Gamat dan Manfaatnya Bagi Kecantikan

Kecantikan 8 months ago
Gamat dan Manfaatnya Bagi Kecantikan

Laut, seperti halnya daratan, dihuni oleh biota, yakni tumbuh-tumbuhan, hewan dan mikroorganisme hidup. Biota laut menghuni hampir semua bagian laut, mulai dari pantai, permukaan laut sampai dasar laut yang terjeluk sekalipun. Keberadaan biota laut ini sangat menarik perhatian manusia, bukan saja karena kehidupannya yang penuh rahasia, tetapi juga karena manfaatnya yang besar bagi kehidupan manusia. Pemanfaatan biota laut yang makin hari makin meningkat menyebabkan manusia semakin ingin tahu semua tentang laut dan biota yang ada di dalamnya.

Teripang termasuk hewan laut yang berkulit duri (Echinodermata), namun tidak semua teripang mempunyai duri pada kulitnya. Pada pengamatan sepintas, ketimun laut (sea cucumber) tidak terlihat mirip dengan hewan Echinodermata lainnya. Mereka tidak memiliki duri, dan endoskeletonnya yang keras sangat tereduksi. Tubuh ketimun laut memanjang sepanjang sumbu oral-aboral, sehingga memberikan bentuk ketimun seperti namanya dan selanjutnya yang membedakan hubungan mereka dengan bintang laut dan bulu babi. Namun demikian, pemeriksaan lebih dekat memperlihatkan adanya lima baris kaki tabung, bagian dari sistem pembuluh air yang hanya ditemukan pada hewan Echinodermata. Beberapa kaki tabung yang ada di sekitar mulut dikembangkan menjadi tentakel untuk makan. Ada beberapa jenis teripang yang durinya tidak jelas atau tidak dapat dilihat dengan mata biasa karena sangat kecil sehingga perlu menggunakan mikroskop. Teripang dapat diklasifikasikan sebagai hewan yang berkulit duri dengan karakteristik umum berbentuk pentradial simetri dan mempunyai water vascular system berkerangka yang terletak di bawah kulit.

Teripang emas (Stichopus variegatus) atau dewasa ini lebih dikenal dengan gamat, merupakan hewan laut yang pada umumnya hidup pada dasar substrat berpasir serta pada lingkungan terumbu karang. Teripang sendiri teridentifikasi memiliki 1250 lebih spesies yang berbeda dan tersebar luas di seluruh lautan bumi.

Daerah penyebaran teripang di Indonesia cukup luas terutama di daerah terumbu karang, perairan yang berdasar pasir, berbatu karang dan pasir bercampur lumpur yaitu antara lain di Bangka dan sekitarnya, Kepulauan Kangean, Sulawesi (Selatan, Tenggara, Tengah dan Utara), Maluku (Tengah, Utara dan Tenggara), Nusa Tenggara Barat terutama Sumbawa (Teluk Saleh, Waworada dan Sape), Nusa Tenggara Timur (Flores, Sumba dan Timur).

Pada perairan asalnya, teripang memegang peranan penting dalam rantai makanan di terumbu karang pada berbagai struktur pakan (tropic levels). Yakni teripang berperan sebagai pemakan deposit (deposit feeder) dan juga pemakan suspensi (suspensi feeder).

 sejak abad 18 secara empirik telah dimanfaatkan sebagai makanan dan obat oleh masyarakat Asia dan Timur Tengah termasuk Indonesia. Banyak penelitian in vitro yang menganalisa kandungan gizi dan zat aktif teripang emas, namun masih sedikit penelitian khasiat teripang emas secara in vivo. Gamat diklaim mampu menghilangkan keriput wajah, anti aging, mengeringkan jerawat, menipiskan flek, mengenyalkan wajah, membuat wajah Nampak glow dan cerah serta mampu mengontrol kandungan minyak berlebih pada wajah dengan penggunaan sebagai campuran masker ataupun pengganti cream malam. Hal ini didukung oleh kandungan gamapeptide. Gamapeptide bermanfaat untuk Mengaktifkan pertumbuhan dan mengaktifkan sel-sel dan Membuat kulit lebih muda dan meningkatkan kecantikan. Selain bermanfaat untuk kesehatan kulit, kandungan Gamapeptide ini juga sangat baik untuk kesehatan tubuh anda karena kandungan ini dapat Mampu menstabilkan emosi, mengurangi rasa sakit, mampu untuk mencegah inflamasi, Mempercepat 3x penyembuhan luka luar dan dalam, dan Mampu memelihara sirkulasi darah agar tetap lancar. Banyak perawatan kulit yang digunakan mengandung bahan kimia yang dapat menimbulkan efek samping berbahaya, terutama para wanita yang sangat memperhatikan kesehatan kulit. Ada baiknya anda menggunakan perawatan wajah dan kecantikan menggunakan bahan alami gamat untuk membuat anda semakin sehat dan selalu terlihat cantik.

Loading...

Manfaat lain yang didapatkan sesuai sumber penelitian antara lain; 

  • Menurut penelitian yang di lakukan oleh Li Z, Wang H dan Zhang G dari Shanghai Second Medical University, China. Teripang memiliki senyawa fitokimia berupa anti penggumpalan dan pembekuan darah. Hal tersebut di karenakan adanya senyawa Glucasaminglycans (GAGs).
  • Sebuah penelitian yang di lakukan oleh Zeng, seorang ilmuwan dari China menyebutkan bahwasannya teripang mengandung senyawa Gelatin Hyrosylates. Senyawa ini terbukti secara ampuh untuk melawan radikal anion superoksida dalam kadar yang signifikan.
  • Sebuah studi yang di lakukan oleh ilmuwan China yang di publikasikan dalam “Cancer, Biology and Therapy” mengungkapkan bahwa teripang mengandung senyawa philipnoside E, yang sangat bermanfaat untuk menghambat terbentuknya pembuluh darah yang mengangkut nutrisi ke tumor.
  • Teripang bermanfaat untuk menghambat aktivitas bakteri karena zat anti-mikroba yang di sebut dengan steroidal sapogennins. Terdapat penelitian yang di lakukan oleh peneliti bernawa Jawahar. Yang menemukan beberapa jenis bakteri seperti Escerrichia coli, Aeromonas hydrophilia, dan Pseudomonas dan lainnya sangat sensitif terhadap hewan laut gamat emas. Penelitian tersebut membuktikan bahwa sapogenin steroid sangat ampuh untuk membunuh aktivitas bakteri.
  • Manfaat lainnya adalah dapat mencegah pembekuan darah. Hal tersebut sesuai dengan sebuah penelitian yang di lakukan oleh ilmuwan Brazil mengenai teripang yang di publikasikan di Journal of Biological Chemistry. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa teripang mengandung aktivitas atikoagulan yang berasal dari Chondroitin sulfat yang akan mencegah pembekuan darah.
  • Kandungan asam arachnodic yang terkandung dalam teripang adalah salah satu senyawa yang bertanggung jawab untuk mempercapat penyembuhan luka.
  • Sebuah study yang di lakukan oleh H. Benedikt, D. C membuktikan mengonsumsi teripang bermanfaat untuk mengurangi nyeri sendi dan juga arthritis.
  • Senyawa glucosamine, mucopolysaccharides dan chondroitin adalah sederet kandungan yang terdapat di dalam teripang yang penting dan bertanggung jawab untuk menghambat peradangan. 

 

 

 

 

Tags: Hilangkan Jerawat, Sembuhkan Jerawat, Kesehatan, Tips Kecantikan, Kulit Sehat

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com