Tips Memakai Foundation Ketika Kulitmu Sedang Kering dan Terkelupas

04-11-2016 (1 month ago)

Kulit kering dan terkelupas memang tampak sedikit mengganggu apabila kita sedang ingin mengaplikasikan makeup terutama foundation. Namun ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini.

Bagi pemilik kulit kering, masalah kulit terkelupas karena terlalu kering adalah hal yang biasa mereka alami. Terkadang pengelupasan itu terjadi di daerah pipi yang lumayan tampak mengganggu. Apalagi ketika tengah mengaplikasikan foundation. Kulit yang terkelupas akan terlihat seperti garis-garis apabila tertimpa oleh foundation.

Meskipun tampak menyebalkan, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini.

1. Lakukan eksfoliasi untuk menghilangkan lapisan kulit mati


Masalah terbesar dalam mengaplikasikan foundation ketika kulit kering adalah foundation sangat sulit menyatu dengan kulit. Memaksakan foundation pada kulit yang tengah mengelupas hanya akan membuatnya tampaka cakey dan timbul dry patches pada hasil akhir makeup. Cara terbaik untuk memperbaikinya adalah dengan menyingkirkan lapisan kulit mati tersebut dengan melakukan eksfoliasi. Gunakan produk eksfoliator yang berbahan dasar lembut dan ramah bagi kulit. Oatmeal adalah salah satu eksfoliator alami yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan lapisan kulit yang mengelupas. Kemudian gunakan moisturizer Anda seperti biasa

2. Selalu gunakan moisturizer setiap saat


Bagi pemilik kulit kering pasti sudah menyadari betapa pentingnya moisturizer bagi kulit mereka. Namun penting untuk diketahui jika tidak sembarang moisturizer baik untuk kulit Anda. Anda harus hati-hati dalam memilih moisturizer. Jangan gunakan moisturizer yang terlalu berat karena malah akan mengakibatkan kulit menjadi berminyak dan akhirnya akan menimbulkan masalah jerawat. Coba untuk menggunakan moisturizer dengan kandungan yang intens namun masih terasa ringan di kulit. Dan Anda juga harus mulai mencoba menggunakan oil cleanser yang dapat berfungsi untuk membersihkan debu dan kotoran.

3. Memilih foundation


Disini adalah bagian yang lumayan susah. Setelah wajah Anda dalam keadaan lembab dan bersih dari dry patches, Anda harus menggunakan foundation yang tidak terlalu berat dan tetap memiliki kandungan melembabkan sehingga kulit Anda tidak mengelupas setelah makeup Anda selesai. Pertama adalah Anda harus memilih foundation dengan tipe liquid atau cream untuk melembabkan kulit. Yang kedua, lebih baik Anda mengaplikasikan foundation menggunakan jari, dengan demikian foundation akan lebih mudah menyatu dengan kulit. Minyak alami dan suhu tubuh yang berasal dari jari akan membantu foundation menyatu dengan sempurna pada kulit.

4. Gunakan produk yang tepat untuk mengkoreksi wajah


Kesalahan yang mungkin dilakukan ketika mengkoreksi wajah Anda adalah menggunakan concealer yang waterproof. Concealer waterproof malah akan mengisap seluruh kelembaban kulit Anda. Solusinya adalah dengan menggunakan concealer secara tipis. Terlalu tebal mengaplikasikan concealer malah akan menonjolkan dry patches yang ada pada wajah Anda. Gunakanlah produk concealer yang ringan dan mengandung ekstra moisturizer di dalamnya.

5. Bibir pecah-pecah


Tidak ada seorang pun yang tidak pernah mengalami bibir pecah-pecah. Pertama bibir kering karena terkena angin, lalu karena kita menjilatinya bibir akan menjadi semakin kering. Solusinya adalah dengan menggunakan lip balm dengan kandungan ekstra melembabkan. Pilihlah lip balm yang khusus untuk menyembuhkan bibir pecah-pecah jika memungkinkan.

6. Gunakan blush on, bahkan apabila biasanya tidak


Meskipun biasanya Anda tidak pernah menggunakan blush on, gunakanlah blush on ketika kulit Anda sedang mengalami kondisi seperti ini. Karena dengan menggunakan blush on, Anda membuat wajah tampak merona alami dan menyamarkan fokus dari kulit yang mengalami kekeringan tersebut. Selain itu, gunakanlah blush on berbentuk cream daripada blush on biasa. Karena blush on biasa alih-alih malah akan membuat kulitmu tampak lebih kering daripada sebelumnya. Apabila Anda tidak suka menggunakan bronzer, ganti dengan foundation yang kaya akan moisturizer dengan warna yang lebih gelap dari warna kulit Anda. Padankan dengan blush on bernuansa hangat.

(Baca Juga: Cara Mengobati Jerawat Dengan Bahan Alami)

7. Ketika ragu, gunakan shade yang lebih gelap


Untuk melawan wajah yang kusam karena kulit kering, Anda bisa mencoba menggunakan bronzer untuk mencerahkan wajah Anda. Pilihlah bronzer yang ringan karena tidak akan memberikan efek buruk pada kulit Anda. Selain itu pilih bronzer yang memiliki shimmer daripada yang matte. Karena matte bronzer malah akan membuat kulit Anda semakin tampak kering. Apabila Anda tidak suka menggunakan bronzer, sebagai gantinya gunakan foundation dengan kandungan pelembab yang tinggi. Foundation ini harus berwarna lebih gelap dari warna kulit Anda lalu padankan dengan blush on bernuansa hangat.

Memakai foundation saat kondisi kulit sedang kekeringan memang membutuhkan sedikit trik. Beberapa trik di atas akan dapat membuat foundation Anda tetap tampak sempurna meskipun kulit Anda tengah tidak prima.

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel