15 Tips Beternak Ayam Kalkun Secara Profesional

Hewan 5 days ago
15 Tips Beternak Ayam Kalkun Secara Profesional

Ayam kalkun sekarang menjadi komoditi di Indonesia yang mulai diminati oleh banyak orang, karena itu beternak ayam kalkun merupakan salah satu keuntungan yang lebih bagi jiwa peternak. untuk merawat ayam kalkun  itu sendiri susah susah gampang namun kali ini ada 15 tips agar kalian bisa beternak ayam kalkun hingga berhasil dan tentunya mendapatkan keuntungan yang lebih dari perkiraan kalian. langsung saja simak artikel dibawah ini serta pahami satu persatu tips nya.

1.Cara Merawat Ayam Kalkun

perawatan
perawatan

Ayam Kalkun jenis hewan yang mudah untuk dipelihara. pakan yang diberikan juga mudah, mereka hanya membutuhkan dedak atau katul yang dicampur sayur-sayuran seperti kangkung dan sayur-sayuran hijau lainnya.Untuk anak umur 0-1,5 bulan biasanya memerlukan suhu yang hangat dengan ukuran 30-45 derajat celcius. Pada umur ini ayam kalkun membutuhkan pakan berupa BR-1 dengan ditambahkan campuran air panas dan sayuran seperti sawi ataupun sayuran hijau lainnya.Pada umur 1,5-6 bulan, ayam kalkun sudah memasuki usia remaja.

2.Pemilihan Bibit

bibit
bibit

Untuk menghasilkan indukan ayam kalkun yang berkualitas sudah seharusnya kita memilih bibit yang unggul. Usahakan memilih bibit yang sehat, postur tubuh yang tegap dan besar, tubuh yang sempurna tanpa adanya cacat dibagian tubuhnya.dalam pemilihan bibit ini dipastikan harus memilih biit yang benar unggul dan terlebih kalau bisa beli yang indukan terbaik walaupun harus merogoh kocek agak dalam namun hasilnya dipastikan memuaskan

baca juga :21 Bahaya Menghirup Asap Rokok bagi Kesehatan Tubuh

3.Pemilihan Lokasi Kandang

lokasi kandang
lokasi kandang

Lokasi kandang sangat mempengaruhi tumbuh dan kembangbiaknya ayam. alangkah baiknya sebelum memilih lokasi kandang kita mengetahui kenyamanan dan keamanannya.  Pilihlah lokasi kandang yang jauh dari gangguan manusia,  gangguan binatang-binatang lainnya maupun bencana-bencana alam yang mungkin terjadi seperti tanah longsor, banjir dan bencana-bencana lainnya yang bisa membahayakan kehidupan ayam.Pemilihan lokasi kandang yang baik adalah disekitar danau, sungai ataupun sawah. Hal ini bertujuan untuk mempermudah ayam kalkun mencari tambahan makanan. Namun karena postur tubuhnya yang besar, ayam kalkun lebih memilih untuk diumbar daripada dikandangkan mereka akan bergerak bebas jika diumbar. Tetapi pembuatan kandang juga berguna untuk berteduh dikala waktu hujan.dalam pemilihan ini disarankan juga dimohon untuk sedikit menjauh dari perkampungan karena kotoran nya bisa membuat tetangga akan marah karena baunya

4.Ukuran kandang kalkun

ukuran kandang
ukuran kandang

Untuk saat ini berikan kandang yang sesuai dengan berapa ekor yang akan kalian beli dalam satu kandang karena ini juga menentukan berlangsungnya ayam kalkun dan sebagai contoh jika beternak lebih dari 10 pasang ayam kalkun berikan kandang yang luas agar bisa berkembang biak secara baik.

5.Peralatan makan ayam kalkun

tempat makan ayam
tempat makan ayam

Untuk makan sebaiknya belikan wadah seperti wadah ayam yang dijual di berbagai penjual di toko burung. dan jangan lupa berikan wadah minum untuk ayam kalkun jika anda masih pemula disarankan membeli dahulu peralatan seperti wadah makan, wadah minum. namun jika kalian tak ingin membeli bisa membuat dengan cara wadah nya itu terbuat dari bambu yang dibelah dua nah seperti itu juga bisa.

