Ayo Cari Tahu! Apakah Pasanganmu Over Protektif?
Pasanganmu sering cemburu yang berlebihan, tidak percaya padamu, dan sering melarangmu? Hati- hati, mungkin dia itu over protektif padamu. Simak rangkuman ciri- ciri pasangan yang over protektif berikut ini!

Orang bilang bagaikan tahanan di dalam penjara jika kamu memiliki pasangan yang over protektif. Semua aktivitasmu akan di pantau. Semua kata- kata yang kamu ucapkan diragukan walaupun itu semua merupakan kebenaran. Tersiksa lahir dan batin.

Over protektif pada pasangan bisa terjadi apabila seseorang telah mengalami pengalaman hubungan yang kurang baik di masa lalu. Dia mungkin sudah berkali- kali dikhianati sebelumnya. Jadi agar pengalaman buruknya tidak terulang lagi denganmu, dia pun akan bersikap over protektif padamu. Bagi kamu yang belum begitu paham bagaimana itu sikap pasangan yang over protektif, di bawah ini adalah rangkuman ciri- cirinya.

1. Pencemburu

Pasanganmu pencemburu?  Cemburu itu manusiawi kok. Kadang kalau si dia merasa cemburu kamu pasti diam- diam merasa senang. Kamu boleh beranggapan kalau cemburu itu bukti kasih sayangnya padamu. Kalau dia merasa cemburu itu tandanya dia takut kehilanganmu. Tetapi kamu tidak akan suka kalau pasanganmu sedikit- sedikit merasa cemburu. Apalagi cemburu yang berlebihan. Nah, kamu perlu hati- hati jika dia sering merasa cemburu buta karena hal- hal kecil. Sifat pencemburu ini bisa mendorongnya berlaku over protektif padamu.

2. Curiga dan tidak percaya padamu

Poin kedua ini berhubungan dengan poin pertama. Kalau pasanganmu sering merasa cemburu, pasti dia juga sering merasa curiga dan tidak percaya padamu. Dia akan selalu meragukan setiap penjelasan yang kamu berikan sekalipun kamu tidak berbohong. Sulit untuk meyakinkannya jika sudah begini. Ujung- ujungnya kamu akan diminta untuk menjauhi teman- teman lawan jenismu.

3. Posesif

Cemburu berat juga menyebabkan si dia berlaku posesif terhadapmu. Perilaku posesif ini terjadi ketika dia takut sekali untuk kehilanganmu. Dia takut kalau kamu akan mengkhianatinya dengan menduakannya dengan yang lain. Sehingga dia menginginkanmu hanya untuk dirinya. Tidak ada yang boleh menyentuhmu selain dirinya. Jika si dia sudah posesif begini, kamu pun akan terkekang.

4. Sering memantau melalui sms/ telepon

Mendapatkan pesan atau telepon dari orang terkasih membuat hati melambung tinggi dan lupa sebenarnya kaki masih menginjak tanah di bumi. Sayangnya pesan atau telepon dari kekasih akan menjadi mimpi buruk jika yang dia tanyakan seolah memantau apa saja yang sedang kamu lakukan.  Seperti pertanyaan: “Kamu sedang apa?”, “Sayang ada dimana?”, “Dengan siapa?”. Tidak apa jika dia hanya sekedar kepo menanyakannya, tetapi berbeda jika setiap saat dia mengirimkan pesan dengan pertanyaan- pertanyaan itu tetapi dengan kesan yang berlebihan.

5. Suka menginterogasi

Setelah dia mulai memantau aktivitas- aktivitasmu melalui sms atau telepon, kalau kalian berkesempatan untuk bertemu dia pasti akan menginterogasimu. Dia akan membanjirimu dengan ribuan pertanyaan- pertanyaan sepele yang harus kamu jawab dengan bukti kuat dan alibi yang masuk akal. Pada akhirnya kamu mesti rela membiarkannya mengecek riwayat panggilan juga pesan yang masuk dan terkirim dari handphonemu, bahkan dia akan meminta password akun- akun sosmedmu.

Baca Juga: 5 Pertanda Hubungan Cinta Kamu Tidak Pantas Untuk Dipertahankan

6. Suka melarang dan memerintah

Karena dia ingin menjagamu dari orang- orang yang mungkin bisa mengancam hubungan kalian, dia pun akan sering memberimu perintah. Kamu dipaksa untuk mematuhinya walaupun kamu sendiri tidak suka diperintah maupun dilarang- larang. Kamu tidak boleh pergi dengan temanmu si ini dan si itu. Kamu tidak boleh melakukan ini dan itu. Jika sudah begini, semakin lama dia pun akan semakin mengekangmu dengan ribuan perintah dan larangan yang kurang masuk di akal. Kalau kamu ketahuan melanggarnya, dia mungkin bisa melakukan hal- hal kasar seperti memberimu tamparan atau menarik lenganmu secara paksa.

Nah, bagaimana? Apakah pasanganmu termasuk seseorang yang over protektif? Kalau iya, kamu mesti bersabar untuk mengatasi sikapnya tersebut.

Loading...
Loading...
Artikel ini di tulis oleh Sarwendah N.A. kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

Artikel Terkait