HASIL RISET : 10 Manfaat Penting Bermain Game

10-09-2016 (2 months ago)

Video games tidak hanya memberikan sebuah kesenangan saja tapi juga meningkatkan hidup kalian di beberapa sisi. Bahka ada games yang bisa menurunkan berat badan kamu.

Selama ini ada persepsi yang keliru di masyarakt yang menganggap bahwa bermain video games itu membuang-buang waktu dan tidak menghasilkan apa-apa. Dan juga adanya media yang mempercayai bahwa kekerasan dan penyakit sosial yang terjadi itu dikarenakan adanya game. Namun hingga saat ini belum ada bukti bahwa video games sebagai sumber kekerasan yang ada di masyarakat.

Sebenarnya ada banyak manfaat ketika seseorang bermain video games, dan yang pasti berdasarkan penelitian bisa meningkatkan kehidupan kalian.

1.Peluang Karir atau Bisnis

Banyak sekali gamers yang memiliki bakat istimewa yang mampu menciptakan video game atau memainkan game secara professional. Kedua hal ini dapat kalian jadikan karir yang sangat menguntungkan yang memungkinkan orang untuk mendapatkan uang dari bermain game atau menciptakan sebuah game.

Dan banyak juga beberapa game ang sudah diciptakan difungsikan sebagai alat pendidikan. Sebagai contoh menggunakan Minecraft mengajarkan arsitektur sebagai cara yang terbaik untuk mengajarkan siswa berpikir “outside the box” dan meningkatkan kerjasama mereka.

2.Mengurangi Tingkat Kejahatan

Selama bertahun-tahun, orang yang bersifat reaktif atau menyukai dengan hal kekerasan dan pelanggaran hukum, semakin berkurang dan lebih memilih bermain video games. Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa ada hubungan antara bermain video game dan kurangnya tingkat kejahatan.

Sebuah tim peneliti dari University of Texas menemukan bahwa setipa kenaikan 10 persen penjualan video game tentang kekerasan akan diikuti penurunan 1 persen tindak kejahatan. Dan penelitian ini tidak hanya dilakukan di salah satu daerah saja, tapi beberapa daerah menunjukkan hasil yang sama.

3.Mengurangi Perilaku Kekerasan

Penurunan tingkat kejahatan secara umum mungkin hal yang luar biasa, tetapi apakah berlaku juga pada tingkat kekerasan? Kabar baiknya adalah bahwa penelitian telah membuktikan bahwa video game menurunkan perilaku kekerasan dan juga tindak kejahatan.

Setiap kali video game tentang kekerasan di luncurkan akan diikuti lajur penurunan tingkat kejahatan. Ada banyak teori tentang efek ini, tapi yang terpenting adalah bahwa video game telah terbukti menurunkan tingkat kejahatan dan kekerasan.

4.Video Games Dapat Mengurangi Stres

Video games yang berisikan tentang kekerasan dapat mengurangi stres yang kalian alami. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti di Texas A & M International University, orang yang bermain video game tentang kekerasan akan lebih mampu menangani stres dalam jangka waktu panjang yang lebih baik dari pada mereka yang tidak bermain video games.

Hal ini membuat tim peeliti menyimpulkan bahwa bermain video game kekerasan memberikan dorongan untuk manajemen suasana hati menjadi lebih baik.

5.Membantu Anda Bersosialisasi

Kepribadian introvert sangat sulit dalam hal bersosialisasi, dan juga seperti orang-orang yang dalam perawatan medis seperti autism juga cenderung merasa kurang nyaman ketika bersosialisasi. Mereka ini akan lebih nyaman untuk menghabiskan waktunya dengan dirinya sendiri.

Game yang lagi hot saat ini seperti “Pokemon Go” akan membantu seseorang untuk menerobos hambatan sosial mereka. Gamers yang sering memainkan games yang bersifat multiplayer akan memberikan kesempatan pada mereka untuk bersosialisasi dengan pemain lainnya dengan cara yang berbeda dan dengan lingkungan yang nyaman.

6.Menurunkan Berat Badan

Mungkin hampir tidak mungkin bermain game bisa menurunkan berat badan yang ada bahkan semakin gemuk karena ketika bermain game sambil ngemil. Tapi tidak untuk game yang lagi hot ini, “Pokemon Go” sebagai salah satu video game olahraga.

Ada cerita seorang gamers yang memainkan Pokemon GO telah berjalan hingga sejauh 150 an kilometer dan berat badannya turun 5 kg selama 2 minggu. Dan masih banyak lagi game yang memang ditujukan untuk melakukan banyak gerakan, dan sangat memungkinkan untuk kalian berolahraga dan menurunkan berat badan

7.Meningkatkan Fungsi Kognitif

Jika ada orang yang pernah mengatakan kepada kalian bahwa bermain video game akan membuat kalian kurang cerdas atau merupakan salah satu tanda kemalasan mental, mungkin harus kalian sangkal. American Psychological Association telah menunjukkan bahwa dari semua jenis video game dapat memperkuat keterampilan kognitif, termasuk memori, penalaran, penalaran spasial dan juga persepsi.

Mungkin yang paling menarik dari studi ini adalah bahwa mereka juga menemukan bahwa bermain video game seperti game shooter yang sarat akan kekerasan akan meningkatkan fungsi kognitif kalian.

8.Mengurangi Rasa Cemas

Salat satu penelitian penting yang dilakukan oleh American Psychological Association adalah bahwa bermain game sederhana seperti “Angry Birds” bisa mengurangi tingkat kecemasan seseorang. Orang yang bermain game Angry Birds akan merasa lebih santai dan meningkatkan suasana hati yang lebih baik saat bermain game ini, dan akan tetap menjaga mood kalian dalam beberapa hari ke depan.

Dengan kata lain, ketika kalian merasa cemas akan sesuatu hal, kalian bisa memainkan salah satu game favorit kalian untuk mengurangi rasa ceas yang kalian alami.

9.Membantu Membuat Keputusan Dengan Cepat

Video game akan mendorong seorang gamers untuk membuat pilihan secara konstan. Dan hal ini akan membutuhkan kemampuan untuk membuat keputusan yang cepat. Akibatnya gamers akan meningkat kemampuannya sebesar 25 persen untuk menanggapi pertanyaan dan memberikan rincian tentang sesuatu yang baru saja mereka saksikan.

Oleh karena itu, jika kalian terlalu lambat dalam pengambilan keputusan untuk suatu masalah, mungkin kalian harus memainkan salah satu game secara rutin.

10.Penglihatan Anda Semakin Tajam

Beberapa orang tua mencegah anak-anak mereka untuk bermain video game karena mereka percaya hal itu akan merusak mata mereka. Penelitian yang dilakukan oleh Visual Development Lab of Ontario menunjukkan bahwa hal ini tidak factual.

Justru sebaliknya, orang yang bermain video game terutama game shooter akan memperbaiki penglihatan mereka. Hal ini terjadi pada pasien katarak yang pada akhirnya mampu melihat dengan tajam setelah memainkan video game shooter.

Jadi bermain video game sebenarnya tidak seperti apa yang sudah menjadi pandangan masyarakat. Mereka menganggap bahwa video game tidak akan membuat kalian semakin cerdas, bahkan menjadi orang yang lebih malas. Padahal bermain video game dapat membantu kalian dengan segala hal, seperti menghilangkan stres, dan meningkatkan daya penglihatan kalian. Atau bahkan menjadi peluang bisnis yang bisa menghasilkan uang.

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel