Lebih Baik Incar Kata Kunci Stabil atau Kata Kunci Musiman?

Lebih baik punya visitor yang banyak tapi musiman, lalu mencari kata kunci baru lagi atau lebih baik memiliki kata kunci yang stabil walau dengan jangkauan pasar yang tidak terlalu banyak.

Sebuah pilhan yang biasanya akan menjadi polemik bagi web developer pemula. Apalagi mengingat untuk yang baru memulai kariernya di dunia website, pasti akan berharap untuk mendapatkan visitor.

Jadi bagaimana jawaban yang tepat?

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN

Perlu untuk diketahui bahwa dari kedua opsi tersebut di atas mempunyai keuntungan dan kerugian masing-masing. Mereka yang mengutamakan visitor banyak, tapi musiman, mereka punya keuntungan untuk mendapatkan pengunjung dengan mudah, cepat dan besar jumlahnya.

Tapi kerugian mereka adalah harus segera mencari kata kunci baru untuk ditarget agar bisa mempertahankan jumlah visitor dengan kata kunci yang sedang populer lainnya.

Sedangkan untuk yang menggunakan kata kunci stabil, namun tidak begitu besar pasarnya, maka akan mempunyai tingkat kestabilan pengunjung yang lebih baik. Hanya saja mungkin untuk visitornya tidak akan bisa melonjak dengan begitu tingginya dalam waktu singkat.

Pertumbuhan dengan metode seperti ini akan meningkat dan menurun secara perlahan. Biasanya untuk website dengan kata kunci yang stabil akan mengutamakan kekuatan atas target kata kunci tersebut.

Misalnya Anda sudah menentukan kata kunci A, maka Anda harus memperkuat SEO yang ditarget untuk kata kunci A, baik secara off page ataupun on page.

OPSI MANA YANG HARUS DIPILIH?

Kalau dari kita sih menyarankan untuk Anda bisa mempertimbangkan agar bisa mengambil dua opsi tersebut sekaligus namun dengan pembagian porsi.

Misalnya untuk pembuatan konten dengan target kata kunci yang stabil harus lebih diutamakan agar bisa menstabilkan tingkat dan jumlah pengunjung setiap harinya. Tapi, Anda juga bisa menggunakan metode lain, yaitu dengan mengutamakan kata kunci yang musiman, agar bisa mendapatkan peluang meraih visitor dalam jumlah yang banyak dan cepat.

Rasanya akan menjadi sangat ketinggalan jaman kalau Anda masih memilih salah satu dari opsi tersebut di atas karena saat ini sudah terbukti kalau dua-duanya mempunyai masing-masing keunggulan dan kelemahan.

Harapannya, ketika Anda sudah menggunakan kedua cara di atas, maka kelemahan yang ada bisa ditutupi dan justru mendapatkan 2 keunggulan sekaligus, benar bukan?

SEO BUKAN HANYA UNTUK KATA KUNCI STABIL

Jika Anda berpikiran bahwa untuk menargetkan kata kunci musiman tidak membutuhkan SEO yang bagus, maka Anda salah besar. Walaupun kata kunci yang ditargetkan musiman, ternyata juga membutuhkan SEO yang mumpuni lho.

Anda tidak bisa sembarangan untuk memberikan optimasi SEO sembarangan pada website hanya karena ingin mendapatkan kata kunci musiman saja. SEO sangat berpengaruh terhadap website yang mengincar kata kunci stabil ataupun musiman.

Mengenai buktinya, ada banyak kok sekarang website-website besar yang sebelumnya mengutamakan kata kunci stabil, tapi belakangan justru berubah dengan mulai membaginya ke sejumlah konten terkait kata kunci musiman.

Jaman sudah berganti, era berubah dengan begitu cepatnya, kata kunci baru bermunculan dan berganti dari waktu ke waktu. Jika kita Bandingkan dengan era tahun 2000an awal. Kata kunci per-tahun tidak banyak berubah, kecuali persoalan berita-berita dan sejenisnya.

Tapi sekarang, semua kategori punya update pada masing-masing bagiannya. Jika tidak mengikuti update terbaru, maka bisa dipastikan website akan ketinggalan. Kata-kata kunci yang sudah lama, jarang diakses sehingga harus mencari dan menargetkan kata kunci baru agar bisa terus eksis di SERP.

Inilah yang terjadi di dalam dunia website sekarang. Jadi, mulailah untuk beradaptasi dengan banyaknya perubahan ini. Jangan diam dan terus berinovasi!