Jenis Website Berdasarkan dari Fungsinya

Fungsi dari website merupakan sebagai media atau platform untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa yang ditawarkan oleh bisnis Anda. Tetapi, tahukah Anda bahwa sebenarnya untuk website sendiri terbagi ke dalam beberapa jenis atau kategori.

Agar tidak salah dalam menentukan hendak membuat website yang cocok untuk Anda, maka sebaiknya baca dulu artikel ini sampai habis ya!

1. Personal

Yang pertama adalah sebuah website yang memang dibuat untuk kepentingan pribadi. Tapi apakah website ini tidak bisa untuk bisnis? Tentu saja bisa! Hanya mungkin untuk jenis dari usaha yang dimaksud bukan dengan tipe komersil secara besar.

Misalnya ketika Anda membuka sebuah usaha untuk jasa desain kecil-kecilan, maka Anda bisa menggunakan website dengan jenis personal ini.

Anda tidak membutuhkan banyak ornamen di dalam website. Mungkin isinya hanya seputar tata cara pekerjaan, aturan, harga, dan portfolio yang sudah pernah Anda kerjakan.

2. Bisnis

Nah, kali ini berbicara soal website yang dipergunakan untuk kepentingan bisnis secara komersial. Rasanya tidak mungkin kalau Anda punya usaha yang konkrit dan memang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan besar, tapi Anda tidak mempunyai modal yang mumpuni terutama di bagian website.

Tapi tentang saja karena walaupun untuk kepentingan bisnis, biaya pembuatan website juga masih sangat terjangkau kok. Hanya saja mungkin Anda akan membutuhkan lebih banyak proses dan kebutuhan.

Misalnya seperti gambar-gambar yang lebih kompleks, script dan data base yang rumit, dan lain sebagainya.

3. E-commerce

Untuk yang satu ini memang tergolong kepada website bisnis, tetapi sudah terkerucut kepada website untuk jual beli. Contohnya ada banyak sekali, misalnya seperti Tokopedia, Shopee, Blibli dan lain sebagainya.

Kalau Anda ingin membuat situs e-commerce seperti ini juga tidak begitu sulit. Ada banyak web developer yang menyediakan scriptnya. Namun, perlu diketahui bahwa Anda akan membutuhkan teknisi khusus lantaran database untuk website e-commerce cukup riskan.

4. Entertainment

Website yang memang dibuat untuk hiburan semata. Biasanya website ini dapat berisikan seperti gambar, video, film,musik atau hal lain yang bisa menghibur pengunjung.

Contoh website entertainment diantaranya adalah seperti YouTube, Netflix, dan beberapa situs hiburan lainnya. Pasti Anda juga sudah bisa menebak beberapa lainnya, bukan?

5. Portal Berita

Contohnya ada banyak sekali, mulai dari detik.com, kompas.com, liputan6.com dan lainnya. Sebuah website yang tentu saja berisikan tentang berita-berita terbaru, baik dari dalam negeri ataupun internasional.

Fungsi dari portal berita memberikan informasi kepada pengunjung mengenai banyak hal yang telah terjadi di dunia ini.

Apakah Anda berminat untuk membuat website portal berita?

6. Pendidikan

Website yang mempunyai tujuan utama agar menyediakan materi pendidikan untuk pengunjung. Terutama untuk informasi terkait pengetahuan umum.

Biasanya untuk domain yang disediakan adalah .sch.id, ac.id, edu, dan lain-lain. Tapi juga ada sejumlah website yang menggunakan url umum, yaitu .com.

Misalnya seperti ruangguru.com yang kita tahu bahwa menjadi salah satu platform pembelajaran paling populer saat ini.

7. Nirlaba

Website yang dipakai untuk kegiatan sosial. Contohnya adalah website penggalangan dana yang dilakukan oleh suatu organisasi untuk kegiatan sosial yang hendak diselenggarakan.

Mungkin contohnya adalah seperti KitaBisa.com yang sudah dikenal sebagai salah satu platform website paling sering membantu orang yang sedang mengalami kesulitan.

8. Sosial Media

Sebenarnya ragu juga apakah mau memasukkan sosial media ke dalam jenis website, tapi rasanya masih bisa disebut sebagai website.

Adapun website yang dimaksud adalah seperti facebook, instagram, dan beberapa platform sosial media lainnya. Anda juga bisa membuatnya lho!

Itulah tadi tentang sejumlah jenis website yang didasarkan pada fungsinya. Kira-kira Anda hendak membuat website yang mana?