5 Tips Membangun Hubungan yang Baik di Tempat Kerja

30-08-2016 (3 months ago)

Bila kita tidak memiliki hubungan yang baik di lingkungan kerja akan membuat kita menghabiskan waktu dan energi sehingga kita tidak produktif dan tidak mencapai tujuan yang telah kita tetapkan.

Penting sekali bagi kita untuk membangun suatu hubungan yang baik di tempat kerja. Hubungan kerja yang baik akan memberikan manfaat yang berarti bagi kita. Manfaatnya antara lain kita menganggap pekerjaan kita sebagai sesuatu yang menyenangkan dan kita bisa fokus menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Bila kita tidak memiliki hubungan yang baik di tempat kerja tentu akan menguras energi dan waktu kita. Akibatnya kita tidak bisa maksimal dan tujuan yang telah kita tetapkan kita tidak tercapai. Bahkan dengan mudahnya kita menyerah dan akhirnya kita menyalahkan orang lain.

1. Saling Mempercayai



Saling mempercayai adalah dasar dari hubungan yang baik. Ketika Anda dan rekan sekerja memiliki sikap ini akan membentuk suatu ikatan yang kuat. Ikatan yang kuat ini akan menolong Anda untuk dapat berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain dan tentunya Anda tentu tidak akan mengalami kesulitan untuk terbuka dan jujur.

2. Saling Menghormati



Bila Anda menghormati orang-orang yang berada di lingkungan kerja, orang-orang tersebut tentu akan melakukan hal yang sama kepada Anda. Anda tentunya akan mudah untuk bekerja sama bahkan mengembangkan ide-ide yang Anda miliki.

3. Memiliki Kepekaan



Anda harus memperhatikan lingkungan kerja Anda dengan seksama. Ada kalanya kita harus berinisiatif untuk mengambil tanggung jawab. Bahkan kita juga harus berhati-hati dalam setiap kata-kata yang kita ucapkan jangan sampai menyinggung perasan orang lain.

4. Menerima Keberagaman



Tentu di dalam lingkungan kerja seringkali terjadi perbedaan pendapat. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar. Tapi Anda bisa juga meluangkan waktu untuk mempertimbangkan apa yang mereka katakan, dan memasukan ide-ide mereka ke dalam rencana kerja Anda.

5. Keterbukaan



Berkomunikasilah dengan orang-orang yang ada di lingkungan kerja dengan terbuka dan jujur. Itu akan memperkaya hubungan Anda dengan banyak orang. Sesering mungkin Anda berinteraksi dengan mereka secara tatap muka dan langsung. Bisa saja Anda mengajak rekan kerja mengobrol santai di jam makan siang atau di waktu-waktu lain di luar jam kerja. Itu akan menolong Anda untuk memahami rekan kerja.

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel

Tags