50 Cara Mengatasi Rambut Kering dengan Bahan Alami, Vitamin, Shampo, Creambath, Conditioner Serta Efek Samping

Kecantikan 2 months ago
50 Cara Mengatasi Rambut Kering dengan Bahan Alami, Vitamin, Shampo, Creambath, Conditioner Serta Efek Samping

Salah satu masalah rambut yang sering kali terjadi adalah rambut kering. Masalah ini tergolong dalam masalah rambut yang dapat memicu masalah lain seperti rambut kusam, bercabang, rapuh dan rontok. Oleh karena itu, pemilik rambut kering harus segera menemukan cara mengatasi rambut kering yang tepat agar masalah tak menjadi lebih parah.

Para wanita mungkin akan berfikir jika hijab menjadi cara mengatasi rambut kering yang mudah. Hijab akan menutupi kerusakan rambut dan membuatnya terlindung dari paparan luar. Namun, hal ini rupanya tak sepenuhnya benar. Hijab memang melindungi rambut dari paparan luar, tapi tak akan mengembalikan kondisinya menjadi sehat kembali.

Jika rambut sudah telanjur kering, maka mengembalikan nutrisi serta memicu produksi minyak alami rambut merupakan cara yang paling tepat. Menutrisi dan menghilangkan rambut kering ini bisa dilakukan melalui dua cara, yakni cara alami dan juga dengan bantuan produk perawatan rambut kering.

Penyebab Rambut Kering

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara mengatasi rambut kering, ada baiknya jika Anda mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. mengetahui penyebab rambut kering akan membantu Anda menemukan cara mengobati rambut kering yang paling tepat seta mencegahnya datang kembali. Adapun penyebab kering pada rambut antara lain :

1. Nutrisi

Rambut yang kekurangan nutrisi akan nampak tak sehat, salah satu indikasinya adalah rambut kering dan bercabang. Ha ini menandakan jika rambut kehilangan minyak alaminya atau bisa juga karena tubuh kurang asupan cairan dan protein.

2. Air Hangat

Mandi air hangat dengan cara mengguyurkan air hangat dari ujung kepala hingga ujung kaki memang sering menjadi andalan ketika tubuh merasa lelah. Mengguyurkan air hangat dari ujung kepala hingga ujung kaki sering dipilih untuk melepas penat dan stres. Namun, jika dilakukan terlalu sering, air hangat dapat mengikis kelembapan alami rambut sehingga membuatnya kering dan kusam.

3. Lingkungan

Tahukah Anda jika faktor yang menyebabkan rambut kering tak hanya berasal dari dalam saja, tetapi juga dipengaruhi faktor lingkungan. Kondisi lingkungan yang tak bersih turut menjadi pencetus rambut kering dan kusam. Selain itu, cuaca terik juga dapat mengurangi kelembaban rambut, menjadikannya kering dan cenderung lepek karena keringat bercampur kotoran.

4. Terlalu Sering Keramas

Malas keramas menjadi penyebab rambut lepek dan berminyak. Sebaliknya, terlalu sering keramas juga menimbulkan efek tak baik. Terlalu sering keramas akan mengurangi kelembaban alami rambut sehingga nampak kering, bercabang dan rapuh.

5. Penggunaan Hair Dryer atau Catok Rambut

Banyak yang berfikir jika menggunakan hair dryer atau catok pada rambut yang setengah basah dapat membuat rambut kering lebih cepat serta tertata rapi. Namun, bagaimana dengan kelembaban rambut? Tanpa disadari kebiasaan menggunakan hair dryer atau catok dapat membuat rambut rusak. Salah satu efek negatif yang paling mudah terlihat adalah rambut memerah, kering dan bercabang.

6. Cat Rambut

Mewrnai rambut berarti membiarkan rambut terpapar zat kimia. Sebelum diwarnai, rambut biasanya akan melalui proses bleaching, yakni penghilangan pigmen pemberi warna asli rambut sehingga rambut menjadi putih. Tindakan ini membutuhkan bahan kimia yang berpotensi menyerap lemak dan minyak alami rambut sehingga menyebabkan rambut kering.

7. Tidak Cocok Sampo

Produk sampo yang tak cocok dengan jenis kulit kepala dapat menyebabkan rambut kehilangan minyak alaminya. Jika sudah demikian, maka rambut krispi pasti akan terlihat. Selain itu, tidak cocok sampo juga bisa menimbulkan masalah lain seperti ketombe, rambut kasar dan rontok.

8. Berenang

Rambut kering dan kasar usai berenang seolah menjadi masalah yang sering dialami wanita. Kerusakan rambut ini terjadi karena air kolam renang mengandung kaporit yang dapat merusak lapisan rambut. Selain itu, kolam renang outdoor juga membuat rambut terpapar sinar matahari dalam waktu cukup lama sehingga membuatnya lebih mudah kering.

Gejala dan Ciri Rambut Kering

Banyak sekali ciri-ciri yang mudah anda kenali untuk dapat mengetahui bahwa rambut anda kering. Ciri dan gejala tersebut antara lain:

  1. Struktur rambut tidak rata.
  2. Rambut terlihat bercabang.
  3. Rambut tampak keriting.
  4. Struktur rambut terlihat kasar.
  5. Warna rambut memerah dan terlihat kusam.
  6. Rambut tampak mengkilap.
  7. Rambut mudah rontok.
  8. Susah disisir.
  9. Timbulnya ketombe pada rambut.

Cara Mengatasi Rambut Kering Secara Alami

Telanjur memiliki rambut kering dan dibuat tak percaya diri karenanya? Tenang saja, rambut kering dapat diatasi dengan mudah menggunakan bahan alami. Ada banyak bahan alami yang mampu menutrisi rambut dan mengembalikannya dalam kondisi sehat. Beberapa cara alami mengatasi rambut kering antara lain :

1. Madu dan Lemon

Campuran lemon dan madu seringkali digunakan sebagai bahan alami penurun berat badan, namun siapa menyangka jika lemon dan madu ampuh mengatasi rambut kering. Madu akan melembabkan rambut sekaligus menutrisinya. Sementara lemon akan membuat rambut lebih bersih, berkilau dan bebas ketombe.

Caranya :

  • Campur madu murni dan lemon secukupnya, aduk rata.
  • Gunakan campuran ini untuk masker rambut kering.
  • Diamkan kurang lebih satu jam lalu bilas hingga bersih.
  • Hasil maksimal akan terlihat jika Anda melakukan cara ini setidaknya dua kali dalam satu minggu.

2. Alpukat

Cara mengatasi rambut kering dan kasar pada pria dengan memanfaatkan buah alpukat. Tak hanya berguna mengatasi kulit kering, alpukat juga bisa dimanfaatkan sebagai cara mengatasi rambut kering dan rapuh. Alpukat mengandung  lemak baik yang mampu melembabkan rambut. Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin B yang baik untuk kesehatan rambut.

Caranya :

  • Belah alpukat menjadi dua bagian, kerok dagingnya.
  • Lumatkan daging buah alpukat hingga benar-benar halus, Anda juga bisa menggunakan blender untuk hasil lebih cepat dan halus.
  • Gunakan alpukat yang sudah dihaluskan untuk masker alami rambut.
  • Diamkan 20 menit lalu bilas.
  • Bersihkan sisa-sisa alpukat dengan sampo dan conditioner.

3. Minyak Zaitun

Seperti yang dibahas sebelumnya, penyebab utama rambut kering adalah hilangnya minyak alami rambut. Oleh kaena itu mengoleskan minyak alami seperti minyak zaitun dapat membantu memperbaiki kondisinya. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung vit E yang mampu merangsang regenerasi rambut rusak akibat rambut kering.

Caranya :

  • Basahi rambut dengan air bersih (setengah basah).
  • Oleskan minyak zaitun hingga rata.
  • Diamkan 20 menit.
  • Cuci rambut menggunakan sampo dan conditioner.

4. Vitamin B

Ketika rambut kering, tubuh memerlukan vitamin B untuk memperbaiki kondisi rambut. Oleh karena itu, mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B menjadi salah satu alternatif cara mengatasi rambut kering.

Caranya :

  • Konsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin B seperti kacang-kacangan, pisang dan telur.

5. Air Putih

Cara mengatasi rambut kering dengan cepat adalah dengan menggunakan air putih. Tak hanya mampu menghidrasi tubuh, air putih juga akan menghindarkan rambut dari kekeringan.

Caranya :

  • Minum air putih lebih banyak dari biasanya.

6. Menggunting Rambut

Menggunting ujung rambut dapat membantu memulihkan rambut kering. Ha ini dikarenakan rambut kering biasanya bercabang dan tubuh akan memfokuskan nutrisi rambut untuk memperbaiki rambut bercabang. Jika bagian yang bercabang digunting, nutrisi rambut akan dialih fungsikan untuk melembabkan rambut dan menjadikannya lebih sehat. Selain itu, menggunting ujung rambut juga menjadi alternatif cara memanjangkan rambut secara alami.

Caranya :

  • Gunting ujung rambut sedikit saja secara rutin (dua minggu sekali).

7. Aipukat dan Telur

Salah satu masker untuk merawat rambut kering yaitu dengan memadukan campuran alpukat dan telur. Alpukat telah lama dipercaya sebagai bahan alami untuk mengatasi kulit kering. Manfaat yang sama juga bisa berlaku untuk rambut. Masker alpukat untuk rambut akan memberikan hasil lebih baik jika digunakan bersama dengan telur. Telur yang kaya akan protein akan menutrisi rambut sehingga dapat pula dijadikan cara mengurangi rambut rontok.

Caranya :

  • Lumatkan satu buah alpukat hingga halus.
  • Tambahkan satu butir telur lalu kocok hingga berbusa.
  • Gunakan campuran telur dan alpukat ini untuk masker rambut.
  • Diamkan 20 menit lalu cuci rambut dengan sampo.

8. Mayonaise

Identik dengan bahan makanan, siapa menyangka jika mayonaise memiliki manfaat untuk perawatan rambut. Tekstur mayoneise yang berminyak dan lembut akan meresap pada rambut dan membuatnya lebih sehat.

Caranya :

  • Oleskan mayonaise pada seluruh bagian rambut dalam kondisi kering.
  • Diamkan selama satu jam lalu cuci rambut hingga bersih menggunakan sampo.

9. Minyak Zaitun dan Lidah Buaya

Siapa bilang lidah buaya hanya berfungsi untuk melembabkan rambut? Memiliki banyak kandungan air yang mampu mengembalikan kelembapan rambut. Ditambah dengan minyak zaitun yang kaya akan vitamin E, dua bahan alami ini efektif digunakan sebagai cara mengatasi rambut rontok parah, bercabang, kasar dan kering.

Caranya :

  • Sediakan kira-kira 60 mL lendir lidah buaya.
  • Tambahkan satu sendok teh minyak zaitun murni.
  • Oleskan pada seluruh bagian rambut terutama pada ujung rambut yang bercabang.
  • Diamkan 20 menit.
  • Bilas hingga bersih.

10. Pisang

Pisang tak hanya menjadi makanan yang dapat memulihkan energi dalam waktu singkat. Namun, pisang juga menjadi bahan alami untuk mengobati rambut kering. Pisang mengandung banyak vitamin B yang berguna melawan rambut krispi dan kasar.

Caranya :

  • Lumatkan pisang yang matang secukupnya, tergantung pada seberapa panjang rambut Anda.
  • Aplikasikan pasta yang terbuat dari pisang ini sebagai masker rambut.
  • Diamkan 15 hingga 20 menit lalu bilas hingga bersih.

11. Biji Anggur

Cara mengatasi rambut kering lainnya adalah dengan menggunakan biji anggur. Biji anggur akan bekerja maksimal dalam melembabkan rambut jika dicampur dengan minyak zaitun dan alpukat.

Caranya :

  • Tumbuk satu sendok teh biji anggur hingga halus.
  • Tambahkan alpukat yang telah dihaluskan dan satu sendok makan minyak zaitun, aduk rata.
  • Gunakan kombinasi 3 bahan alami untuk masker rambut bercabang dan kering.

14. Minyak Kelapa

Manfaat minyak kelapa sebagai cara merawat rambut rontok dan kusam memang sudah tak bisa diragukan lagi. Minyak kelapa akan menghitamkan rambut, mencegah tumbuhnya uban serta mengatasi rambut kering dengan cepat.

Caranya :

  • Tuangkan sedikit minyak kelapa pada telapak tangan.
  • Usapkan pada rambut dalam kondisi setengah basah.
  • Sisir dan biarkan mengering tanpa dibilas.
  • Lakukan secara rutin setiap usai keramas.

15. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel memiliki sifat menghilangkan sisa sampo yang seringkali membuat rambut menjadi kering, kasar dan berketombe. Sayangnya, cara ini kurang disukai karena cuka sari apel meninggalkan bau asam yang khas dan menyengat.

Caranya :

  • Campur tiga sendok makan cuka sari apel degan satu gayung air.
  • Gunakan untuk membilas rambut setelah selesai keramas.

16. Minyak zaitun dan madu

Minyak zaitun dan madu merupakan perpaduan yang pas sebagai cara mencegah rambut rontok, bercabang dan juga kering. Kedua bahan alami ini mampu menghidrasi rambut serta menutrisinya sebagai cara agar rambut cepat panjang dan lebih sehat.

Caranya :

  • Campur dua sendok makan minyak zaitun dengan setengah cangkir madu.
  • Gunakan campuran ini untuk masker rambut.
  • Diamkan selama satu jam.
  • Cuci rambut dengan sampo formulasi ringan.

17. Yogurt

Biasa digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi kulit kering, yogurt juga bisa dijadikan cara mengatasi rambut kering secara alami. Yogurt yang lembut akan mudah meresap ke batang rambut sehingga menghidrasi dan menutrisinya langsung sejak pemakaian pertama. Yogurt juga menjadi cara melembutkan rambut dengan mudah.

Caranya :

  • Campur satu butir kuning telur dengan setengah cangkir yogurt dan tiga sendok makan madu.
  • Aplikasikan campuran ini pada seluruh batang rambut.
  • Diamkan selama satu jam.
  • Cuci rambut dengan sampo bebas sulfat.
  • Lakukan dua minggu sekali untuk rambut sehat dan berkilau.

18. Minyak Zaitun dan Lemon

Tak hanya mampu mengatasi rambut kering, campuran minyak zaitun dan lemon juga menjadi cara mengatasi ketombe secara alami serta menghilangkan rasa gatal di kulit kepala.

Caranya :

  • Campurkan 3 sendok makan minyak zaitun dengan satu sendok makan air perasan lemon.
  • Gunakan campuran ini pada kulit kepala hingga ujung rambut.
  • Pijat perlahan lalu biarkan hingga mengering.
  • Cuci rambut menggunakan sampo dan kondisioner.

19. Daun Jambu

Tonik menjadi cara praktik mengatasi kerusakan rambut cairan tonik rupanya bisa Anda buat sendiri di rumah loh! Bahan utamanya cukup mudah ditemukan, yakni daun jambu yang kaya akan vitamin B, C dan zat besi yang mampu menjaga kesehatan rambut.

Caranya :

  • Rebus satu genggam daun jambu jenis apa saja yang sudah dicuci bersih dengan satu gelas air hingga mendidih.
  • Saring alu biarkan airnya hingga dingin.
  • Tuangkan air rebusan daun jambu pada botol sprai.
  • Semprotkan pada kulit kepala dan juga rambut setiap usai keramas.
  • Karena dibuat tanpa pengawet, Anda perlu meletakkan tonik alami dari daun biji di kulkas agar lebih tahan lama. Sebagai catatan, jangan digunakan jika warna atau aromanya berubah.

20. Bawang Merah dan Bawang Putih

Perpaduan bawang merah dan bawang putih memang cocok untuk melezatkan masakan. Namun, siapa menduga jika bawang merah dan bawang putih juga dapat mengatasi aneka macam masalah rambut. Bawang merah memiliki kandungan vitamin C, E dan Sulfur. Sedangkan bawang putih mengandung tembaga dan zat besi yang mampu merangsang pertumbuhan rambut baru.

Caranya :

  • Tumbuk bawang merah dan bawang putih hingga halus.
  • Aplikasikan pada pangkal rambut hingga ujung rambut. Namun, Anda perlu hati-hati karena campuran bawang merah dan bawang putih menyebabkan rasa pedih jika terkena mata atau luka terbuka.
  • Diamkan 15 menit.
  • Bilas dengan hati-hati agar tak mengenai mata.
  • Cuci rambut dengan sampo dan pakailah kondisioner setelahnya.

21. Minyak Jarak

Minyak jarak mungkin tak setenar minyak zaitun atau minyak kelapa, namun khasiatnya untuk kesehatan rambut tak perlu diragukan lagi. Minyak jarak mudah meresap pada batang rambut sehingga membuat rambut bebas kering. Selain itu, minyak jarak juga mampu menutrisi folikel rambut sehingga membuatnya lebih kuat.

Caranya :

  • Hangatkan minyak jarak secukupnya di atas api, jangan sampai mendidih.
  • Usapkan pada kulit kepala hingga ujung rambut.
  • Tutup rambut dengan handuk bersih atau shower cap selama 30 menit.
  • Bilas menggunakan air dingin hingga bersih.

22. Minyak Kemiri

Cara mengatasi rambut kering pada pria dengan rutin menggunakan minyak kemiri. Kemiri telah dipercaya secara turun temurun sebagai bahan alami yang memiliki manfaat bagi rambut. Kemiri dikenal sebagai ara alami melebatkan rambut serta membuatnya lebih hitam berkilau. Jika diaplikasikan pada rambut kering, kemiri rupanya mampu menghidrasi rambut dan membuatnya lebih sehat

Caranya :

  • Usapkan minyak kemiri secara merata.
  • Diamkan hingga kering.
  • Bilas rambut dengan air mengalir.
  • Lanjutkan dengan mencuci rambut menggunakan sampo.

23. Seledri

Seledri biasa digunakan sebagai bahan penyedap masakan. Selain itu, manfaat seledri untuk menghitamkan rambut dan membuat rambut cepat panjang juga sudah tak diragukan lagi. Namun manfaat seledri untuk mengatasi rambut kasar dan kering mungkin masih jarang yang mengetahuinya. Meski begitu, khasiat daun seledri untuk mengatasi rambut kering tak bisa diragukan khasiatnya.

Caranya :

  • Rebus 1 ons daun seledri dengan satu gelas air hingga mendidih.
  • Diamkan hingga dingin lalu saring, ambil airnya saja.
  • Gunakan air rebusan seledri ini pada permukaan kulit kepala hingga ujung rambut.
  • Diamkan selama 20 menit lalu bilas hingga bersih.
  • Jika tak suka dengan bau seledri, Anda juga bisa mencuci rambut dengan sampo setelahnya.

24. Jeruk Nipis

Jeruk nipis telah lama dipercaya sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami. Namun, siapa sangka jika jeruk nipis juga bisa dijadikan cara mengatasi rambut kering. Uniknya, jika dilakukan secara rutin dan telaten jeruk nipis juga dapat dijadikan cara meluruskan rambut secara alami. Sayangnya, cara ini dapat menyebabkan rasa perih bagi Anda yang memiliki luka di kulit kepala.

Caranya :

Loading...
  • Belah jeruk nipis menjadi dua bagian lalu peras airnya.
  • Gunakan air perasan jeruk nipis ini pada kulit kepala dan juga seluruh bagian rambut.
  • Diamkan 10 menit lalu bilas dengan air bersih.
  • Lanjutkan dengan keramas menggunakan sampo dan kondisioner.

25. Minyak gandum

Jenis minyak alami lainnya yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi rambut kering adalah minyak gandum. Mengandung vitamin dan mineral, minyak gandum akan memberikan nutrisi rambut kering dan membuatnya lebih sehat berkilau.

Caranya :

  • Cuci rambut hingga bersih.
  • Ketika rambut dalam kondisi setengah basah, usapkan minyak gandum hingga merata.
  • Diamkan 20 menit.
  • Cuci rambut hingga bersih agar efek licin dan lengket akibat minyak gandum hilang.

26. Air Beras

Air cucian beras atau biasa disebut air leri memang memiliki beragam manfaat untuk kecantikan, tak terkecuali sebagai cara mengatasi rambut kasar dan kering. Selain itu, air beras juga akan membuat rambut Anda berkilau alami tanpa pergi ke salon.

Caranya :

  • Ambil air cucian beras pada bilasan kedua.
  • Gunakan air beras untuk membasahi rambut dan diamkan 10 menit.
  • Bilas hingga bersih. Jangan lupa menggunakan sampo karena air beras biasanya meninggalkan bercak putih yang dapat memicu rasa gatal dan ketombe.

27. Kulit Apel

Selain cuka sari apel, kulit apel rupanya juga bisa menjadi cara mengatasi rambut kering. Kulit apel memiliki kandungan vitamin dan air yang cukup tinggi sehingga membuat rambut lebih sehat dan lembab.

Caranya :

  • Cuci bersih kulit apel lalu haluskan.
  • Oleskan kulit apel yang sudah dihaluskan pada seluruh bagian rambut.
  • Diamkan 15 menit lalu bilas.
  • Lanjutkan perawatan rambut kering alami ini dengan keramas menggunakan sampo berformulasi ringan.

28. Pepaya

Cara mengatasi rambut kering dan kasar dengan menggunakan masker dari buah pepaya. Kaya akan vitamin C pepaya juga baik untuk mengatasi rambut rusak. Tak hanya mampu menghidrasi agar rambut tidak kering, pepaya juga akan memberikan perlindungan alami sehingga melindungi rambut dari paparan lingkungan. Jika diapikasikan secara rutin, pepaya uga akan membuat rambut anti kusut dan mudah diatur.

Caranya :

  • Lumatkan daging pepaya secukupnya.
  • Untuk hasil lebih lembut dan lebih cepat meresap, Anda bisa tambahkan 3 sendok makan yogurt tawar.
  • Oleskan pada seluruh bagian rambut dan diamkan selama 20 menit atau masker rambut mulai mengering.
  • Bilas hingga bersih menggunakan air dingin mengalir.
  • Cuci sisa pepaya dan yogurt menggunakan shampo.

29. Minyak Almond

Minyak almond memiliki kandungan omega 3, fosfolipid, vitamin E dan magnesium. Semua kandungan ini memiliki manfaat yang baik untuk rambut, termasuk juga sebagai ara mengatasi rambut kusut dan kering.

Caranya :

  • Cuci rambut hingga bersih.
  • Ketika rambut dalam kondisi basah usapkan minyak almond.
  • Bungkus rambut menggunakan shower cap dan biarkan satu jam.
  • Cuci rambut hingga bersih untuk menghilangkan kelebihan minyak.

30. Minyak Argan

Banyak orang bertanya apa sih obat untuk rambut kering? obat alami rambut kering adalah minyak argan. Minyak argan merupakan salah satu jenis minyak alami yang memiliki manfaat besar untuk kecantikan, salah satunya untuk mengatasi rambut kering dan berketombe. Hal ini dikarenakan minyak argan kaya akan vitamin E, C dan A yang baik untuk kesehatan rambut. Uniknya, selain dapat dijadikan cara mengatasi rambut kering, minyak argan juga dapat difungsikan untuk pelindung rambut dari panas catok atau hair dryer.

Caranya :

  • Oleskan minyak argan pada kulit kepala hingga ujung rambut setiap usai keramas dalam kondisi rambut setengah basah.
  • Untuk melindungi rambut dari efek buruk catok, blow atau hair dryer, oleskan minyak argan sebelum melalui proses styling.

31. Minyak Biji Bunga Matahari

Cara mengatasi rambut kering lainnya adalah dengan minyak biji bunga matahari. Jenis minyak alami ini bisa dibilang sebagai minyak ajaib untuk rambut. Pasalnya, minyak biji bunga matahari tak hanya mampu menghilangkan rambut kering, melainkan pula mengatasi rambut kusam dan bercabang. Jika digunakan secara rutin, minyak ini juga menjadi cara membuat rambut lebih lebat dan lebih cepat panjang.

Caranya :

  • Oleskan minyak biji bunga matahari dalam kondisi rambut bersih dan setengah basah.
  • Tutup kepala dengan shower cap selama 20 menit.
  • cuci rambut dengan shampo untuk menghilangkan sisa minyak.

32. Stawberry

Kaya akan vitamin C, strawberry menjadi pilihan tepat untuk memperbaiki masalah rambut kering. Dicampur dengan yogurt yang lembut dan mudah meresap, strawberry akan menutrisi rambut dan membuatnya lebih berkilau.

Caranya :

  • Lumatkan 5 buah strawberry yang telah dicuci bersih.
  • Tambahkan 3 sendok makan yogurt.
  • Gunakan campuran ini sebagai masker alami rambut.
  • Diamkan 30 menit.
  • Cuci rambut dengan shampoo dan kondisioner.

33. Baking Soda

Baking soda terbukti ampuh mengatasi bekas luka di wajah maupun flek hitam. Jika dijadikan bahan campuran shampoo, rupanya baking soda juga dapat menjadi cara mengatasi rambut kering.

Caranya :

  • Campur sedikit baking soda pada shampoo yang akan digunakan, aduk hingga mengental.
  • Gunakan pada rambut layaknya keramas seperti biasa.
  • Sisir rambut dengan sisir bergigi jarang.
  • Diamkan 20 menit lalu bilas hingga bersih.

34. Madu dan Susu

Lemak susu dan kandungan vitamin serta mineral penting dalam madu adalah perpaduan yang pas untuk mempertahankan kelembapan alami rambut. Selain itu, campuran madu dan susu juga membuat rambut lebih berkilau sekaligus sebagai anti frizz alami.

Caranya :

  • Campur 5 sendok susu bubuk full cream dengan dua sendok madu.
  • Jika tekstur terlalu kental, tambahkan sedikit air atau bisa juga dengan minyak zaitun.
  • Oleskan pada seluruh bagian rambut.
  • Biarkan meresap selama 20 menit.
  • Cuci rambut seperti biasa.

35. Pola Hidup Sehat

Cara mengatasi rambut kering yang wajib Anda coba adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Hal ini dikarenakan aktivitas dan makanan yang Anda konsumsi sangat berpengaruh pada kesehatan dan kecantikan, termasuk kesehatan kulit, wajah dan rambut.

Caranya :

  • Perbanyak konsumsi buah dan sayuran hijau.
  • Jangan pernah lewatkan air putih.
  • Konsumsi kacang-kacangan.
  • Gunakan penutup kepala saat cuaca terik.
  • Hindari paparan sinar matahari berlebihan
  • Olahraga ringan setiap hari.

Cara Mengatasi Rambut Kering Menggunakan Produk

Cara alami memang dapat mengembalikan kondisi rambut menjadi lebih sehat, namun cara alami relatif bekerja lebih lambat dibandingkan dengan produk untuk mengatasi rambut kering. Produk yang dikhususkan untuk rambut kering sudah diformulasi agar mampu bekerja cepat mengatasi kerusakan rambut.

Bagi Anda yang ingin mencoba cara mengatasi rambut kering, beberapa produk berikut mungkin bisa menjadi rekomendasi untuk Anda.

1. TRESemme Shampoo Keratin Smooth

Jika penyebab rambut kering yang Anda miliki merupakan proses styling atau paparan zat kimia, maka produk yang satu ini menjadi solusi yang baik bagi Anda. Produk yang satu ini mengandung keratin yang mampu memperbaiki kondisi rambut. Selain mengatasi rambut kering dan rusak, sampo yang satu ini juga membuat rambut lebih berkilau dan mudah diatur. Hasil lebih maksimal bisa Anda dapatkan jika penggunaannya bersamaan dengan kondisioner.

2. Dove Nourishing Oil Care

Cara mengatasi rambut kering lainnya adalah dengan menggunakan shampo Dove Nourishing Oil Care. Produk ini mengandung minyak almond, kelapa dan biji bunga matahari yang dapat memberikan kelembapan dan menutrisi rambut kering secara intensif. Karena terbuat dari bahan alami, Dove Nourishing Oil Care hampir tak memiliki efek negatif bagi rambut.

3. Sunslik Soft & Smooth

Mengandung 5 jenis minyak alami, Sunslik Soft & Smooth menjadi pilihan alternatif untuk merawat rambut rusak. Produk yang satu ini juga memiliki teknologi smart lock yang membuat rambut tetap lembab seharian. Selain itu, Sunslik Soft & Smooth juga memiliki harga yang sangat ramah di kantong. Varian lain dari shampoo Sunslik yang bisa Anda coba adalah Sunsik Shampoo Lively Straight sebagai cara agar rambut lurus atau Sunslik Hijab Recharge Refresh & Hairfall Solution Shampoo sebagai cara merawat rambut rusak dan rontok.

4. L’Oreal Paris Smooth Intense Caring Shampoo

Memiliki kandungan minyak argan, produk keluaran L’Oreal Paris ini tak hanya mampu mengobati rambut kasar dan kering, melainkan juga menjadikan rambut lebih mudah di atur dan mampu memberikan perlindungan ekstra. Oleh karenanya, produk ini sangat cocok bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan.

5. Pantene Total Damage Care 10

Pantene menjadi merk dagang yang mengeluarkan banyak produk perawatan rambut, salah satunya Pantene Total Damage Care 10 yang diklaim mampu mengatasi 10 jenis masalah rambut. Produk jenis ini mampu mengatasi rambut rusak parah, membuatnya lebih sehat, halus dan mudah di atur hingga 99%. Selain itu, produk ini juga mnejanjikan hasil memuaskan sebagai produk perawatan rambut rontok.

6. Wardah Daily Fresh Shampoo

Memiliki kandungan alami aloevera, Wardah Daily Fresh Shampoo menjadi pilihan tepat bagi Anda pecinta produk berlabel halal. Selain itu, produk yang satu ini juga memiliki harga yang sangat terjangkau sehingga tak menguras kantong jika ingin menggunakannya secara rutin.

7. SugarBearHair Vitamins

Selain menggunakan shampo, cara mengatasi rambut kering juga bisa melalui obat oral loh! Tapi, jangan dibayangkan obat oral yang harus dikonsumsi adalah obat berasa pahit. Obat untuk mengatasi rambut kering berupa vitamin berbentuk beruang lucu warna biru langit. Berbentuk Gummy berasa berry, vitamin yang satu ini tak hanya menyehatkan rambut tetapi juga memiliki rasa enak.

8. Kerastase Exilir Ultime Color Treated Serum

Salah satu penyebab rambut kering adalah rambut diwarnai. Namun, bagi Anda yang tetap tampil cantik dengan rambut diwarnai namun bebas dari rambut kering, Karatase Exilir Ultimate Color Treated Serum menjadi solusinya. Dengan wangi mewah, produk yang satu ini juga memberikan kenyamanan tersendiri bagai pemakainya. Sayangnya, produk keluaran USA ini tergolong tak ramah di kantong.

9. Matrix Biolage SmoothProof Hair Serum

Matrix telah lama dipercaya sebagai produk perawatan rambut yang handal. Salah satu produk unggulannya adalah Matrix Biolage SmoothProof Hair Serum yang diformulasi khusus rambut kering akibat diwarnai. Terinspirasi dari bunga kamelia yang tahan air, produk ini mengunci kelembapan alami rambut sekaligus menutrisinya.

10. Makarizo Advisor Hair Recovery Spray

Dikemas dalam botol spray berukuran kecil, produk yang satu ini sangat praktis. Selain itu, vitamin rambut kering ini juga sangat mudah digunakan sehingga cocok digunakan di manapun dan kapanpun.

11. Keratase Nutritive Masquintense

Diperkaya dengan konsentrat Irisome, produk yang satu ini sangat cocok untuk rambut normal cenderung kering. Masker rambut yang satu tak hanya memperbaiki kondisi rambut, melainkan juga memberikan perlindungan agar tak semakin rusak. Kelemahan produk yang satu ini di sisi harga yang tak bisa dijangkau semua kalangan.

12. Makarizo Hair Energy Fibertherapy Hair and Scalp Cream

Masker rambut makarizo merupakan produk perawatan rambut yang hadir dengan aneka varian dan harus disesuaikan dengan masalah rambut. Masker makarizo untuk rambut kering dan rusak adalah yang memiliki kandungan royal jelly.

13. TRESemme Total Salon Repair Conditioner

Cara mengatasi rambut kering dan bercabang dengan menggunakan TRESemme Total Salon Repair Conditioner.  Produk yang satu ini merupakan produk yang tepat bagi Anda yang hobi styling rambut. Produk satu ini akan menutrisi dan memperbaiki kerusakan rambut bahkan untuk rambut yang rusak bertahun-tahun sekalipun.

14. Sensatia Botanicals Leisure Relaxation Conditioner

Teruji bebas bahan berbahaya, Sesatia Botanicals menjadi solusi rambut kering yang aman. Selain itu, produk ini juga memberikan efek relaxsasi sehingga tak hanya menghilangkan masalah rambut, tetapi juga menghilangkan penat dan stress.

15. Makarizo Conditioner Profesional

Mengandung mineral oil dan deep conditioning agent, produk yang identik dengan perawatan rambut di salon ini tak hanya melembabkan rambut di bagian luarnya saja. Melainkan menutrisi hingga bagian terdalam termasuk juga menguatkan akar rambut sehingga dapat juga dijadikan cara mengatasi rambut rontok.

Merk Produk untuk Mengatasi Rambut Kering

1. Vitamin

Berbagai merk vitamin untuk mengatasi rambut kering sudah banyak beredar di pasaran maupun apotik. Merk-merk vitamin rambut kering tersebut antara lain:

  • Kerastase Elixir Ultime Color Treated Serum
  • SugarBearHair Vitamin
  • Kiehl’s Silk Groom Serum
  • Matrix Biolage SmoothProof Hair Serum
  • L’Oreal Expert Pro Fiber Restore Repairing Emulsion
  • Makarizo Advisor Hair Recovery Spray
  • L’Oreal Professionel Mythic Oil
  • Dove Hair Serum Nourishing Oil Care
  • The Body Shop Grapeseed Glossing Serum
  • Makarizo Advisor Hair Vitamin Cashmere Soft & Smooth

2. Shampo

Sudah banyak merk shampo untuk mengatasi rambut kering yang banyak beredar di pasaran maupun apotik. Merk-merk shampo rambut kering tersebut antara lain:

  • Sunsilk Soft & Smooth
  • Dove Nourishing Oil Care
  • L’Oreal Paris Smooth Intense Caring Shampoo
  • TRESemmé Shampoo Keratin Smooth
  • Redken All Soft Shampoo (For Dry/ Brittle Hair)
  • Kerasys Shampoo Damage Clinic
  • Herbal Essences Touchable Moisture Shampoo
  • Mane ‘n Tail Deep Moisturizing Shampoo
  • Beyond Damage Repair
  • Rudy Hadisuwarno Cosmetics Damage Defense Shampoo Sunflowe

3. Creambath

Banyak merk creambat untuk merawat dan mengatasi rambut kering sudah banyak beredar di pasaran maupun apotik. Merk-merk creambath rambut kering tersebut antara lain:

  • Matrix Hydra-Creme Intense Moisture Masque
  • L’OCCITANE Aromachologie Repairing Mask
  • L’Oreal Deep Nourishing Creambath Hair Spa
  • Matrix Sensoria Care Ultra Rich
  • Makarizo Salon Daily Creambath Pro 4D
  • Makarizo Texture Experience Creambath Strawberry Yogurt
  • The Body Shop Rain Forest Moisture Hair Butter
  • Etude House Silk Scarf Hair Moist Pack
  • DeBiuryn Honey Spa Green Hair Conditioning Creambath

4. Conditioner

Berbagai merk conditioner untuk mengatasi rambut kering sudah banyak beredar di pasaran maupun apotik. Merk-merk conditioner rambut kering tersebut antara lain:

  • Sensatia Botanicals Leisure Relaxation Conditioner
  • Makarizo Conditioner Professional
  • Dove Nourishing Oil Care Conditioner
  • Original Sprout Luscious Island Conditioner
  • TRESemmé Smooth & Shine Conditioner
  • L’Oreal Smooth Intense Caring Conditioner
  • Aperio Natural Cherry Blossom Hair Defense Leave In Conditioner
  • Evoluderm Honey Hair Conditioner
  • Rudy Hadisuwarno Damage Defense Sunflower Conditioner

Efek Samping Penggunaan Produk Untuk Mengatasi Rambut Kering

Mengatasi rambut kering baik secara alami maupun dengan menggunakan produk perawatan rambut kering bukan berarti tanpa efek samping. Cara alami memiliki efek negatif dari hasil yang relatif lebih lama. Selain itu, cara alami mungkin akan meninggalkan bau kurang sedap sehingga merusak rasa percaya diri.

Sementara itu, cara mengatasi rambut kering dengan produk khusus rambut kering memang lebih mudah, cepat serta meninggalkan aroma wangi rambut yang menyegarkan. Namun, tak semua produk untuk rambut kering dapat bekerja maksimal. Ketidak cocokan produk memiliki resiko rambut makin kering,kasar dan bahkan beralih jenis menjadi rambut lepek berminyak.

Tips Mengatasi Rambut Kering

Selain mengetahui cara mengatasi rambut kering, Anda juga perlu mengetahui tips agar rambut kering bisa lebih cepat dihilangkan serta tak kembali lagi. Tips ini meliputi kebiasaan yang perlu Anda lakukan dan apa saja yang perlu dihindari. Adapun tips yang dimaksud antara lain :

1. Kebersihan Rambut

Terlalu sering keramas memang dapat menghilangkan minyak alami rambut. Namun, ini bukan berarti Anda harus mengabaikan kebersihan rambut. Menjaga kebersihan rambut dengan keramas dua hari sekali menjadi agenda rutin jika Anda menginginkan rambut sehat bebas masalah.

2. Hindari Menggosok Rambut

Tahukah Anda jika rambut memiliki lapisan pelindung? Jika lapisan pelindung rambut ini rusak, rambut akan turut menjadi rusak, rapuh, kering dan bercabang. Oleh karena itu, menggosok rambut terlalu keras sangat dilarang karena berpotensi merusak rambut dan membuatnya mudah rontok.

3. Cara Menyisir Rambut yang Benar

Jika tak menginginkan rambut rusak, maka cara menyisir rambut juga harus diperhatikan. Cara menyisir rambut yang benar adalah mengikuti arah rambut tumbuh. Selain itu, jangan lupa menggunakan sisir bergigi lebar untuk mengindari kerontokan rambut.

5. Kurangi Hair Dryer

Mengeringkan rambut dengan hair dryer memang sangat praktis. Namun, uap hai dryer akan mengikis kelembapan alami rambut sehingga membuatnya nampak kusam dan kering. Jika memang terpaksa menggunakan hair dryer, gunakan minyak, vitamin rambut kering atau vitamin untuk rambut rontok terlebih dahulu agar uap panas tak langsung mengenai rambut.

6. Kondisioner

Siapa bilang memakai kondisioner menyebabkan rambut gatal dan berketombe? Jika Anda termasuk orang yang mengalami ketombe setelah memakai kondisioner, mungkin Anda tak cocok dengan produk atau tak bersih ketika membilasnya. Jika produk yang Anda gunakan tepat dan cara pemakaiannya pun benar, kondisioner dapat membantu melembabkan, menutrisi dan memuat rambut mudah diatur.

7. Hair Wrap

Tahukah Anda apa itu hair wrap? Hair wrap merupakan teknik mempertahankan kelembapan alami rambut dengan sangat sederhana. Hair wrap berarti membungkus rambut yang basah usai keramas menggunakan handuk bersih hingga setengah kering lalu membiarkannya kering dengan sendirinya.

8. Hindari Styling Rambut Berlebihan

Styling rambut menang menjadi andalan untuk menjadikan penampilan lebih menarik. Namun, styling rambut memiliki efek tak baik bagi kesehatan rambut. Bahan kimia dan panas hair driyer saat proses styling menyebabkan pigmen rambut rusak dan kelembapannya hilang.

Tips Merawat Rambut Kering

  1. Jangan memakai air panas ketika sedang merawat rambut.
  2. Gunakan masker rambut dari bahan alami.
  3. Pakailah kondisioner alami.
  4. Biasakan mengonsumsi buah yang baik bagi rambut.
  5. Minum air putih yang banyak.
  6. Konsumsilah sayuran yang banyak.
  7. Rutin memberi vitamin pada rambut.
  8. Janganlah memakai shampo setiap mandi.
  9. Hindari pemakaian alat pengering rambut.
  10. Cobalah mencuci rambut menggunakan air dingin
  11. Hindari shampo atau kondisioner berbahan silikon, sulfat, dan alkohol.
  12. Perbanyaklah melakukan olahraga.
  13. Rutin memberikan suplemen pada rambut.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Bisa Bikin Payudara Kamu Jadi Kencang

Sudah pertimbangkan cara mengatasi rambut kering dan mengembang mana yang paling sesuai dengan Anda? Selain mempertimbangkan kandungan dan manfaatnya, pastikan pula cara yang Anda pilih sesuai dengan budget karena perawatan rambut kering harus dilakukan secara kontinyu agar rambut kusut, kering dan mengembang tak kembali lagi.


Tags: Rambut, Rambut Kering

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com