10 Cemilan Sehat Yang Tidak Bikin Gendut

11-11-2016 (3 weeks ago)

Semua orang pasti suka yang namanya ngemil, namun tanpa sadar kegiatan yang sangat menyenangkan ini bisa membuat kamu lebih cepat gemuk dibanding dengan makan makanan berat sekalian seperti nasi.

Cemilan seperti es krim dan beraneka kripik pedas sangat enak dinikmati untuk menemani waktu santai kamu seperti nonton tv, baca berita atau mainan smartphone. Namun tanpa kamu sadari cemilan yang kamu santap kebanyakan mengandung kalori yang sangat tinggi.

Jika kamu sedang mengalami masalah dengan berat badan, ngemil adalah salah satu hal yang biasanya kamu hindari. Padahal jika dalam porsi kecil, ngemil masih bisa dimaklumi walau kamu punya masalah dengan berat badan. Namun sebaiknya kamu konsumsi makanan yang tidak terlalu banyak mengandung kalori dengan makanan lain yang lebih kaya akan nutrisi.

Serat Larut Seperti Yang Terdapat Pada Kacang-Kacangan Bisa Membuat Kamu Kenyang Lebih Lama


Makanan yang kaya serat larut sangat baik dikonsumsi karena bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Waktu yang dibutuhkan serat ini untuk meninggalkan perut sangat lambat sehingga bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Beberapa makanan yang mengandung serat lemak antara lain kacang edamame, oatmeal dan gandum. Kamu bisa membuat cemilan dengan bahan dasar ini dengan mengkombinasikan aneka buah dan sayur agar rasanya lebih variatif.

Mekanan Yang Mengandung Ukuran Kalori Masih Wajar Seperti Yang Ada Pada Beberapa Daging


Jika disajikan tanpa campuran, walau dikonsumsi dalam jumlah besar makanan berbahan dasar beberapa jenis daging tidak akan membuat berat badan kamu naik secara signifikan seperti daging unggas tanpa kulit, alpukat, salad sayuran dan ikan air tawar. Kamu bisa membuat beraneka cemilan dari bahan dasar ini.

Satu Ons Saja Sudah Bisa Membuat Kamu Merasakan Manfaat Dari Kacang


Jumlah lemak tak jenuh yang tinggi pada kacang dapat membuat kamu merasa kenyang dalam jangka waktu yang lumayan lama. Hal ini disebabkan karena dalam satu ons kacang mengandung 170 kalori, 7 gram karbohidrat, 15 gram lemak dan 6 gram protein. lemak tak jenuh sangat bagus untuk kesehatan tubuh tanpa membuat badan kamu gemuk.

Satu Wadah Yoghurt Dengan Aneka Toping Buah Yang Sehat Bisa Kamu Jadikan Sebagai Camilan Sehat


Kamu bisa memilih satu wadah yoghurt dengan aneka toping buah yang sehat dan menyegarkan sebagai camilanmu. Yoghurt sangat cocok dinikmati dimana saja kamu berada. Dalam 7 ons yoghurt terkandung 14 gram karbohidrat kompleks. Tambahkan juga beberapa potong buah segar agar camilan sehat ini semakin menyenangkan.

Buah Bisa Kamu Bawa Kemana-Mana Sebagai Camilan Sehat Yang Mengenyangkan


Buah sangat mudah untuk dibawa kemanapun kamu pergi sehingga bisa kamu jadikan cemilan sehat untuk menghilangkan kebiasaan buruk kamu berbelanja aneka camilan yang kurang sehat. Misalnya saja saat berada dalam perjalanan kamu bisa sambil menikmati aneka buah seperti kiwi, pir, apel, anggu,strawberry dan melon yang sudah kamu potong-potong.

Biji-Bijian Bagus Untuk Diet Sekaligus Bisa Menurunkan Kolesterol


Penelitian menunjukan bahwa biji-bijian bisa menurunkan kadar kolesterol dan diabetes. Kandungan nutrisi yang ada pada biji-bijian bisa meningkatkan efisiensi produksi hormon insulin sehingga menyeimbangkan kadar gula. Tingkat lebih rendah dari insulin bisa membantu mencegah kenaikan berat badan. Beberapa biji-bijian yang termasuk kaya akan nutrisi adalah kwaci, biji wijen, biji flax (rami) dan biji cina.

Konsumsi Sayuran Dengan Mengolahnya Agar Lebih Mengugah Selera


Kamu bisa membuat sayuran segar yang ditambahkan dengan susu rendah lemak, keju maupun mustard sehingga memberikan cita rasa yang lebih menarik. Jika kamu lebih suka jenis masakan tumis, kamu bisa memasak aneka sayuran seperti pak coi dan kangkung yang ditambah dengan irisan daging sapi atau ayam.

Coba Beberapa Trail Mix Untuk Toping Kamu


Buah kering atau dry fruit bisa kamu jadikan toping lezat yang menyehatkan karena kaya akan serat dan kalori karbohidrat. Cemilan yang kaya akan protein, lemak, karbohidrat, dan serat biasanya memiliki rasa yang kurang menyenagkan sehingga bisa kamu siasati dengan menaburkan beberapa kismis atau nangka kering yang kini sudah banyak tersedia di supermarket.

Jangan Makan Snack Seperti Halnya Saat Kamu Makan Nasi


Sebenarnya sah-sah saja mengkonsumsi beberapa camilan jika masih dalam batas wajar. Makanlah dengan perlahan-lahan karena otak perlu waktu sekitar 20 menit untuk mendapat informasi dari perut bahwa kamu sudah kenyang. Jadi sebaiknya kamu berhenti makan sebelum kamu merasa kenyang karena setelah 20 menit baru kamu bisa mendapat informasi ini.

Baca Juga: Manfaat Mengejutkan Dari Cabai

Jangan Kamu Jadikan Snack Sebagai Makanan Utama


Cemilan sehat bisa  menyediakan sekitar 150-200 kalori dimana jumlah ini sudah cukup bagi tubuh sebelum kamu memakan makanan berikutnya. Kamu tidak perlu menjadikan camilan sebagai makanan utama karena dengan jumlah kalori ini kamu masih bisa mengkonsumsi makanan lain.

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel