10 Alasan untuk Berhenti Makan Daging Kepiting Imitasi Surimi

Kesehatan 1 year ago
10 Alasan untuk Berhenti Makan Daging Kepiting Imitasi Surimi

Daging kepiting imitasi surimi memang selalu nampak menggoda. Dikemas dalam bentuk capit atau stik, rasanya pun memang mirip dengan daging kepiting asli. Dengan penampakannya itu, tak heran banyak orang yang tergoda untuk membelinya. Faktor harga yang lebih murah dari kepiting asli juga yang membuat orang tak segan untuk membelinya. 

Pada dasarnya, surimi diolah dari daging ikan putih yang dihaluskan. Jadi itu bukan dari daging kepiting melainkan ikan. Lalu agar surimi terlihat dan terasa seperti kepiting, maka ditambahkan beberapa bahan lagi pada daging ikan yang telah dihaluskan itu. Adapun bahan bakunya adalah:

  1. Daging ikan 
  2. Putih telur
  3. Air
  4. Gula
  5. Tepung gandum
  6. Tepung jagung
  7. Perasa alami dan buatan
  8. Tiram
  9. Ekstrak kepiting
  10. Kerang
  11. Ikan salmon
  12. Ikan teri
  13. lobster
  14. Bonito
  15. Minyak ikan yang dimurnikan
  16. Garam laut
  17. Anggur beras
  18. Tepung tapioka yang dimodifikasi
  19. Protein gandum
  20. Disodium inosinate 
  21. Jagung
  22. Jagung hidrolis
  23. Paprika
  24. Pewarna merah tua (carmine)

Setelah mengetahui bahan bakunya, Anda pasti ingin lebih tahu 10 Alasan untuk Berhenti Makan Daging Kepiting Imitasi Surimi berikut ini:

1. Surimi Bukanlah Makanan Laut yang Sebenarnya

Makanan laut (seafood) hadir dengan banyak manfaat kesehatan terutama karena makanan laut berupa ikan kaya akan asam lemak omega-3. Dengan kandungannya itu, seharusnya makanan laut akan memberikan manfaat kesehatan yang selayaknya. Namun berbeda halnya dengan surimi. Karena hanya berupa daging kepiting imitasi, maka jangan harap untuk mendapatkan manfaat kesehatannya selain perut Anda yang terasa kenyang setelah memakannya.

2. Harga Surimi Sangat Murah

Bukan rahasia lagi jika kepiting memiliki harga yang sangat mahal. Namun berbeda halnya dengan surimi. Karena hanya imitasi, maka harganya pun sangat murah dibandingkan kepiting asli. Untuk alasan ekonomis, Anda tak perlu ragu membelinya terlebih karena rasanya yang mirip dengan daging kepiting asli. Harga surimi bisa murah karena dibuat dari bahan-bahan dengan kualitas yang standar.

3. Surimi Bisa Mengganggu Sistem Pencernaan Tubuh

Beruntunglah jika Anda penggemar surimi belum pernah mengalami gangguan pencernaan setelah mengkonsumsinya. Namun ada pula sebagian orang yang mengalaminya. Gangguan pencernaan ini bisa berupa kembung, perut kram, hingga tinja yang keras.

4. Mengandung Protein yang Sangat Rendah

Meskipun sangat rendah, setidaknya surimi masih memiliki kandungan protein karena dibuat dari daging ikan. 

5. Mengandung Kalium Klorida

Kalium klorida merupakan garam alternatif dimana hal itu tidak baik untuk kesehatan. Beberapa efek samping yang bisa ditimbulkannya antara lain: otot menjadi lemah, masalah kardiovaskular, bahkan hingga kelumpuhan. Gangguan ini bisa terjadi jika Anda adalah pengkonsumsi rutin surimi.

6. Mengandung Sodium

Walaupun surimi memiliki kandungan lemak yang rendah, namun kandungan lemak yang rendah ini ternyata diimbangi dengan kadar sodium yang tinggi. Perlu diketahui jika sodium adalah kontributor terkenal dalam hal penambahan berat badan.

7. Mengandung Diosdium Inosinate

Disodium Inosinate adalah penambah rasa yang sering dipasangkan dengan monosodium glutamat (MSG). Sayangnya, biasanya pabrik yang memproduksi surimi tidak mencantumkannya karena banyak orang yang menghindari adanya MSG dalam makanannya meski memang kenyataannya ada pada surimi.

8. Mengandung Carmine

Loading...

Jika Anda melihat warna surimi yang kemerahan seperti kepiting, itu sebenarnya berasal dari carmine. Dan tahukah Anda carmine berasal dari mana? Itu berasal dari kumbang merah yang dihaluskan. Lalu penggunaan carmine tidak hanya sebatas pada makanan saja. Pada beberapa produk lipstick populer pun mereka menggunakan carmine sehingga warna lipsticknya terlihat lebih merah.

9. Mengandung Sodium Pryophosphate

Sodium pryophosphate adalah sejenis zat aditif makanan yang merupakan unsur penting dalam pembuatan capit kepiting imitasi surimi. Sayangnya, bahan ini bisa memberikan efek negatif. Menurut situs makanan kesehatan, telah dilaporkan bahwa Sodium pryophosphate dua kali lebih beracun daripada garam meja saat dikonsumsi secara oral. Selain itu, beberapa orang dilaporkan mengalami kram perut, kembung, dan rasa ketidaknyamanan lainnya pada sistem pencernaannya setelah mengkonsumsi surimi.

10. Mengandung Bahan-bahan Lainnya

Togkat kepiting imitasi pada surimi juga mengandung bahan lainnya yang tidak dicantumkan seperti carrageenan dan sorbitol, yang sama sekali tidak dapat dimodifikasi. Efek samping dari penggunaan kedua bahan ini adalah menyebabkan peradangan dan gangguan pada lambung.












Tags: Surimi, Daging Kepiting Imitasi, Kepiting Imitasi

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com