6.Vitamin

vitamin
vitamin

Ayam kalkun juga butuh vitamin agar menjaga kesehatannya, sebaiknya jika kita menemukan ayam kalkun yang sakit pisahkan dengan yang lain. dan berikan obat antiseptik untuk kalkun yang sakit dan jangan sampai satukan dengan ayam kalkun sehat ditakutkan akan mencemari ayam kalkun yang lainnya.

7.Pembersihan kandang

pembersihan kandang
pembersihan kandang

Untuk membersihkan kandang diwajibkan bersihkan sehari satu kali dan pembersihan total seminggu sekali. agar ayam kalkun terbebas dari penyakit ,karena ayam kalkun juga termasuk unggas yang dapat terserang flu burung jadi jagalah kebersihan kandang karena itu juga penting.

Loading...

8.Pemberian pakan

pemberian pakan
pemberian pakan

Untuk pemberian pakan disarankan tiap pagi dan sore agar ayam kalkun memilki pola makan dan tidak sampai kelaparan. perlu diingat berikan pakan secara merata agar ayam kalkun yang anda punya bisa sehat dan gemuk. jangan sampai lengah dalam pemberian pakan karena juga bisa membuat ayam kalkun kurus hingga mati.

9.Penetasan telur ayam

penetasan telur
penetasan telur

Penetasan kali ini bisa manual dengan cara sang induk yang akan mengerami selama beberapa minggu dan juga bisa kita membeli alat penetas ayam. karena disinilah faktor sebagai penentu berhasil atau tidak peternakan kalian atau juga bisa kalian menjual langsung telurnya.

10.Penjualan ayam

penjualan ayam
penjualan ayam

Untuk penjualan ayam kalian harus punya pengepul untuk penjual ayam tersebut. karena untuk saat ini ayam kalkun dagingnya masih dijual terpisah dengan ayam yang dijual daging di pasar,untuk kalian lebih disarankan carilah pengepul ayam kalkun.

11.Keuntungan  dalam beternak

keuntungan
keuntungan

Dalam beternak ayam kalkun tentunya menguntungkan karena ayam ini mulai diminati di komoditi di Indonesia dan bisa menjadi pertimbangan pengganti ayam biasa dan yang bisa menentukan keuntungan hanyalah kalian berpengaruh dari pembelian pakan,penjualan telur,daging maka coba buat tulisan dari awal pembelian dari modal sampai penjualan maka akan diketahui keuntungan kalian.

12.Cara perkembangbiakan

perkembangbiakan
perkembangbiakan

Untuk ini cara perkembangbiakan kalkun digolongkan dengan secara alami seperti ayam biasanya, kita tinggal menunggu sampai sang induk betina menghasilkan telur dan kita tak perlu bertindak apapun. untuk hal ini tapi sebaiknya berikan wadah untuk sang induk bertelur.

13.Semangat dalam beternak

semangat
semangat

Untuk ini disarankan belilah indukan berkualitas karena indukan yang berkualitas akan menciptakan anakan yang terbaik. daripada kita membeli indukan yang murah namun menghasilkan anakan yang jelek dan kurang diminati oleh pembeli.

14.Pemilihan indukan terbaik

indukan
indukan

Untuk saat ini tetaplah bersemangat dalam beternak karena kita akan menjumpai dari kegagalan sampai keberhasilan. karena setiap kegagalan akan tercipta pula keberhasilan maka dari itu jangan putus asa dalam beternak ayam ini.

15.Pemeliharaan anakan

anakan
anakan

Untuk saat ini pemeliharan anak digolongkan menjadi 2 yaitu secara alami dengan cara menyatukan indukan dengan anakan. atau bisa dipisahkan dengan cara kita merawatnya mungkin itu saja pembahasan untuk 15 cara beternak ayam kalkun secara profesional.

Tags: Ayam Kalkun, Ternak Kalkun

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com