8 Penyebab Anak Balita Rewel & Cara Pencegahannya

23-09-2016 (2 months ago)

Terkadang orang tua suka emosi ketika menghadapi anaknya yang rewel, akibatnya munculnya sikap kasar yang dapat melukai fisik maupun mental anak.

Anak yang sering rewel memang sangat merepotkan. Tidak jarang, si kecil yang masih berusia batita menjadi begitu rewel. Sedikit-sedikit menangis, menjerit, bahkan mengamuk. Sampai-sampai dalam melakukan kegiatan sehari-hari dia pun selalu mengawalinya dengan menangis.

Walaupun seperti itu, orangtua seharusnya lebih sabar dan jangan mudah terpancing emosi. Karena, balita cenderung akan mudah marah dan rewel kalau orangtuanya juga mudah marah dan bereaksi berlebihan terhadap perilaku anaknya.

Sebaiknya sebagai orang tua, kenalilah 8 sumber yang menyebabkan anak balita rewel dan cara untuk mengatasi.

1. Rewel Karena Sakit menjadikan anak yang tadinya aktif dan ceria mendadak murung dan cengeng


Sudah menjadi hal yang wajar kalau anak rewel waktu ia sakit. Kondisi yang tidak nyaman menjadikan anak uring-uringan. Tidak heran, itu semua dapat merubah perilaku anak. Ia yang sebelumnya aktif dan ceria, mendadak jadi murung, cengeng dan jadi lebih manja.

Untuk mengatasi anak rewel akibat sakit
– Anak yang sakit akan lebih butuh banyak perhatian dibanding anak sehat, oleh karena itu bersabarlah.
– Saat memberi makan dan obat pada anak memang dibutuhka kesabaran.
– Hindari memperlihatkan kesedihan di depan anak, sebisa mungkin buatlah suasana yang menyenangkan

2. Rewel di tempat baru atau asing karena tidak nyaman dengan kondisi baru


Perilaku ini sebenarnya sudah menjadi hal yang biasa dialami oleh anak dan ini sering membuat para orangtua menjadi kesal. Kondisi ini terjadi akibat ia merasa tidak nyaman dengan suasana baru. Bahkan terkadang anak merasa itu adalah suatu hal yang mengancam. Apalagi kalau anak belum pernah mengunjungi tempat itu sebelumnya.

Untuk mengatasi anak rewel di tempat baru atau asing
- Sebelum pergi, orangtua perlu memberikan bekal pada anak berkenaan dengan tempat yang akan dituju. Apa sajakah yang akan anak temui, dan benda apa sajayang ada disana.
- Sebaiknya sesering mungkin mengajak anak pergi ke tempat baru. Karena semakin sering kita berkunjung ke tempat baru, maka pengalaman anak akan semakin luas.

3. Rewel kala bertamu disebabkan si batita beranggapan bahwa, rumahnya adalah surganya


Sering kan menghadapi anak merengek minta pulang kala diajak bertamu. Ini disebabkan anak menganggap, tidak ada tempat yang paling indah dan nyaman selain rumahnya. Dan banyaknya sosok asing di rumah orang lain membuat anak tidak mau berlama-lama.

Cara Mengatasi anak rewel kala bertamu
– Sebelum pergi, bekali si kecil dengan banyak mainan agar mereka merasa nyaman saat bertamu.
– Sepulang dari bertamu, orangtua dapat mengeksplor lingkungan rumah yang dikunjungi. Siapa tahu ada hal menarik yang dapat mereka temukan.
– Ajarkan anak untuk bersosialisasi dengan berkunjung ke rumah tetangga, saudara, atau teman, agar dia terbiasa berkunjung ke rumah orang lain.

4. Rewel saat ada ibu disebabkan anak meminta perhatian lebih


Anak rewel dan menuntut macam-macam saat ibu ada di rumah, ini terjadi karena ia meminta perhatian lebih. Biasanya ibu yang bekerja akan menghabiskan banyak waktu di luar rumah dari pada bermain bersama anaknya.

Cara Mengatasi anak rewel ketika ada ibunya
– Bersikap tegas dan konsisten saat menerapkan aturan.
– Sikap tega dan tegas harus dikedepankan agar setiap akhir pekan, atau kala ibu ada di rumah anak tidak rewel
– Biasakan anak untuk disiplin dan melakukan rutinitas.

5. Rewel Ketika ditinggal ibunya karena  Anak merasa tidak aman jika diasuh oleh orang lain


Di usia batita, anak memang sedang membangun sikap kelekatan. Kalau anak menganggap bahwa orangtua ialah yang paling dekat, maka akan sulit untu kmemisahkannya dari orang tuanya.

Cara Mengatasi anak rewel ketika ditinggal orangtuanya
– Beri penertian pada anak, kalau memang ingin meninggalkan anak pergi. anak akan mengerti, kalau orangtuanya pergi hanya sementara waktu.
– Jangan pergi dengan cara diam-diam atau berbohong pada anak. Karena itu akan membuatnya semakin rewel, atau mungkin anak tidak percaya lagi dengan Anda.

6. Rewel Saat diajak pergi tergesa-gesa, Ketergesaan itu menyebabkan anak tidak nyaman


Kebanyakan orangtua pusing dan kesal ketika mengajak anaknya pergi. Itu karena anak masih sulit mengendalikan emosinya. Sebagai orangtua harus mengetahui penyebab kerewelan anak, misalnya suasana hatinya sedang buruk. Atau mungkin orangtua mengajaknya dengan tegesa-gesa, sehingga membuat anak tidak nyaman.

Cara Mengatasi setiap kali diajak pergi
– Cari tahu penyebabnya. Jika karena suasana hatinya sedang buruk, makabangkitkanlah agar menjadi baik.
– Ceritaka hal-hal menarik yang dapat ditemui anak di tempat tujuan.
– Berikan penjelasan tentang hal-hal menarik yang dapat dijumpai, contohnya ajak anak untuk melihat pemandangan, dan bawa juga mainan untuk di perjalanan.
– Hindari persiapan kepergian terburu-buru, supaya anak beranggapan kalau bepergian menyenangkan.

7. Rewel saat bangun pagi bisa menjadi tanda anak kelelahan, masih ngantuk, tidsk enak badan, kecewa, sedih, dan lain-lain


Ini dapat diakibatkan oleh berbagai hal. mungkin sehari sebelumnya anak mendapat pengalaman buruk dan masih terbawa saat ia bangun, atau ia mungkin mimpi buruk, bisa juga ia kelelahan atau sedang sakit. Sehingga ia meluapkan perasaannya itu dengan bersikap rewel.

Cara mengatasi anak yang rewel saat bangun pagi :
– Berikan anak semangat saat bangun pagi, dengan cara memeluknya, mengajaknya ngobrol, bermain sebentar, ataupun memutar musik dan film favoritnya.
– Jangan memarahi anak saat mereka rewel karena itu tidak akan meredam kerewelannya, justru kerewelannya akan semakin menjadi-jadi. Bersikaplah tenang dan santai.
– Jika Anda sudah tidak tahan menghadapinya, mintalah tolong kepada suami atau orang lain untuk menanganinya. Menangani anak dengan emosi akan membuat anak semakin tertekan dan mungkin akhirnya menjadi rutinitasnya saat bangun pagi.
- Berikan suasana menyenangkan saat menjelang tidur. misalnya membacakan cerita atau menyetel musik lembut.

8. Rewel Saat naik Kendaraan, karena anak bosan kelamaan di kendaraan


Hal itu terjadi karena anak bosan berlama-lama di angkutan umum. Apalagi jika angkutan umum itu tidak ada ventilasi udara yang cukup, anak pastinya akan rewel.

Cara Mengatasi anak rewel saat naik kendaran
– Rewel saat pertama kali naik angkutan umum adalah wajar. Orangtua dapat melakukan hal yang dapat membuatnya nyaman di angkutan umum.
– Orangtua bisa mengajak anak mengobrol agar tak bosan, putarkan musik kesukaannya tapi jangan sampai mengganggu penumpang lain, ceritakan pemandangan yang ditemuinya dan jawab semua pertanyaannya.
– Bawalah bekal makan dan minum yang cukup untuk anak.

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel