Inilah Cara Mengatasi Rambut Rontok Yang Terbukti Efektif dan Ampuh
Cara mengatasi rambut rontok menggunakan bahan alami bisa menjadi sangat efektif dan juga minim akan resiko. Dan berikut ini adalah cara sederhana yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi rambut rontok kamu.

Cara mengatasi rambut rontok bisa kamu lakukan dengan menggunakan cara medis atau melakukannya dengan memberikan beberapa pengobatan intensif. Sebagai contoh memberikan obat atau seperti tonik untuk rambut agar rambut dan kulit kepala kembali mendapatkan nutrisi yang cukup dan menguatkan akar rambut. Cara mengatasi rambut rontok seperti ini juga terbilang cukup efektif akan tetapi kamu juga harus waspada akan efek samping ketika menggunakan obat anti rambut rontok.

Mengatasi kerontokan rambut bisa juga menggunakan bahan-bahan alami atau biasa disebut dengan pengobatan herbal. Mengatasi rambut rontok dengan menggunakan obat herbal sebenarnya sangat minim akan resiko, karena tidak ada campuran dengan bahan-bahan kimia yang memang bisa membahayakan kulit kepala, seperti terjadi iritasi, kulit kepala melepuh, atau bahkan pembengkakan pada kulit kepala karena pengaruh obat tersebut.

Sudah cukup banyak yang membuktikan bahwa menggunakan bahan-bahan alami dengan pemakaian yang sangat teratur akan mencegah terjadinya kerontokan pada rambut. Dan jika kamu melakukan perawatan rutin terhadap rambut dan juga kuit kepala kamu dengan menggunakan bahan-bahan alami maka kulit kepala dan juga akar rambut kamu sudah bisa dipastikan akan sangat sehat.

Dengan sehatnya akar rambut maka hingga ujung rambut pun juga akan sehat dan tidak akan mengalami kerusakan rambut, seperti rambut terasa kasar, dan juga ujung rambut bercabang, bahkan terjadi perubahan warna pada rambut, seperti kemerahan dan terlihat sangat kusut.

Untuk mencegah terjadinya kerontokan bisa kamu lakukan juga dengan merubah pola hidup sehat, jadi tidak hanya sekedar memberikan nutrisi pada rambut dan juga kulit kepala saja, tapi merubah pola hidup yang lebih sehat juga memberikan pengaruh cukup tinggi bagi kesehatan rambut kamu juga.

Berikut ada beberapa cara mencegah rambut rontok dengan cara dari dalam dan juga perubahan pola hidup yang lebih sehat ;

Banyak minum air putih

Mungkin terdengar sangat sepele akan tetapi tercukupinya kebutuhan tubuh kamu akan air putih atau mineral akan memberikan dampak yang sangat positif bagi kulit, begitu juga dengan kulit kepala. Semakin sehatnya kulit kepala maka akar rambut juga akan sehat dari bawah hingga ujung rambut. Dampaknya seperti kesimbangan kadar minyak pada kulit kepala dan juga rambut dan mencegah timbulnya ketombe sebagai salah satu penyebab rambut rontok.

Mencuci rambut atau keramas secara berkala

Salah satu hal yang bisa mengatasi rambut rontok adalah dengan menjaga kebersihan rambut dan juga kulit kepala. Mencuci rambut atau keramas secara rutin atau berkala akan membersihkan semua kotoran yang ada di rambut dan juga kulit kepala.

Semakin bersih kulit kepala maka mencegah timbulnya kadar minyak pada kulit kepala yang terlalu berlebihan yang bisa menyebabkan kulit kepala semakin cepat kotor. Dan juga akan mencegah timbulnya ketombe atau bahkan yang paling parah adalah tumbuhnya jamur pada kulit kepala. Beberapa hal tersebut sebagai salah satu penyebab rambut rontok.

Pola makan yang sehat

Asupan makan tidak hanya berpengaruh pada kesehatan tubuh kamu saja, tapi secara kompleks juga akan berpengaruh pada kesehatan rambut dan kulit kepala kamu juga. Semakin sering kamu mengkonsumsi makanan berlemak juga akan mengakibatkan timbulnya kadar minyak yang terlalu berlebih pada kulit kepala.

Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran secara cukup dan seimbang akan memberikan cukup banyak nutrisi dan juga vitamin yang cukup untuk membuat kulit kepala kamu semakin sehat. Jika kulit kepala kamu semakin sehat sudah pasti mulai dari akar rambut hingga ujung rambut kamu pun juga akan sehat. Dan ini sebagai salah satu bentuk pencegahan dari kerontokan rambut.

Tidak merokok dan minum alkohol

Nikotin yang ada di rokok dan juga minuman beralkohol akan memberikan pengaruh yang buruk terhadap kulit kamu, tidak hanya kulit tubuh dan wajah saja, akan tetapi pada kulit kepala juga. Merokok dan mengkonsumsi alkohol bisa membuat kulit kepala kamu kering dan ketika kulit kepala terlalu kering maka akan semakin mudah menimbulkan ketombe, yang ujungnya nanti bisa menimbulkan kerontokan pada rambut.

Jika kulit kepala kamu sudah tidak sehat dan terlalu kering, maka rambut kamu juga demikan akan mudah terlihat kusut dan susah untuk diatur dan bahkan ujung rambut pun juga akan bercabang dan pecah-pecah. Maka menghindari kebiasan merokok dan meminum alkohol adalah pilihan yang tepat untuk menghindari kebotakan.

Melakukan olahraga

Tidak hanya badan kamu saja yang akan sehat, akan tetapi rambut kamu pun juga akan sehat. Salah satu manfaat ketika kita sering berolahraga adalah, mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh kita dan bentuk keringat, dan ketika kita olahraga tidak hanya badan kita saja yang berkeringat, akan tetapi bagian kulit kepala kita juga akan mengeluarkan keringat.

Semakin banyak keringat yang kita keluarkan maka semakin banyak racun yang keluar dari tubuh kita, dan khususnya pada kulit kepala maka akan menyeimbangkan kadar minyak dan juga menyehatkan kulit kepala dan juga akar rambut yang imbasnya nanti hingga ke ujung rambut pun juga akan sehat.

Istirahat yang cukup

Terkadang kita mungkin tidak menyadari bahwa salah satu penyebab kerontokan rambut adalah kurangnya istirahat, seperti tidur yang kurang dan tidak berkualitas. Jika kita kurang istirahat atau tidur yang cukup maka kulit juga akan semakin kering begitu juga dengan kulit kepala dan hal inilah yang bisa menimbulkan ketombe pada kulit kepala.

Dengan istirahat atau tidur yang cukup minimal 6 hingga 8 jam sehari maka akan mengurangi tingkat stres dan juga mengistirahatkan pikiran kita. Hal yang paling terlihat adalah rambut akan terlihat sangat kusut, lepek, dan kasar jika kita sering kurang istirahat atau tidur.

Hindari rebonding, catok, dan smoothing

Terlalu sering melakukan rebonding, catok, dan juga rebonding adalah salah satu bentuk mencegah kerontokan pada rambut. Aktifitas seperti bisa sebagai penyebab utama kerontokan rambut, hal ini dikarenakan terlalu banyak obat-obat kimia yang diserap oleh kulit kepala, yang pada akhirnya akan merusak akar kepala.

Minimal lakukan 3 bulan sekali saja untuk rebonding, catok, dan juga smoothing, karena jika terlalu sering maka rambut kamu akan terasa lebih kasar, iritasi pada kulit kepala, dan juga mengakibatkan rambut kamu bercabang. Karena pada dasarnya obat-obat kimia untuk meluruskan rambut memang sangat merusak kulit kepala dan juga rambut itu sendiri.

Dengan melakukan beberapa hal seperti di atas adalah sebagai salah satu cara mencegah rambut rontok dan untuk selebihnya kamu bisa melakukannya dengan berbagai perawatan, baik menggunakan beberapa pengobatan dan juga menggunakan bahan-bahan alami sebagai bahan dasar untuk merawat rambut dan kulit kepala kamu tetap sehat.

Cara mengatasi rambut rontok yang paling direkomendasikan adalah menggunakan bahan-bahan alami, karena dengan menggunakan bahan-bahan alami sangat minim akan resiko, seperti iritasi pada kulit kepala, ketombe, kulit kepala yang berminya, dan lain-lain. Dan berikut ini ada beberapa cara mengatasi rambut rontok menggunakan bahan-bahan alami.

Lidah buaya

Salah satu bahan alami yakni lidah buaya yang paling terkenal dan sudah banyak digunakan untuk campuran kosmetik dan juga bisa dibuat shampo penumbuh rambut alami. Fungsi utama lidah buaya adalah memberikan banyak nutrisi serta vitamin pada kulit kepala dan juga akar rambut yang nantinya juga akan berfungsi untuk memperbaiki jaringan atau sel yang ada di kulit kepala agar kembali sehat.

Dengan demikian maka semakin sehatnya kulit kepala dan juga jaringan selnya akan memperkuat akar dan juga merangsang pertumbuhan rambut baru. Dan ini sebagai salah satu cara merawat rambut dan sebagai bentuk pencegahan dari kerontokan rambut dan sangat minim sekali akan resiko, seperti iritasi atau gatal-gatal pada kulit kepala.

Untuk menggunakan lidah buaya sebagai obat pencegah kerontokan rambut sangatlah mudah, dan berikut ini cara membuatnya ;

  • Ambil beberapa lidah buaya secukupnya, lalu kupas kulitnya dan ambil daging atau gelnya saja
  • Kamu juga bisa memberikan campuran dengan bahan alami lainnya seperti, madu, air jeruk nipis, air daun teh hijau, tumbukan seledri, dan lain-lain. Dan semuanya hampir memilki fungsi yang sama, yakni mencegah kerontokan rambut.
  • Sebelum menggunakan lidah buaya, cuci bersih terlebih dahulu atau keramas, kalau bisa dengan menggunakan air hangat karena air hangat akan membuka pori-pori kulit kepala.
  • Selanjutnya berikan gel lidah buaya pada kulit kepala bisa juga hingga ujung rambut.
  • Ratakan semua gel lidah buaya yang ada di kulit kepala dengan melakukan sedikit pemijatan lembut.
  • Pemijatan bisa kamu lakukan selama 10 hingga 15 menit
  • setelah pemijatan lalu diamkan gel lidah buaya yang ada di kulit kepala kamu minimal 15 menitan, hal ini agar semua nutrisi lidah buaya lebih merasuk di dalam kulit kepala.
  • Lalu bilas semua gel lidah buaya yang ada di kulit kepala dan juga rambut menggunakan air bersih bisa juga dengan air dingin hingga benar-benar bersih.
  • Kamu bisa melakukannya minimal 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Alpukat

Salah satu penyebab rambut rontok adalah kurangnya beberapa vitamin pada kulit kepala, dan salah satunya vitamin E. Alpukat memiliki banyak vitamin di dalamnya dan salah satunya adalah vitamin E dan masih banyak lagi kandungan vitamin dan senyawa lainnya yang ada di dalam buah alpukat, seperti vitamin A, vitamin D, vitamin B6, protein, asam folat, dan lain-lain.

Dengan tercukupinya nutrisi untuk kulit kepala termasuk salah satunya vitamin E, maka akar rambut juga akan semakin sehat hingga ujung rambut. Dan kerontokan rambut yang terjadi bisa dengan mudah kamu cegah hanya menggunakan masker alpukat secara rutin, minimal 3 kali dalam seminggu. Kamu juga bisa membuatnya menjadi shampo penumbuh rambut alami.

Hampir sama seperti lidah buaya, cara menggunakan alpukat sebagai masker kulit kepala dan juga rambut sangatlah mudah, dan berikut ini caranya ;

  • Ambil satu buah alpukat dan belah menjadi dua bagian lalu kamu ambil dagingnya saja.
  • Lembutkan daging alpukat hingga benar-benar lembut, dan kamu juga bisa mengkobinasikan alpukat degan beberapa bahan alami lainnya, seperti lidah buaya, air daun teh hijau, madu, pepaya, air lemon, dan bahan lainnya.
  • Sebelum menggunakan alpukat sebagai masker, lebih baik jika kamu keramas menggunakan air hangat terlebih dahulu, agar pori-pori kulit kepala terbuka dan semakin mudah untuk menyerap semua nutrisi alpukat.
  • Selanjutnya kamu oleskan alpukat yang sudah lembut di kulit kepala, bsa juga hingga ujung rambut.
  • Ratakan alpukat yang ada di kulit kepala dengan memberikan sedikit pemijatan lembut, minimal pemijatan 10 hingga 15 menitan.
  • Setelah itu diamkan masker alpukat di kulit kepala kamu minimal 15 hingga 20 menitan.
  • Setelah itu bilas masker alpukat yang ada di kulit kepala dan juga rambut kamu degan menggunakan air bersih, bisa juga menggunakan air dingin.
  • Lakukan minimal 3 kali dalam seminggu menggunakan terapi buah alpukat untuk perawatan rambut rontok.

Daun teh hijau

Salah satu obat herbal yang terbukti cukup efektif untuk mengobati rambut rontok adalah air rebusan daun teh hijau. Hal ini karena ada beberapa kandungan yang ada di daun teh hijau yang memang berfungsi mengobati rambut rontok. Senyawa katekin polifenol dan katekin flavanol adalah senyawa kimia yang bisa mengembalikan kesehatan kulit kepala sehingga mampu mengatasi terjadinya kerontokan rambut bahkan bisa dijadikan sebagai obat penumbuh rambut alami.

Tidak cukup di situ saja, daun teh hijau juga akan memberikan berbagai nutrisi serta vitamin pada kulit kepala dan juga rambut kamu. Daun teh hijau memiliki kandungan seperti mineral, asam amino, vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan masih banyak lagi lainnya yang akan membuat kulit kepala kamu kembali sehat dan juga akar rambut hingga ujung rambutpun juga akan semakin sehat.

Air rebusan daun teh hijau bisa kamu jadikan sebagai campuran dengan bahan alami lainnya yang lebih bersifat gel, seperti lidah buaya, alpukat, pepaya, dan lain-lainnya. Jika hanya menggunakan daun teh hijau saja, membuatnya pun juga sangat mudah. Berikut ini cara menggunakan air daun teh hijau sebagai obat rambut rontok ;

  • Ambill beberapa daun teh hijau, sama seperti kamu membuat teh tetapi sedikit lebih banyak daun teh hijaunya agar sedikit lebih kental.
  • Rebus daun teh hijau dengan sedikit air saja bisa hanya satu gelas air bersih, lalu rebus hingga benar-benar mendidih.
  • Lalu diamkan hingga air rebusan daun teh hijau benar-benar hangat atau dingin.
  • Sebelum menggunakan air rebusan daun teh hijau, keramas menggunakan shampo biasa dengan menggunakan air hangat. Menggunakan air hangat ketika keramas sangat penting karena akan memudahkan pori-pori kulit kepala menyerap semua kandungan yang ada di daun teh hijau.
  • Setelah keramas, maka gunakan air rebusan daun teh hijau seperti kamu menggunakan tonik dan ratakan ke seluruh kulit kepala, bisa juga hingga ujung rambut.
  • Lakukan sedikit pemijatan lembut pada kulit kepala, minimal 10 hingga 15 menit. Hal ini juga penting kamu lakukan karena kulit kepala kamu akan menyerap lebih banyak kandungan daun teh hijau.
  • Diamkan selama 15 hingga 20 menitan, lalu kamu bilas hingga benar-benar bersih dan tidak ada lagi sisa air daun teh hijau di kulit kepala dan juga rambut kamu.
  • Kamu bisa mengulanginya, minimal 3 kali dalam seminggu agar hasilnya jauh lebih maksimal, dan juga merangsang tumbuhnya rambut baru.

Minyak kemiri

Salah satu bumbu dapur yang benar-benar ampuh untuk mengatasi masalah rambut adalah minyak kemiri. Minyak kemiri sudah dipercaya oleh nenek moyang kita dulu untuk mengatasai berbaga masalah rambut, seperti menghitamkan rambut, meluruskan rambut, mengatasi kerontokan rambut, dan juga merangsang pertumbuhan rambut.

Minyak kemiri memiliki beberapa kandungan senyawa kimia yang memang cukup efektif untuk mengatasi masalah rambut, dalam hal ini mencegah rambut rontok. Seperti asam linoleic atau asam lemak tak jenuh yang berfungsi sebagai anti radang dan sebagai pelembab, lalu ada asam linolenic yang berfungsi sebagai penunjuang pertumbuhan dan juga perkembangan.

