close
Alasan Kenapa Banyak Orang Takut Berkomitmen
Rasa takut adalah hal yang wajar namun takut untuk berkomitmen adalah masalah serius yang sebaiknya dihindari karena semua permasalahan pasti memiliki jalan keluar sehingga tidak perlu menghindari rasa takut itu namun hadapi dengan penuh keyakinan.

Setiap orang pasti memiliki yang namanya rasa takut. Tapi jika rasa takut itu menyangkut hal berkomitmen atau menikah itu adalah satu hal yang berbeda. Sebenarnya rasa takut muncul pada diri kamu sebagai wujud perlindungan diri secara alamiah dari gangguan yang bisa menyakiti dan membuat kamu tetap aman.

Rasa takut yang berlebihan akan berakibat buruk untuk diri kamu sendiri karena bisa menghalangi kamu untuk maju dan berkembang. Hal-hal baik yang mungkin akan dialami juga menjadi terhambat jika kamu memiliki rasa takut yang tidak bisa kamu kendalikan. Beberapa orang juga menganggap sebuah pernikahan atau komitmen merupakan hal yang menakutkan dengan alasan yang bermacam-macam. Alasan yang paling mendasar adalah karena mereka takut tersakiti.

Trauma Karena Masa Lalu Telah Tersakiti Dan Belum Bisa Move On Membuat Seseorang Takut Untuk Berkomitmen


Orang yang takut untuk menjalin hubungan yang serius atau menikah mungkin pernah mengalami trauma karena tersakiti di masa lalu dan belum bisa move on. Pada akhirnya orang seperti ini akan membuat dinding pembatas yang tinggi agar tidak tersakiti lagi. Orang yang belum bisa move on tidak mudah untuk membuka hati terhadap orang baru karena luka yang ada dalam hatinya belum sembuh benar.

Tidak Ada Tekanan Dari Luar Seperti Keluarga Yang Menuntut Untuk Segera Menikah Membuat Seseorang Tidak Memikirkan Pernikahan Sama Sekali


Ada beberapa orang yang beralasan tidak mau untuk mencoba menjalin komitmen yang serius karena tidak ada dorongan dari keluarga untuk segera menikah, mereka akan bersantai dan tidak memikirkan pernikahan sama sekali. Mungin tipe orang seperti ini harus sering ditanya ’’Kapan nikah?’’ agar dia sadar bahwa hal yang dialkukan itu salah dan mau berusaha untuk menemukan pasangan yang bisa diajak untuk serius bukan hanya untuk bersenang-senang saja.

Lebih Suka Bebas Dan Tidak Menyukai Hubungan Yang Membatasi Dia Untuk Bergerak


Terkadang orang yang menyukai kebebasan seperti ini menganggap mengapa harus menjalin komitmen serius yang penuh dengan resiko jika dengan kebebasannya saja ia sudah merasa bahagia karena tidak adanya ancaman dari hubungan yang mungkin akan menyakitkan. Orang tipe ini menghindari sebuah hubungan yang membuatnya tidak bisa bergerak bebas karena kehidupan dia tidak terikat oleh siapapun.

Setiap Orang Tentu Memiliki Kriteria Seperti Apa Pasangan Yang Diharapkan Namun Standar Dan Harapan Yang Terlalu Tinggi Akan Membatasi Dia Untuk Segera Berkomitmen


Wajar jika kamu memiliki standar seperti apa pasangan yang kamu idam-idamkan untuk dinikahi. Jika selalu saja orang yang kamu temui tidak memiliki syarat untuk menjadi pasangan hidupmu maka tidak akan ada orang yang sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Ingat, bahwa setiap orang pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Kriteria itu perlu, namun sebaiknya jangan memasang syarat terlalu tinggi dan berfikir atau bersifat lebih fleksibel akan membuat kamu bisa menemukan pasangan yang akan membuat kamu merasa nyaman berada di sampingnya. Kamu juga harus sadar sudah pantaskah standar yang kamu tetapkan dengan keadaan diri saat ini.

Merasa Belum Panatas Menikah Karena Takut Akan Tanggung Jawab Finansial


Hal paling mendasar yang harus dilakukan seorang cowok sudah berkomitmen atau berkeluarga adalah dia yang menanggung semua tanggung jawab besar dari segi finansial atau keuangan. Cowok yang belum mapan secara finansial akan betah berlama-lama melajang karena merasa belum mampu untuk memikul tanggung jawab ini.

Padahal jika kamu terus merasa nyaman dengan keadaan ini maka tidak akan ada perubahan yang signifikan dalam hidup kamu. Sebaiknya kamu harus menetapkan target pada usia berapa seharusnya kamu sudah mapan secara finansial. Dengan begini keadaan lain disekitar kehidupan juga ikut menyesuaikan salah satunya adalah pernikahan.

Jadi beberapa hal di atas merupakan hal yang biasanya membuat orang takut untuk menjalani sebuah komitmen atau pernikahan. Mungkin salah satu dari beberapa hal di ata ada yang menjadi penyebab kamu atau pasangan takut berkomitmen, itu hanya kamu yang tahu.

Loading...
Loading...
Artikel ini di tulis oleh Agung DP kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

Artikel Terkait