Loading...

7 Ciri Anda Adalah Seorang Entrepreneur Sejati

Inspirasi 8 months ago
7 Ciri Anda Adalah Seorang Entrepreneur Sejati

Menjadi seorang entrepreneur memang memiliki tantangan tersendiri. Ada suka dan duka yang mesti harus dilalui. Suka-nya tentu bebas mengatur waktu sendiri, tidak perlu bergelut dengan rutinitas sehari-hari seperti kemacetan hingga dimarahi atasan. Dan yang paling penting adalah peluang penghasilan yang tanpa batas.

Sementara duka-nya pun tak sedikit. Sebab meskipun bebas mengatur waktu kerja sendiri, tapi bukan berarti seorang entrepreneur bisa leha-leha semaunya saja. Justru menjadi entrepreneur terkadang butuh waktu kerja yang lebih panjang, perjuangan, modal, hingga resiko kegagalan yang selalu saja mengintip.

Tapi semua proses itu pasti bisa dilalui jika memang Anda memiliki jiwa entrepreneur sejati. Sebab entrepreneur bukan hanya berarti memiliki usaha sendiri, melainkan entrepreneur itu adalah jiwa. Kondisi mental dari dalam diri seseorang.

Terus berusaha keras menggapai mimpi (Sumber: pxhere)  

Jika Anda merasa memiliki jiwa entrepreneur sejati, silahkan cocokkan apakah Anda sudah memiliki ciri entrepreneur sejati berikut ini? Yang saya ulas dengan berinteraksi langsung dengan banyak pengusaha-pengusaha sukses selama bekerja di Gobear. Semoga 7 daftar berikut dapat meng-inspirasi Anda untuk menjadi entrepreneur sejati.

1. Entrepreneur Sejati Bersikap Proaktif & Bertanggung Jawab Penuh Terhadap Hidupnya 

Satu ciri yang paling utama dari entrepreneur manapun adalah sikap proaktif dan bertanggung jawab dengan kehidupannya sendiri. Mereka enggan untuk diatur oleh keadaan. Mereka selalu ingin mengambil kendali atas apa yang mereka inginkan dalam hidupnya.

Jika keadaan tidak sesuai dengan keinginannya, seorang entrepreneur akan berusaha sekuat tenaga untuk mengobah kondisinya. Mereka tidak senang menggantungkan nasib kepada orang lain, ataupun kepada pemerintah. Mereka tidak senang menunggu keadaan membaik dulu baru ingin berusaha, alih-alih begitu ia akan bertindak untuk mengubah keadaan menjadi lebih baik.

Entrepreneur memegang teguh nilai-nilai kemandirian. Dan tidak ingin bergantung pada siapapun. Selain pada Tuhan dan keyakinannya sendiri.

2. Entrepreneur Sejati Memiliki Visi Jauh Ke Depan Menembus Cakrawala

Seorang entrepreneur juga memiliki kebiasaan berorientasi jangka panjang (Future Oriented). Dalam melakukan sesuatu mereka selalu berfokus pada hasil besar di masa depan. Bukan hanya hasil sementara yang kecil-kecil. Mereka akan rela mengorbankan tenaga, waktu dan uangnya demi sukses yang lebih besar nantinya. Istilahnya, menunda kesenangan sesaat demi kesenangan yang lebih besar di masa depan.

Impian adalah motor penggerak para entrepreneur sejati. Impian itu mereka simpan dan jaga sebaik mungkin dalam hati dan pikirannya. Dan mereka tidak akan peduli apapun kata orang lain. Meskipun dianggap gila dan dikucilkan, ia tetap akan percaya pada diri sendiri bahwa impian itu suatu saat pasti akan mewujud. Ya, sound too classic but that’s the truth!

Mereka tidak membiarkan siapapun mengecilkan semangat dan hasratnya tersebut. Sekali lagi entreprenuer sejati melihat jauh ke depan melampaui cakrawala. Mereka melihat sesuatu yang tidak bisa dilihat oleh orang lain.

3. Entrepreneur Sejati Gigih dan Pantang Menyerah

Karena keyakinannya akan impian masa depan begitu mengakar kuat, maka seorang entrepreneur sejati pasti gigih dan pantang menyerah. Walau kegagalan menghantam mereka jutaan kali pun, mereka akan tetap bangkit dan mencoba lagi. Ingat saja Colonel Sander dan Thomas Edison yang selalu saja bangkit meski pun gagal selama 10.000 kali. Terbukti kegigihan itu sekarang membuahkan hasil yang sangat luar biasa. KFC dan GE adalah dua perusahaan tersukses di dunia hingga saat ini. Jaringan KFC tersebar hampir di setiap sudut kota di dunia. Dan General Electrics selalu menduduki posisi teratas dalam 500 perusahaan tersukses dunia (Fortune 500).

Ada dua hal sebenarnya yang memungkinkan seorang entrepreneur sejati mampu untuk melakukan selalu saja bangkit meski gagal ribuan kali. Yakni selain karena impian, juga karena memang mentalitas pejuang dalam diri mereka.

Namanya saja pengusaha. Jadi harus selalu berusaha. Bagi entrepreneur tidak ada kata gagal. Satu-satunya kegagalan adalah ketika mereka menyerah.

Kegagalan terbesar seorang pengusaha bukanlah kehilangan ratusan juta rupiah, tapi kehilangan jiwa pejuangnya. Sebagaimana kata Edison, “Saya tidak pernah gagal menciptakan lampu, saya hanya menemukan 9.000 cara yang tidak efektif.”

4. Entrepreneur Sejati Disiplin dan Tekun.

Seorang entrepreneur sejati pastilah orang yang disiplin dalam mengelola waktunya. Tidak boleh ada waktu yang terbuang-buang percuma. Setiap menit harus dimaksimalkan untuk mencapai tujuan.

Termasuk waktu istirahat. Entrepreneur harus memaksimalkan waktu istirahatnya, waktu liburannya, agar menjadi produktif. Yakni menghasilkan asupan energi baru agar selalu bisa memberikan performa terbaik dalam bekerja.

Tidaklah bijak bekerja sepanjang waktu terus menerus, demi mencapai target tertentu. Entrepreneur tahu bahwa produktivitas bukan hanya masalah kuantitas melainkan yang lebih penting kualitas. Karena itu harus ada menejemen waktu dan energi yang memadai. Entrepreneur tahu kapan harus istirahat, jeda, tidur, makan, dan beribadah. Kemudian setelah itu ia akan mengerahkan fokus dan energinya sebaik mungkin pada saat bekerja.

Loading...

5. Entrepreneur Sejati Mengambil dan Menciptakan Peluang

Salah satu kata yang paling melekat pada diri seorang entrepreneur sejati adalah peluang. Ini adalah kata-kata mutiaranya mereka. Dimanapun dan kapanpun seorang entrepreneur akan selalu berusaha mencari dan menemukan peluang. Dan begitu mereka mendapatkan peluang itu, maka tidak akan di sia-siakan. Ia harus diambil dan dimanfaatkan menjadi sesuatu yang menguntungkan.

Jika tidak menemukan peluang, maka mereka akan menciptakan peluang itu. Intinya mereka tidak akan tinggal diam, hingga mereka mengubah sesuatu potensi itu menjadi sebuah bisnis yang nyata dan menguntungkan.

6. Entrepreneur Sejati Bersahabat dengan Resiko

Kata lain yang menggambarkan seorang entrepreneur sejati adalah resiko. Orang-orang biasa selalu takut dan berusaha menghindari resiko sebisa mungkin. Alih-alih demikian, Seorang Entrepreneur sejati tahu cara mengelola resiko (Risk Management).

Resiko hadir untuk dipelajari dan membuat kita menjadi lebih teliti dan well-organized. Bukan untuk dihilangkan. Melalui perencanaan yang matang serta evaluasi yang berkelanjutan, maka resiko itu bisa diubah menjadi peluang keberhasilan.

Namanya membuka usaha sendiri, pasti ada resiko yang besar yang harus dihadapi. Resiko kebangkrutan, ditipu rekan bisnis, serta faktor eksternal seperti inflasi adalah hal-hal yang senantiasa menghantui. Namun menghadapi hal demikian seorang entrepreneur sejati punya prinsip, Kami memang tidak mau rugi, tapi kalau rugipun kami tidak takut untuk bangkit. Yang pasti kami tidak membiarkan resiko menghambat kemajuan kami.

7. Entrepreneur Sejati Punya Motivasi Untuk Berbagi

Meskipun dari luar kedengarannya, seorang entrepreneur melulu memikirkan keuntungan, profit dan laba, tapi tidak berarti bahwa seorang entrepreneur itu tidak memikirkan orang lain. Justru seorang entrepreneur itu salah satunya dimotivasi oleh faktor keinginan untuk berbagi dengan orang lain.

Ingat saja, seorang pengusaha memilih untuk membuka usaha sebab ingin membuka lapangan kerja bagi orang lain. Bukan hanya sekedar mencari kerja. Yang kedua, banyak pengusaha yang terbukti sangat dermawan dan peduli. Siapa sangka Bill Gates, Donald Trump, dan Warren buffet menyumbangkan sebagian besar harta mereka untuk kepentingan sesama.

Fakta lainnya adalah, menurut riset kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh jumlah entrepreneur yang ada di dalamnya. Saat ini Indonesia membutuhkan lebih banyak pengusaha. Menjadi pengusaha atau entrepreneur berarti ikut memajukan bangsa ini secara makro. 

Tekun dan terus belajar setiap saat (Sumber: pexels)

Demikianlah tadi ulasan mengenai 7 ciri entrepreneur sejati, Apakah ketujuh ciri ini ada dalam diri Anda? Ciri yang mana yang paling menonjol dalam diri Anda? Silakan komentar di bawah. Meski demikian tetap saja saya harus menuliskan entrepreneur adalah sebuah pilihan. Menjadi entrepreneur tidak berarti lebih baik daripada yang lainnya. Kembali lagi semuanya masalah jiwa dan pilihan hidup. Pun tidak bijak jika Anda memaksakan menjadi entrepreneur sementara batin Anda memberontak. Apalagi jika hanya ikut-ikutan orang lain atau trend. Sebab jika demikian tetap saja Anda bukanlah seorang entrepreneur sejati. Entrepreneur adalah jiwa!

Penulis adalah mitra Gobear dimana akan menyajikan layanan perbandingan kartu kredit kepada masyarakat Indonesia. Selain itu penulis merupakan praktisi keuangan dan menulis dalam banyak media investasi internasional seperti investing.com.

Baca lagi artikel-artikel inspiratif lainnya:

Tips "mengembangkan ide menulis" dari penulis best seller "Seri Supernova"

10 Rahasia Meningkatkan Keuangan Sekejap

Dongkrak kesuksesan dengan Rasa Percaya Diri

Tags: Entrepreneur, Inspirasi

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.