Perempuan Hebat Yang Menginspirasi Wanita-wanita di Indonesia - Vebma.com
Perempuan Hebat Yang Menginspirasi Wanita-wanita di Indonesia
Wanita Indonesia dikenal dengan pribadi yang anggun dan mempesona. Berikut ini adalah sosok wanita Indonesia yang menjadi inspirasi di era modern ini.
Dari zaman peperangan atau pra kemerdekaan dulu Indonesia telah dikenal memiliki perempuan atau wanita yang tangguh. Mulai dari Cut Meutia, Dewi Sartika, Martha Christina Tiahahu, atau Raden Ajeng Kartini. Nama terakhir dikenal sebagai seorang wanita tangguh yang memperjuangkan kaum para wanita. Raden Ajeng Kartini berpendapat bahwa wanita berhak untuk mendapatkan hak-haknya termasuk juga wanita berhak untuk berkarya.



Di zaman modern ini, rupanya perempuan Indonesia semakin giat bekerja, dan tekun hingga dapat berkarya dan layak menjadi inspirasi.



Berikut ini adalah sosok wanita atau perempuan asal Indonesia yang menginspirasi.

Tri Mumpuni



Sosok wanita yang satu ini, selain dikenal menginspirasi, ia juga dikenal akan pengabdian dan rasa cinta terhadap bangsa yang mendalam. Tri Mumpuni Wiyatno dikenal dengan sebutan sebagai wanita listrik. Hal ini dikarenakan ia memiliki tekad dan perjuangan agar listrik di Indonesia dapat dirasakan dan dinikmati sampai ke masyarakat pelosok pedesaan. Berkat kegigihannya ini ia diganjar anugerah dari Ashden Awards di tahun 2012. Dan hingga saat ini berkat perjuangan dan kegigihannya sudah lebih dari 60 (enam puluh) daerah terpencil telah dialiri listrik.
 
Susi Pudjiastuti



Susi Pudjiastuti kini dikenal sebagai seorang heroik yang menjabat tugas sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan pada kabinet kerja dengan masa kerja 2014-2019. Karena kepiawaiannya dalam memimpin sebuah organisasi, Susi Pudjiastuti dipercaya Jokowi Widodo untuk mengemban tugas sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Selain itu ia juga memang dikenal sebagai seorang wanita yang tangguh dan tegas. Tak tanggung tanggung, sering kita lihat aksi berani dan heroik Susi Pudjiastuti dalam menenggelamkan kapal asing yang masuk di teritorial yuridiksi kelautan NKRI. Keberanian wanita yang satu ini memanglah sudah tak diragukan lagi.

Sebelum menjadi menteri, Susi Pudjiastuti dikenal sebagai seorang pengusaha yang memiliki usaha di bidang penerbangan transportasi udara, dan juga di bidang perikanan. Dan ketika mendengar namanya terpilih menjadi seorang menteri, sebelum dilantik dan disumpah jabatan, Ia rela melepas semua jabatan pentingnya di perusahaan demi fokus dalam menjalani pekerjaan di pemerintahan.
 
Sri Mulyani



Sri Mulyani adalah wanita kelahiran Tanjung Karang, Lampung pada tanggal 26 Agustus 1962. Sosok wanita satu ini memang layak dijadikan sebagai inspirasi. Bayangkan saja wanita kelahiran Tanjung Karang ini pernah menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Bahkan di tahun 2008 majalah forbes sempat menyatakan dirinya sebagai wanita paling berpengaruh ke 23 di dunia.

Sri Mulyani juga sering tampil di berbagai seminar-seminar. Di zaman rezim kepemimpinan Bapak Presiden Susilo Bambang Yudoyhono, Sri Mulyani sempat menjabat sebagai Kepala Bappenas. Ia juga sempat menjabat sebagai Menteri Keuangan di Kabinet Indonesia Bersatu. Dan kini di era kepemimpinan Joko Widodo, Sri Mulyani kembali dipercaya untuk mengemban tugas jabatan sebagai Menteri Keuangan.

Ketiga sosok wanita diatas sangatlah pantas bila dijadikan panutan bagi wanita Indonesia dalam berkarya.

Artikel ini ditulis oleh Siagian Adven kamu juga bisa menulis karyamu di Vebma, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya. Daftar Sekarang!
Loading...
close