7 Cara Mengurangi Stres versi Psikologi

06-10-2016 (2 months ago)

Stres adalah bentuk ketegangan dari fisik, psikis, emosi maupun mental yang dapat membuat produktivitas menurun, rasa sakit dan gangguan-gangguan mental.

Menurut sebuah studi 2012 Carnegie Mellon yang dipublikasikan dalam Journal of Applied Psychology, ketika peneliti membandingkan tingkat stres yang dilaporkan dari tahun 1983, 2006 dan 2009, mereka menemukan bahwa stres telah meningkat antara 10 sampai 30 persen di semua kategori demografis selama tiga dekade terakhir. Bahkan lebih mengkhawatirkan? Menurut American Psychological Association, hanya 37 persen orang  merasa mereka benar-benar berhasil dalam mengelola stres, sisanya justru menyebabkan efek negatif bagi kesehatan seperti melewatkan makan, berbaring terjaga di malam hari dan makan berlebihan atau makan makanan yang tidak sehat. Jika Anda berada di antara banyak orang yang membutuhkan intervensi stres, pelajari teknik-teknik berikut ini untuk mengurangi stress anda.

Temukan sesuatu yang mampu membuat anda tertawa


Ternyata, tertawa benar-benar dapat menjadi obat terbaik. Sejumlah penelitian, termasuk studi tahun 2003 yang diterbitkan dalam Journal of Alternative Therapies in Health and Medicine, telah menunjukkan bahwa tertawa dapat membantu meringankan perasaan stres. Dan sebuah studi 2008 dari American Physiological Society menemukan bahwa tertawa dapat mengurangi hormon stres.

Berhubungan dengan teman dan keluarga


Melewati hari yang berat dengan sedikit bantuan dari teman, menikmati secangkir kopi dengan teman-teman, mengobrol dengan rekan kerja (bukan tentang pekerjaan) atau bergabung dengan organisasi sosial dapat meningkatkan kesejahteraan emosional Anda. Bahkan, sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam Indian Journal of Psychological Medicine menemukan bahwa mahasiswa yang stres dalam hal akademik akan lebih baik ketika mereka memiliki sekelompok teman sekelas atau teman-teman yang lain. Dan banyak penelitian lain telah menemukan bahwa mereka yang jiwa sosialnya tinggi (dalam kehidupan nyata, bukan hanya online) hidup lebih lama, hidup lebih bahagia. Itu tidak berarti Anda harus menjadi seorang ekstrovert, tapi Anda pasti dapat menuai manfaat dengan memiliki kelompok teman-teman dekat.

Lebih proaktif dan terorganisir


Sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam Personality and Social Psychology Bulletin menemukan bahwa wanita yang rumahnya berantakan atau penuh proyek yang belum selesai, memiliki tingkat stres yang lebih tinggi daripada mereka yang rumahnya bersih dan rapi. Jadi jika meja anda menumpuk tinggi dengan proyek setengah jadi, atau rumah anda dibanjiri dengan cucian kotor, luangkan waktu untuk membereskan semuanya. Tidak semuanya harus sempurna, tetapi memiliki rumah atau ruang kerja yang lebih terorganisir akan membantu anda tetap tenang dan fokus.

Manjakan diri dengan tidur siang


Terlalu sibuk untuk tidur siang? Anda mungkin perlu untuk mempertimbangkannya kembali. Penelitian telah menunjukkan bahwa kekuatan tidur siang 10 menit memiliki kelebihan tersendiri. Mereka yang tidur siang meskipun singkat secara signifikan meningkatkan kewaspadaan dan kinerja kognitif dibandingkan dengan mereka yang tidak tidur siang sama sekali. "Orang-orang benar-benar mendapatkan manfaat yang sama dari tidur siang sebagaimana tidur malam," kata Sara Mednick, asisten profesor di Departemen Psikologi University of California.

Mengambil waktu untuk latihan

 

Bangun dan bergeraklah untuk mengalahkan stres anda. Menurut American Psychological Association, olahraga teratur membantu otak menangani stres dengan melepaskan zat kimia saraf untuk membantu tubuh merespon lebih tepat. "Secara biologis, olahraga tampaknya memberikan tubuh kesempatan untuk berlatih berurusan dengan stres," kata Rod K. Dishman dari University of Georgia. "Ini memaksa sistem fisiologis tubuh, yang semuanya terlibat dalam respon stres. Jadi, semakin anda berolahraga, semakin baik tubuh anda dalam mengurangi stres.

Makan sehat, diet seimbang


Ternyata makanan dapat langsung berdampak pada bagaimana Anda menangani stres dan kecemasan. Mulailah hari anda dengan karbohidrat kompleks seperti gandum. Karbohidrat kompleks menyebabkan otak untuk melepaskan serotonin, sebuah neurotransmitter yang menghasilkan efek menenangkan pada tubuh. Bahkan tindakan sederhana makan sarapan dapat membantu anda mencegah stres. Tapi jangan berhenti dengan sarapan, makan dengan baik sepanjang hari akan menjaga tingkat energi anda.

Mendengarkan musik


Sebuah studi tahun 2011 yang diterbitkan dalam Journal of Advanced Nursing berusaha untuk memeriksa efek musik pada orang-orang yang mengalami stres tinggi. Ditemukan bahwa mereka yang duduk dan mendengarkan musik lebih rendah tingkatan stres yang dirasakan dibandingkan mereka yang duduk diam untuk jangka waktu yang sama. Tetapi jangan takut untuk mendengarkan lagu sedih, karena hal itu justru dapat meningkatkan mood anda, menurut sebuah studi tahun 2013 oleh peneliti Jepang yang diterbitkan dalam Frontiers Journal Psychology.

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel