Makanan Yang Dapat Mempercepat Keriput Muncul

04-11-2016 (1 month ago)

Keriput sebagai salah satu tanda penuaan bukan hanya dapat disebabkan oleh faktor usia. Sebenarny faktor gaya hidup berperan lebih penting dibandingkan usia dalam hal timbulnya keriput.

Tentu Anda semua sudah mengetahui jika gaya hidup memiliki peran yang amat besar dalam proses penuaan. Selain gaya hidup, sinar matahari juga dapat membuat kulit mengalami penuaan dini.

Karena sinar matahari dapat menimbulkan pigmentasi kulit dan tanda-tanda penuaan dini. Selain itu, apa yang kita makan juga memiliki peran dalam bagaimana penampilan kita.

Ibarat pepatah you are what you eat. Makanan juga dapat mempercepat terjadinya keriput dan penuaan dini. Lalu makanan apa saja itu?

1. Kopi


Bagi yang tidak bisa hidup tanpa kopi, kabar buruk bagi Anda ternyata kopi dapat mempercepat timbulnya keriput di wajah Anda. Kafein yang terkandung pada kopi dapat meningkatkan produksi hormon stress kita yaitu kortisol. Hormon cortisol bekerja menghancurkan kolagen yang merupakan zat penting bagi kulit. Kolagen amat dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap kencang dan tampak muda.

Jadi dengan jumlah hormon kortisol yang melebihi normal, produksi kolagen akan berkurang yang berakibat kulit tidak dapat beregenerasi dan jaringan kulit melemah, yang berdampak pada timbulnya kerutan. Konsumsilah kopi hanya ketika jumlah hormon kortisol Anda sangat rendah.

2. Makanan yang digoreng


Makanan yang digoreng menggunakan minyak dan lemak yang dipanaskan pada temperatur tinggi. Proses ini melepaskan radikal bebas yang tidak baik bagi tubuh. Radikal bebas adalah molekul oksigen yang mudah bereaksi dan mencuri elektron dari molekul yang sehat di tubuh. Hal ini menyebabkan sel-sel rusak karena prosesnya. Rusaknya sel ini akan tampak dalam bentuk munculnya keriput dan flek hitam.

3. Gluten


Gluten adalah protein yang ada dalam produk seperti roti. Apabila Anda sensitif terhadap gluten, sistem pencernaan Anda mungkin tidak akan bekerja sebagaimana mestinya dan akibatnya sistem pencernaan Anda tidak dapat menyerap nutrisi yang Anda konsumsi. Dan apabila tubuh Anda tidak mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan, maka tubuh Anda tidak dapat melawan zat-zat buruk seperti radikal bebas. Akibatnya akan timbul kerutan karena gangguan tersebut.

4. Makanan yang overcooked (gosong)


Entah Anda tengah mengkonsumsi sayur-sayuran ataupun ikan yang sehat, apabila makanan tersebut overcooked atau gosong maka makanan tersebut akan kehilangan nutrisinya.

Proses ini akan menciptakan Advances Glycation Ends (AGE) yang dapat menciptakan ikatan yang kaku. Ikatan ini mudah rusak dan dapat membuat kulit tampak mengendur. Kulit yang elastis hanya bisa didapat dengan mengkonsumsi makanan yang sehat.

5. Soda


Minuman bersoda buruk untuk Anda. Tidak hanya karena satu kaleng soda mengandung 150 kalori, tetapi juga soda memiliki kandungan fosfat yang tinggi. Fosfat dalam jumlah yang banyak turut berperan dalam proses penuaan dini, penipisan kulit, dan pengeroposan tulang. Warna kecoklatan pada cola merupakan penyebab langsung dari pembentukan AGE, sebuah proses penuaan yang mengakibatkan terbentukny keriput.

(Baca Juga: 10 Tips Untuk Mendapatkan Kulit Cerah Yang Anda Inginkan)

6. Gula


Gula adalah produk yang benar-benar tidak berguna bagi kecantikan. Sebagai sumber utama terbentuknya AGE di tubuh, gula secara langsung berperan dalam timbulnya keriput, flek hitam, jerawat, kulit yang tidak elastis, dan selulit.

Pepatah beauty comes from within tampaknya memang patut didengar. Apabila Anda ingin kulit yang bebas keriput, ada baiknya Anda mengatur apa yang Anda konsumsi untuk mencegah timbulnya penuaan dini.

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel