangnya Sega harus tersingkir karena dominasi Nintendo dan Sony.

6. Console game generasi ke-6


Sega yang sempat tersingkir pada game konsol di generasi ke-5 kini tampil lagi dengan merilis Sega Dreamcast yang mana juga sebagai pembukaan untuk persaingan game konsol pada generasi ke-6. Just FYI, Sega Dreamcast ini adalah game konsol pertama yang menggunakan processor 128-bit dan memiliki fitur online. Tapi sayangnya, Sega mengundurkan diri dari persaingan Game konsol dan hengkang dari dunia game konsol di dua tahun berikutnya.

Ditahun 2001, Sony mempercepat pemutakhiran game konsolnya yaitu PS2 dan disusul oleh Nintendo yang merilis Game Cube. Kali ini persaingan mereka dapat dikatakan seimbang walaupun Sony PS2 tetap menduduki peringkat teratas dari penjualan game konsol.

Pada generasi ini juga, Nintendo merilis dua konsol genggam atau portable yang dinamakan Gameboy Advance dan Nintendo DS, sebuah handheld yang didukung oleh fitur baru yaitu berlayar ganda serta memiliki fitur online dan touch sensitive. Tidak mau kalah, Sony pun merilis konsol terbarunya yaitu Sony Playstation versi ekonomis PSone, lalu mereka memproduksi handheld pertamanya yang disebut sebagai Playstation Portable (PSP) yang sampai saat ini masih terus bersaing dengan Nintendo DS.

7. Console game generasi ke-7


Microsoft yang tampil sebagai pesaing baru pada dunia konsol game, terus menggeber produksi Xbox 360, sementara itu Sony dengan Playstation 3, dan Nintendo dengan Nintendo Wii.

Pada game konsol generasi ini, setiap game konsol sudah didukung dengan graffic 3D yang sangat mumpuni dan real yang mencuri para gamers. Selain itu juga, game konsol generasi ke-7 ini sudah menggunakan fitur – fitur yang sebelumnya hanya ada pada perangkat computer seperti wifi dan internet, sehingga memungkinkan setiap pemain dapat terhubung dan bermain bersama walaupun berada ditempat yang berbeda.

8. Console game generasi ke-8


Pada geenrasi ke-8, game konsol sudah tampil dengan didukung oleh fitur yang sangat canggih dengan berbagai sensor sehingga dapat emmbuat sebuah game konsol tidak hanya berfungsi sebagai bermain game saja, namun bisa juga sebagai Multimedia-Machine, seperti Microsoft Xbox One yang didukung dengan sensor Kinect, Nintendo Wii-U dengan sensor Wii Remote, dan Playstation 4 dengan sensor Playstation Move.

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel