close
Keuntungan Dan Kerugian Dari Penggunaan Jasa Pinjaman Online
Apa yang perlu Anda ketahui tentang pasar pinjaman online bagi bisnis kecil yang anda miliki dan bagaimana Anda dapat memanfaatkannya.

Sebagai pemilik bisnis kecil dan sedang mencari pinjaman segar, mungkin anda kerap kali mendengar tentang platform yang satu ini, pinjaman langsung cair tanpa jaminan. Bentuk pinjaman seperti ini layaknya memiliki tujuan yang mirip namun berada dalam kategori yang berbeda dibandingkan dengan bank dan pemberi pinjaman lainnya seperti Pegadaian. Bentuk pinjaman yang diberikan, tergolong beresiko bagi perusahaan pemberi pinjaman maka dari itu anda harus berhati-hati terkait biaya yang harus anda bayarkan sebagai penggantinya.

Sejujurnya, pasti ada kelebihan dan kekurangan dari praktik pinjaman online sendiri. Dengan potensi yang dimiliki, dan pasar yang semakin berkembang dalam bentuk pinjaman pribadi dan pinjaman bagi bisnis kecil, industri ini mulai masuk ke Indonesia seperti Monily, Investree, dan Uang Teman. Baca lebih lanjut terkait kelebihan dan kekurangan pinjaman online.

Keuntungan Dari Pinjaman Online

Tidak dapat dipungkiri bahwa tidak ada acara lebih praktis dalam prosedur peminjaman dari pada lewat platform online. Berbagai macam lembar dokumen yang harus ditandatangani dalam proses pinjaman regular di Bank, Pegadaian maupun Koperasi menjadikan pinjaman online jauh lebih praktis dibandingkan beberapa competitornya. Anda hanya perlu mengunjungi website penyedia pinjaman, dimana anda juga dapat secara langsung membandingkan bunga pinjaman yang ditawarkan beberapa penyedia pinjaman sekaligus.

Jika nantinya berminat dengan tawaran yang disediakan, anda dapat mengisi informasi yang dibutuhhkan dan tunggu respon mereka, dimana sebagian besar aplikasi selesai dalam satu hari dan anda akan mendapatkan bantuan pinjaman yang anda butuhkan.

Teknologi informasi yang semakin berkembang memberikan peluang bagi platform ini untuk semakin dikenal dimana sekarang kita dapat menikmati kemudahan aplikasi yang diberikan.

Sebagian besar perusahaan penyedia pinjaman online menyediakan staff untuk memproses aplikasi anda 24/7 sehingga jika anda mengisi data anda pada malam hari, keesokan harinya pada jam kerja, aplikasi anda kemungkinan besar sudah selesai diproses.

Dengan platform ini, pemilik bisnis kecil tidak perlu lagi khawatir dengan banyaknya rentenir yang meminta akses kartu kredit setiap saat. Terlalu banyak permintaan akses terhadap laporan kredit anda dapat memberikan efek negatif pada nilai kredit anda, dengan memilih aplikasi pinjaman online, anda tidak perlu lagi khawatir akan hal ini.

Anda dapat saling membandingkan platform penyedia pinjaman secara langsung lewat internet. Sekali lagi, pinjaman online dapat menjadi pilihan terbaik jika anda tidak memenuhi persyaratan pinjaman bank dan membutuhkan uang segar dalam waktu singkat.

Kekurangan Dari Pinjaman Online

Satu kekurangan dari pinjaman online adalah bunga pinjaman yang tergolong tinggi. Dalam banyak kasus, bunga pinjaman online akan melebihi bunga pinjaman lainnya seperti Bank, Pegadaian dan Koperasi. Penyebab terbesar adalah karena tidak adanya jaminan dalam kontrak. Sehingga resiko keuangan yang harus ditanggung penyedia platform pinjaman juga jauh lebih besar daripada lembaga pemberi pinjaman lainnya.

Saat ini platform pinjaman online sebagai modal bisnis kecil sendiri masih sangat belia di Indonesia. Sehingga akan ada resiko untuk penyedia pinjaman yang beroperasi, gulung tikar. Kalau di luar negeri kita bisa ambil studi kasus atas NetBank, dimana memberikan banyak masalah kepada nasabah mereka sehingga harus menutup usaha. Bank pun sebenarnya dapat bangkrut, namun secara statistik, sedikit sekali resiko hal tersebut terjadi karena aturan yang diterapkan OJK sangat ketat terkait perbankan apalagi pemerintah dapat campur tangan jika melihat efek domino yang mungkin terjadi. Hal ini berbeda dengan pinjaman online, dimana regulasi masih sangat terbatas, dan pembuat kebijakan masih harus melihat lagi lebih dalam bagaimana industri ini dapat memberikan keamanan dan kepastian dalam penggunaan jasa pinjaman online kepada nasabahnya.

Kesimpulannya, pinjaman online sangat memudahkan nasabah yang mencari pinjaman pribadi dan untuk bisnis kecil mereka, terutama di saat-saat mendadak. Coba cari lagi di Google terkait program-program yang ditawarkan setidaknya 3 perusahaan berbeda seperti diatas untuk mendapatkan pilihan terbaik bagi anda dan bisnis kecil yang anda miliki.

Artikel ini di tulis oleh Azlan Shah kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang
Loading...

Artikel Terkait