10 Cara Budidaya Ikan Nilem yang benar

Hewan 1 week ago
10 Cara Budidaya Ikan Nilem yang benar

Kata.co.id - Ikan nilem adalah jenis ikan yang tidak jauh berbeda dengan ikan mas, ikan tawes dan ikan yang lainnya, ikan nilem ini memiliki bentuk tubuh yang berkilau dan cerah ketika terkena sinar matahari. Ikan nilem ini sangat cocok dibudidayakan oleh siapa saja karena dengan berkembangnya bisa cepat dan mudah untuk dijadikan peluang usaha yang sangat bagus dan menjanjikan.

Budidaya ikan nilem sendiri butuh cara khusus agar mendapatkan hasil yang sangat menggiurkan dan memuaskan. Ada yang budidaya ikan nilem tersebut berhasil dan ada pula yang gagal, segala masalah tersebut ternyata kembali lagi pada diri para pembudidaya. Apakah dalam perkembangbiakan ikan nilem tersebut sudah sesuai atau belum ?

Jika sudah berhasil maka silahkan dicoba dan dipertahankan caranya dan apabila belum sesuai dengan yang dinginkan maka simaklah cara dibawah ini agar budidaya ikan nilem ini menjadi berhasil dan mendapatkan banyak keuntungan yang sangat bagus dan berkualitas.

Cara budidaya ikan nilem yang baik dan benar

1. Siapkan Modal

Dalam persiapan modal ada kalanya, para budidaya memikirkan terlebih dahulu apa saja yang sekiranya harus dimiliki dan harus dibeli karena dalam menyiapkan modal ini perlu pemikiran yang baik agar dalam proses pelaksanaan nanti tidak ada hal yang dipermasalahkan.

2. Tempat Budidaya

Tempat Budidaya
Tempat Budidaya

Tempat budidaya ikan nilem  ini harus anda perhatikan juga, karena ikan nilem berbeda sekali seperti ikan yang lainnya. Ikan nilem ini lebih suka dengan air yang bersih, dan yang penting tempat dan lokasi budidaya ikan nilem ini yang lebih baik adalah kolam tembok yang sudah dirancang sedemikian rupa, karena ikan nilem ini sangat sensitip dan mudah mati ketika sudah merasa kecapean.

3. Pilih Bibit Unggul

Bibit Unggul
Bibit Unggul

Pemilihan bibit unggul dan berkualitas adalah hal yang utama sekali, karena pemilihan bibit tersebut tidak dilakukan dengan baik maka akan memiliki pengaruh besar terhadap masa pembudidayaan nanti. Maka dari itu sebagai para budidaya ikan nilem agar memperhatikan terlebih dahulu keadaan ikan tersebut, karena kemungkinan ikan nilem tersebut memiliki penyakit, cacat dan yang lainnya. 

4. Bedakan jantan Dan Betina

Nilem Betina
Nilem Betina

Induk ikan nilem betina memiliki ciri sebagai berikut

  • Memiliki warna yang agak keemasan
  • Gerakan diair lamban
  • Perutnya agak besar

Ciri ikan nilem jantan

  • Perutnya ramping
  • Gerakannya cepat
  • warnanya lebih terang

5. Buat Kolam

Buat Kolam
Buat Kolam

Ikan nilem lebih suka dengan kolam yang agak luas, karena selain ikan nilem ini memiliki kelebihan yang bagus dalam budidaya, maka dianjurkan untuk para pembudidaya ikan nilem ini bisa mudah untuk membuatnya. Disarankan untuk kolam ikan nilem dengan ukuran 5 m x 3 m agar digunakan dalam berkembangbiaknya mudah kesana-kemari, maka dari itu buatlah ukuran kolam yang seperti itu agar baik dalam proses pembudidayaan ikan nilem tersebut.

Loading...

6. Pilih Sumber Air yang Baik

Kualitas Air
Kualitas Air

Dalam pembudidayaan ikan nilem tersebut kualitas air juga akan sangat berpengaruh. Air yang lebih bagus tersebut adalah air yang berasal dari sumber mata air pegunungan atau persawahan. Karena air yang berasal dari pegunungan mengandung zat yang sangat berguna bagi ikan nilem.

Dalam pembudidayaan ikan nilem ini perlu anda ketahui bahwa ikan nilem suka dengan air yang deras dan air yang lambat, maka sebagai para pembudidaya ikan nilem tersebut anda harus bisa sediakan lebih dari 1 kolam khusus untuk ikan nilem tersebut.

7. Pemberian Pakan Makanan

Pemberian Pakan
Pemberian Pakan

Pemberian pakan makanan terhadap ikan nilem tersebut perlu diperhatikan juga, karena ikan nilem berbeda dengan ikan yang lainnya. Ikan nilem lebih suka dengan makanan alami dan buatan. Untuk makanan alami bisa anda gunakan bisa dari ulat, cacing tanah atau cacing sejenisnya.

Sedangkan untuk pakan buatan anda bisa gunakan pelet khusus ikan, layer dan yang lainnya. Tujuan pemberian makanan yang alami dan buatan ini agar dalam proses pertumbuhan ikan nilem bagus dan cepat.

8. Perawatan/Pengendalian Hama

Perawatan
Perawatan

Ikan nilem tidak akan terlepas dari berbagai penyakit maka dari itu sebelum budidaya ikan nilem, perlu diperhatikan dalam proses pemeliharaan ikan nilem tersebut dengan memberi obat khusus ikan nilem agar terhindat dari berbagai penyakit yang dapat menyerang ikan nilem.  

9. Panen

panen
Panen

Maka proses panen tersebut akan tiba waktunya. Proses panen ikan nilem tersebut bisa anda lakukan sekitar 3 bulan sekali setelah anda melakukan pembenihan. Proses pemanenan bisa anda lakukan dengan cara memilih ikan nilem yang sudah besar saja dan ikan yang masih kecil atau sedang bisa anda budidayakan kembali dan tunggu sampai ikan tersebut menjadi besar dan bisa anda panen kembali.

Dalam proses panen ikan nilem tersebut sebenarnya harus hati-hati, karena air yang diam dan menjadi keruh akan membuat ikan nilem sulit untuk bernafas dengan baik, maka disarankan dalam proses pemanenan ikan nilem tersebut harus dengan air yang deras dan kalau bisa lebih baik pakai jaring untuk proses panennya karena selain tidak mengganggu pada proses pernafasan ikan nilem, panen juga akan lebih mudah dan efesien.

10. Proses  Pemasaran

Proses Pemasaran
Proses Pemasaran

Pemasaran adalah langkah terakhir yang dilakukan dalam membudidayakan ikan nilem, dan disinilah anda akan berpeluang memiliki banyak keuntungan yang sangat besar dalam membudidayakan ikan nilem tersebut. Pasarkanlah ikan nilem sesuai harga pada umumnya agar dalam proses pemasaran berjalan dengan lancar juga dan tidak ada hambatan.

Itulah 10 cara Budidaya ikan nilem yang baik dan benar serta akan menghasilkan hasil yang memuaskan bagi para budidaya ikan nilem.      

Tags: Ikan Nilem, Budidaya Ikan Nilem

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com