Jadi minyak kemiri tidak hanya sebagai obat rambut rontok saja, akan tetapi juga akan memberikan rangsangan untuk menumbuhkan rambut secara alami. Selain dapat mencegah terjadinya kerontokan rambut, tapi juga akan menumbuhkan rambut baru lagi, hal ini karena nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit kepala sangat mencukupi untuk menumbuhkan rambut baru lagi.

Untuk membuat minyak kemiri sendiri cukuplah mudah, jadi akan lebih terjamin keasliannya daripada kamu harus membeli dalam bentuk kemasan yang belum tentu keasliannya. Dan berikut ini cara membuat minyak kemiri dan menggunakan minyak kemiri sebagai obat pencegah rambut rontok dan menumbuhkan rambut.

Cara membuat minyak kemiri ;

  • Ambil beberapa biji kemiri minimal 10 hingga 20 kemiri, dan cucu hingga kemiri benar-benar bersih.
  • Lalu kamu tumbuk kemiri hingga halus, untuk memudahkan menghaluskan kemiri bisa kamu campur dengan sedikit air.
  • Setelah kemiri benar-benar halus dan juga lembut, kemudian ambil kain tipis dan masukan semua kemiri yang sudah lembut dalam kain tersebut.
  • Lalu peras kain tersebut dan taruh air perasan kemiri di dalam wadah.
  • Sesudah semua perasan menghasilkan air yang cukup lalu rebus air perasan kemiri hingga benar-benar mendidih dan warnanya berubah menjadi kecoklatan dan menjadi minyak kemiri.
  • Dan hasil rebusan air yang menjadi minyak itu tadi yang digunakan untuk terapi rambut rontok.

Cara menggunakan kemiri untuk obat kerontokan rambut ;

  • Minyak kemiri bisa saja kamu campur dengan beberapa bahan alami lainnya, tapi juga bisa hanya dengan minyak kemiri saja sudah cukup ampuh untuk mengatasi kerontokan rambut.
  • Sebelum menggunakan minyak kemiri, keramas terlebih dahulu menggunakan shampo yang biasa kamu pakai dengan menggunakan air hangat, agar semua pori-pori kulit kepala semakin terbuka untuk bisa menyerap kandungan minyak kemiri.
  • Setelah itu oleskan minyak kemiri secara merata mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut.
  • Setelah semuanya merata maka lakukan pemijatan pada kulit kepala agar semakin merasuk ke dalam kulit kepala
  • Lakukan pemijatan selama kurang lebih 10 hingga 15 menit
  • Setelah pemijatan maka diamkan minyak kemiri di kulit kepala dan rambut selama 15 hingga 20 menitan
  • Lalu kamu bilas hingga bersih semua minyak kemiri yang ada pada kulit kepala hingga ujung rambut
  • Kamu bisa mengulangnya minimal 3 kali dalam seminggu agar pertumbuhan rambut baru semakin cepat.

Minyak zaitun

Pada dasarnya minyak zaitun memiliki kandungan lemak tak jenuh yang benar-benar memberikan banyak manfaat bagi tubuh, maka tak heran jika minyak zaitun dijadikan campuran untuk berbagai obat dan juga dipakai sebagai pengobatan.

Cukup banyak kandungan vitamin yang ada di dalam minyak yang dihasilkan dari buah zaitun ini. Seperti vitamin, C, vitamin E, vitamin K, dan berbagai macam senyawa lainnya. Degan berbagai macam kandungan yang ada di dalam minyak zaitun ini maka tidak heran juga jika minyak zaitun hampir sama seperti minyak kemiri, yakni bisa menjadi obat pencegah kerontokan rambut dan juga merangsang pertumbuhan rambut.

Karena di Indonesia cukup jarang yang menjual buah zaitun, maka kamu bisa membeli di supermarket atau online shop yang benar-benar terjaga akan keasliannya. Dan untuk menggunakannya pun juga sangat mudah, hampir sama seperti minyak kemiri. Berikut ini cara menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi kerontokan rambut ;

  • Sebelum menggunakan minyak zaitun, cuci bersih rambut kamu atau bisa dengan keramas menggunakan shampo yang biasa kamu gunakan
  • Gunakan air hangat ketika keramas, agar minyak zaitun semakin masuk ke dalam pori-pori kulit kepala kamu.
  • Lalu oleskan minyak zaitun pada kulit kepala dan juga rambut hingga ujung rambut kena minyak zaitun, dan ratakan di semua bagian kulit kepala dan juga rambut bagian dalam.
  • Lakukan pemijatan lembut pada kulit kepala agar kandungan minyak zaitun semakin terserap ke dalam kulit kepala
  • Lakukan pemijatan kurang lebih 10 hingga 15 menitan
  • Lalu diamkan minyak zaitun di kulit kepala dan juga rambut minimal 15 hingga 20 menitan.
  • Setelah itu bilas hingga bersih dan tidak ada lagi sisa minyak zaitun di kulit kepala dan juga di rambut.
  • Kamu bisa menggunakan minyak zaitun sebagai terapi untuk mencegah kerontokan rambut minimal 3 kali dalam seminggu.

Daun seledri

Salah satu bahan alami yang juga dapat mencega terjadinya kerontokan rambut adalah daun seledri. Daun seledri memiliki cukup banyak kandungan vitamin di dalamnya, termasuk vitamin E yang memang sangat dibutuhkan oleh kulit kepala, agar membantu menumbuhkan jaringan sel-sel baru pada kulit kepala.

Tidak cukup vitamin E saja, akan tetapi ada kandungan vitamin C, vitamin A, vitamin B1, dan senyawa lainnya yang bisa menunjang untuk pertumbuhan rambut baru lagi. Dengan penggunaan yang rutin dan juga teratur maka hanya dengan daun seledri saja bisa membantu mencegah dan juga untuk perawatan rambut rontok.

Daun seledri bisa kamu gunakan sebagai campuran degan bahan alami lainnya, atau hanya cukup menggunakan daun seledri saja pun juga sudah cukup untuk mengembalikan kesuburan rambut kamu. Untuk penggunaannya pun juga sangat sederhana dan hampir sama seperti menggunakan bahan-bahan alami lainnya. Berikut ini cara menggunakan daun seledri untuk mencegah rambut gugur ;

  • Ambil beberapa daun seledri secukupnya dan cuci daun seledri hingga benar-benar bersih.
  • Lalu tumbuk daun seledri hingga lembut, dan kamu bisa mencampurinya dengan beberapa bahan alami yang sifatnya cair, seperti minyak zaitun, minyak kemiri, madu, air lemon, atau bahan alami lainnya.
  • Sebelum menggunakan daun seledri sebagai obat pencegah kerontokan rambut, sebaiknya cuci bersih rambut kamu terlebih dahulu atau keramas menggunakan shampo yang biasa kamu gunakan.
  • Gunakan air hangat untuk mencuci rambut atau keramas, agar pori-pori kulit kepala semakin terbuka dan memudahkan untuk menyerap semua nutrisi yang ada di daun seledri.
  • Lalu oleskan daun seledri yang sudah lembut pada kulit kepala dan juga rambut kamu.
  • Lakukan sedikit pemijatan pada kulit kepala dan juga meratakan daun seledri agar semua bagian kulit kepala terkena daun seledri.
  • Lakukan pemijatan selama 10 hingga 15 menitan, lalu diamkan daun seledri selama 15 hingga 20 menitan agar nutrisi yang ada di daun seledri semakin merasuk ke dalam kulit kepala.
  • Lalu bilas rambut kamu hingga benar-benar bersih
  • Kamu bisa melakukan terapi untuk mencegah rambut rontok menggunakan daun seledri minimal 3 kali dalam seminggu.

Pisang

Salah satu buah yang memiliki kandungan berbagai macam vitamin adalah buah pisang. Dengan nutrisi dan vitamin yang cukup banyak, maka salah satu manfaat buah pisang juga bisa kamu jadikan masker untuk kulit kepala dan juga rambut kamu. Kandungan multivitaminnya akan memberikan nutrisi pada jaringan sel kulit kepala untuk mencegah terjadinya kerontokan pada rambut dan juga merangsang pertumbuhan rambut baru.

Kandungan buah pisang seperti vitamin C dan vitamin E akan membantu meremajakan kulit kepala serta memberikan cukup nutrisi untuk merangsang pertumbuhan rambut dan juga menguatkan akar rambut. Belum lagi adanya vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan senyawa kimia lainnya seperti riboflavin juga akan membantu menyehatkan kulit kepala.

Penggunaan pisang sebagai obat untuk terapi mengatasi rambut rontok juga sangat mudah, hampir sama seperti menggunakan bahan alami lainnya, seperti alpukat, lidah buaya, dan lain-lain. Dan berikut ini cara menggunakan pisang sebagai obat pencegah kerontokan rambut ;

  • Kamu bisa menggunakan pisang, seperti pisang raja, pisang cavendish, pisang ambon, pisang hijau.
  • Ambil 1 buah pisang, lalu kamu blender agar lebih lembut, dan tidak perlu mencampurnya dengan air.
  • Kamu juga bisa menggunakan bahan lainnya untuk mencampurnya dengan pisang, seperti minyak zaitun, madu, air lemon, air daun teh hijau, alpukat, dan lain-lain.
  • Sebelum menggunakan pisang untuk masker kulit kepala dan rambut, sebaiknya kamu cuci bersih rambut kamu terlebih dahulu, atau keramas menggunakan shampo yang biasa dipakai.
  • Gunakan air hangat ketika kamu mencuci rambut kamu, agar semakin banyak nutrisi di dalam buah pisang yang diserap oleh pori-pori kulit kepala.
  • Lalu oleskan buah pisang yang sudah lembut pada kulit kepala serta rambut kamu, seperti halnya kamu memakai kondisioner.
  • Dan lakukan pemijatan yang lembut pada kulit kepala kamu, hal ini wajib kamu lakukan agar kulit kepala semakin banyak menyerap semua nutrisi buah pisang.
  • Lakukan pemijatan minimal 10 hingga 15 menitan
  • Lalu diamkan masker buah pisang di kulit kepala dan juga rambut minimal 15 hingga 20 menitan
  • Setelah itu cuci hingga bersih rambut kamu menggunakan air hingga tidak ada lagi masker pisang yang masih menempel pada kulit kepala dan juga rambut kamu.
  • Kamu bisa mengulangi minimal 3 kali dalam seminggu untuk terapi mencegah kerontokan rambut menggunakan buah pisang.
(Baca Juga: Manfaat Daun Kemangi Sebagai Obat Mujarab Jerawat dan Flek Hitam)


Pepaya

Hampir sama dengan alpukat atau buah pisang, buah pepaya juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit kepala, hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalam buah pepaya sangat mencukupi untuk membuat kulit kepala semakin sehat, seperti terbangunnya jaringan sel-sel baru di kulit kepala, dan juga mencegah adanya iritasi pada kulit kepala, lebih daripada itu pepaya bisa kamu pakai sebagai salah satu cara merawat rambut kamu agar lebih sehat.

Dengan tercukupinya kebutuhan akan nutrisi maka kulit kepala akan semakin menguatkan akar rambut, sehingga kerontokan pada rambut tidak akan terjadi. Kandunga nyang cukup penting yang ada di dalam buah pepaya adalah, vitamin C, flavonoid, karoten dan beberapa vitamin lainnya. Tidak hanya mencegah dan mengobati kerontokan rambut saja, akan tetapi pepaya juga akan mengembalikan rambut kamu yang rusak dan kasar.

Dan pepaya juga bisa kamu kombinasikan degan beberapa buah lainnya atau bisa juga dengan bahan alami yang memiliki sifat cair, seperti minyak zaitun, air lemon, air daun teh hijau, minyak kemiri, dan lainnya. Meski menggunakan kombinasi bahan lainnya atau hanya menggunakan buah pepaya saja, akan tetap aman dan tanpa efek samping. Dan berikut ini cara membuat pepaya sebagai obat kerontokan rambut ;

  • Kupas buah pepaya lalu potong buah pepaya secukupnya.
  • Lembutkan buah pepaya menggunakan blender, jika menginginkan beberapa campuran dengan bahan lainnya, kamu bisa melembutkan secara bersamaan menggunakan blender.
  • Sebelum mengoleskan pepaya di kulit kepala dan juga rambut, cuci bersih terlebih dahulu rambut kamu atau keramas menggunakan shampo hingga benar-benar bersih
  • Gunakan air hangat ketika mencuci rambut atau keramas, karena pori-pori kulit kepala akan semakin teruka dan memudahkan untuk menyerap nutrisi yang ada di dalam buah pisang.
  • Setelah itu keringkan, terutam pada bagian kulit kepala
  • Setelah kulit kepala kering, lalu kamu oleskan masker pepaya pada kulit kepala hingga ujung rambut.
  • Lakukan pemijatan yang lembut pada kulit kepala dan juga meratakan semua masker pepaya di kulit kepala kamu
  • Lakukan pemijatan pada kulit kepala minimal 10 hingga 15 menitan
  • Lalu diamkan masker pepaya tetap berada di kulit kepala dan juga rambut, minimal 15 hingga 20 menitan
  • Setelah itu bilas sampai bersih dan tidak ada lagi sisa masker pepaya di kulit kepala dan juga di rambut kamu.
  • Ulangi terapi menggunakan pepaya minimal 3 kali dalam seminggu, agar kerontokan pada rambut tidak semakin parah.

Air lemon

Salah satu penyebab kerontokan rambut adalah timbulnya ketombe yang terkadang disertai iritasi pada kulit kepala, dengan menggunakan air lemon sebagai antioksidan, maka akan menyembuhkan iritasi pada kulit, dan juga mencegah timbulnya ketombe yang terlalu berlebihan.

Air lemon yang benar-benar memiliki kandungan terbanyak adalah vitamin C selain mengembalikan kesehatan kulit kepala tapi juga akan menyeimbangkan kadar minyak yang ada di kulit kepala dan juga rambut agar tidak semakin lepek. Apalagi di dukung dengan kandungan vitamin E pada air lemon, maka akan semakin lengkap nutrisi yang diberikan pada kulit kepala.

Air lemon akan lebih baik jika mencampurnya dengan bahan alami seperti buah pisang, buah pepaya, buah alpukat, dan lain-lain, atau kamu juga bisa hanya menggunakan air lemon saja untuk terapi penyembuhan kerontokan rambut. Dan berikut ini cara menggunakan air lemon sebagai obat rambut rontok ;

  • Ambil 1 atau 2 buah lemon segar, lalu cuci hingga bersih dan kupas kulit lemon dan ambil buahnya saja
  • Lembutkan buah lemon menggunakan blender, jika kamu ingin mengkombinasikan beberapa bahan alami lainnya kamu bisa memblendernya secara bersamaan.
  • Sebelum menggunakan masker lemon untuk mencegah rambut rontok, kamu bisa mencuci rambut kamu atau keramas menggunakan shampo yang biasa kamu pakai.
  • Wajib menggunakan air hangat agar pori-pori kulit kepala semakin terbuka dan mampu menyerap nutrisi lemon lebih banyak.
  • Setelah keramas keringkan rambut, minimal pada bagian kulit kepala kamu kering.
  • Lalu kamu oleskan air lemon atau masker lemon mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut secara merata.
  • Lakukan pemijatan lembut pada kulit kepala agar semakin banyak kandungan lemon yang terserap oleh kulit kepala
  • Lakukan pemijatan minimal 10 hingga 15 menitan hingga semua lemon benar-benar merata di semua kulit kepala dan juga semakin banyak nutrisi lemon yang terserap ke dalam kulit kepala.
  • Lalu diamkan air lemon di kulit kepala dan juga rambut minimal 15 hingga 20 menitan
  • Setelah itu bilas hingga benar-benar bersih dan tidak ada lagi lemon yang masih tersisa di kulit kepala dan juga rambut.
  • Ulangi minimal 3 kali dalam seminggu, agar kerontokan pada rambut kamu semakin berkurang, dan semakin merangsang pertumbuhan rambut baru.

Dengan menggunakan bahan-bahan alami kerontokan pada rambut yang sudah terjadi bisa semakin berkurang, asal kamu menggunakan bahan-bahan alami seperti di atas secara teratur. Meski hasilnya terbilang lebih variatif bisa mendapatkan hasil yang lebih cepat dan terkadang membutuhkan waktu agar benar-benar rambut yang rontok semakin berkurang.

Cara mengatasi rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami sangat minim akan resiko jika dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan kimia. Salah satunya resko menggunakan obat-obatan kimia adalah terjadinya iritasi pada kulit kepala. Jadi cara mengatasi rambut rontok dengan menggunakan bahan alami akan semakin efektif jika kamu rutin menggunakannya.

Artikel ini di tulis oleh Rony Afina kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang
Loading...
loading...

Artikel Terkait

close