Ya Ampun…Tali yang Bergerak Itu ternyata Barisan Ulat Bulu!

Hewan 3 months ago
Ya Ampun…Tali yang Bergerak Itu ternyata Barisan Ulat Bulu!

Ternyata, bukan hanya semut, itik, dan penguin yang suka berbaris. Hewan berkaki banyak seperti ulat bulu juga senang berbaris. Baru-baru ini di area rerumputan di dekat Daintree, Queensland, Australia, ditemukan sesuatu yang berbentuk panjang bergerak maju. Awalnya, banyak orang mengira itu sebagai tali panjang yang bergerak sendiri. Setelah didekati, ternyata itu adalah ulat bulu yang jumlahnya mencapai ratusan ekor! Mereka berjalan bersama dengan cara berbaris.

Dibentuk Karakteristik Iklim


Sebelumnya, pernah juga ditemukan pasukan ulat bulu di Taiwan, China, Southfield, dan di dataran Gondwana, dekat Teluk Byron, Australia. Entah kenapa, di wilayah Australia paling sering ditemukan barisan ulat. Para ilmuwan menduga karakteristik iklimnya telah turut membentuk perilaku hewan-hewan secara ilmiah.

Menurut Helena Kimberley, peneliti dari Universitas Melbourne, beberapa jenis ulat memang memiliki kebiasaan berbaris dan suka bekerja sama. Umumnya ukuran mereka sedang hingga besar. “Mereka tergolong jenis ulat yang senang bergerak dan berpindah-pindah tempat,” katanya. Sebaliknya, menurut Kimberley, ulat-ulat kecil lebih suka berdiam di suatu tempat dan hidup berkelompok.

Masih menurut Kimberley, mereka pergi bersama-sama untuk membangun kekuatan terhadap munculnya serangan. Jika ada hewan yang lebih besar mendekat, mereka terus berjalan sambil mengembangkan bulu mereka. Tidak jelas juga, apakah hewan yang lebih besar itu merasa takut terhadap barisan ulat dengan bulu yang mengembang. Hanya yang pasti, umumnya barisan ulat sampai dengan selamat di tempat tujuan.

Loading...

Komandan Ulat


Biasanya para ulat sepakat memilih komandan mereka, untuk memandu perjalanan. Secara kompak, mereka akan mengikuti ke mana pun arah yang akan dituju “komandan ulat”. Jika muncul serangan yang menyebabkan ketua barisan mati, maka anggota pasukan yang berada di belakangnya sudah siap menggantikan. Jumlah total pasukan ulat, umumnya 300-600 ekor.

Belum pernah ada penelitian bagaimana cara mereka berkumpul dan membentuk barisan hingga bisa sebanyak itu, dengan barisan cukup panjang. Hanya yang pasti, mereka mencari tempat yang banyak ditumbuhi dedaunan muda kesukaan mereka. Diduga, di tempat asal sudah tidak ada lagi bahan pangan yang bisa mereka makan.

Setiba di tempat tujuan, tanpa terburu-buru namun pasti, mereka akan berpencar dan menggerogoti dedaunan muda hingga kenyang. Setelah itu, entah bagaimana cara menyampaikan instruksinya, anggota pasukan akan berkumpul dan membentuk barisan, lalu berjalan bersama lagi menuju tujuan berikutnya.

Tags: Ulat, Ulat Bulu, Australia, Barisan Ulat, Ulat Australia

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com