9 Kebiasaan Buruk Yang  Dapat Merusak Kesehatan Otak Anda
Otak merupakan organ yang sangat penting yang harus selalu dijaga kesehatannya. Beberapa kebiasaan harian anda dapat merusak otak anda.
Otak merupakan organ yang sangat vital bagi tubuh manusia. Otak seperti CPU yang membantu kita untuk berpikir dan melakukan tugas kita sehari-hari. Otak berfungsi sebagai prosesor pada tubuh kita, seperti untuk gerakan, merasakan sesuatu, berfikir, mencium bau dan banyak lainnya. Karena itu sangat penting untuk menjaga otak agar tetap sehat agar kinerjanya tetap baik.

Namun ada beberapa hal yang mungkin kita anggap sepele ternyata dapat merusak otak kita dari waktu ke waktu. Kebiasaan buruk dapat menyebabkan otak kita rusak, akibatnya otak yang rusak dapat menyebabkan sejumlah komplikasi kesehatan di seluruh tubuh anda. Berikut adalah beberapa kebiasaan sepele yang dapat merusak otak kita :

1. Tidak Sarapan di Pagi Hari



Sarapan di pagi hari sangat penting, namun banyak orang yang melewatkan sarapan pagi. Setelah tidur malam, tubuh anda lebih dari 8 jam tidak memakan makanan apapun, sehingga tubuh anda membutuhkan nutrisi yang cukup untuk tetap sehat, termasuk otak anda. Orang-orang yang jarang sarapan pagi biasanya memiliki kadar gula darah yang rendah, dan hal ini tidak baik untuk kesehatan. Kadar gula rendah dapat menyebabkan pasokan nutrisi ke otak anda berkurang, halk ini dapat menyebabkan degenerasi otak. Tidak sarapan pagi juga menyebabkan tubuh anda tidak mendapatkan asupan karbohidrat yang cukup.

2. Makan Berlebihan
 


Makan berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan otak anda. Makan terlalu kenyang dapat membuat anda memiliki kadar lemak yang tinggi, sehingga menyebabkan pengerasan pada pemmbuluh darah otak karena penimbunan lemak pada dinding pembuluh darah. Hal ini dapat mengakibatkan kemampuan otak menurun.

3. Menutup Kepala Saat Tidur



Hal sepele ini juga tidak baik untuk otak anda. Menutup kepala saat tidur dapat meningkatkan asupan karbondioksida dan penurunan supan oksigen. Dalam jangka panjang, hal ini dapat menyebabkan kerusakan otak.

4. Waktu Tidur yang Tidak Cukup



Otak membutuhkan istirahat yang cukup untuk mengoptimalkan kinerjanya. Tidur yang baik adalah selama 7-8 jam, ini akan memastikan otak anda mendapatkan istirahat yang cukup. Tidur terlalu larut akan mempercepat kematian sel-sel otak.

5. Jarang Berbicara



Mereka yang jarang berbicara beresiko tinggi mengalami penurunan efisiensi otak. Percakapan intelektual dan sehat akan membantu mempromosikan efisiensi otak.

6. Terlalu Banyak Tidur



Tidur yang berlebihan juga dapat menyebabkan kerusakan otak anda. Bermalas-malasan dapat membuat otak anda jarang digunakan sehingga mengakibatkan timbulnya berbagai masalah otak, seperti kepikunan.

7.
Kurang Minum Air Putih



Tubuh manusia hampir 70% terdiri dari air. Jadi kerika anda kurang memenuhi asupan cairan dalam tubuh, maka fungsi dan kinerja otak juga akan menurun dengan sendirinya.

8. Sering Menkonsumsi Junkfood dan Fastfood



Makanan serba instan itu tidak baik dan memiliki dampak buruk untuk kesehatan, termasuk kesehatan otak. Karena itu, lebih baik untuk menghindari jenis makanan ini.

9. Merokok



Tidak dapat dipungkiri bahwa merokok memiliki efek begatif untuk tubuh, termasuk kerusakan otak. Kandungan nikotin dalam rokok dapat merukan pembuluh darah, termasuk pembuluh darah otak.

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang mungkin anda anggap sepele namun dapat merusak otak anda. Memang menghilangkan kebiasaan itu tidak mudah, namun lakukan secara perlahan-lahan, jangan terlalu dipaksakan. Dampak dari kerusakan otak memang tidak langsung terasa, namun perlahan-lahan anda akan merasakannya. Ubahlah pola hidup anda mulai dari sekarang, agar tidak menyesal di hari tua.

Artikel ini di tulis oleh Muhazir Ikbal kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

Artikel Terkait