Cara Merawat Rambut Agar Seperti Bintang Iklan Shampo
Cara merawat rambut agar lebih sehat bisa kamu dapatkan hanya dengan menggunakan bahan alami saja yang jauh lebih aman dan juga membuat rambut kamu tetap sehat.

Tidak hanya wanita saja tapi juga pria akan menganggap bahwa rambut adalah mahkota. Jadi selayaknya mahkota harus  benar-benar dijaga, dirawat, dan kita berikan perhatian yang lebih. Dan terkadang seseorang juga bisa dilihat dari rambutnya, jika rambutnya benar-benar tertata rapi, bersih, dan terawat maka begitu juga dengan seluruh bagian tubuhnya.

 Jadi pada intinya melakukan perawatan pada rambut juga sama pentingnya dengan merawat bagian tubuh kita lainnya, seperti pada muka, kulit tubuh, dan bagian tubuh kita lainnya. Karena jika rambut itu memang sebagai mahkota kita, maka ketika rambut itu benar-benar bersih dan berkilau dan juga sangat rapi maka bisa sebagai cerminan kepribadian kita.

Cara merawat hampir sama dengan perawatan tubuh kita yang lainnya, seperti perawatan pada kulit wajah atau kulit tubuh secara keseluruhan. Ada perawatan rambut yang hanya menggunakan bahan-bahan alami saja atau bisa juga dengan perawatan di salon kecantikan yang biasanya menggunakan bahan non alami.

Akan tetapi perawatan kulit sudah pasti ada perbedaanya jika dibandingkan dengan perawatan rambut, selain menggunakan bahan alami atau non alami untuk merawat rambut bisa juga dengan pemotongan ujung rambut jika memang rambut kamu bercabang. Hal seperti ini juga termasuk merawat rambut agar terlihat lebih sehat.

Cara merawat rambut di dalam artikel ini mulai dari perawatan secara alami atau dengan menggunakan bahan-bahan alami yang dibuat sebagai shampo alami, dan juga menggunakan non alami seperti menggunakan shampo dan juga beberapa perawatan yang biasa di lakukan salon kecantikan.

Cara merawat rambut menggunakan lidah buaya

Lidah buaya sudah sangat umum sekali, dan banyak sekali orang yang menggunakan lidah buaya untuk merawat rambut, bahkan tak jarang juga salon-salon kecantikan juga menggunakan lidah buaya. Karena lidah buaya memang memiliki banyak kandungan yang mampu menyehatkan rambut dan juga menjaga kulit kepala tetap sehat.

Cukup banyak penelitan yang sudah membuktikan bahwa lidah buaya memiliki kandungan yang memang bermanfaat khususnya untuk kesehatan rambut. Hal ini karena cukup banyak kandungan lidah buaya, seperti protein, asam amino, dan juga beberapa vitamin seperti vitamin C, vitamin E, vitamin A, dan masih banyak lagi kandungan bisa membuat rambut kamu tetap sehat.

Dan berikut ini beberap manfaat lidah buaya bagi rambut ;

  • Lidah buaya menyeimbangkan rambut yang berminyak

Kandungan astringent alami pada lidah buaya akan mengontrol minyak yang terlalu berlebih pada rambut dan juga kulit kepala. Tidak hanya pada rambut yang berminyak saja tapi juga bisa untuk rambut kering, karena fungsi gel dari lidah buaya akan menyeimbangkan minyak yang ada pada rambut dan juga kulit kepala.

  • Lidah buaya dapat menghilangkan ketombe

Jika kamu rutin menggunakan lidah buaya baik kamu campur dengan shampoo atau hanya menggunakan lidah buaya saja, maka kamu bisa memiliki rambut indah tanpa ketombe. Karena jika masih ada ketombe di kulit kepala kamu, maka rambut kamu juga tidak akan terlihat sehat.

  • Lidah buaya dapat mencegah kerontokan rambut

Banyaknya nutrisi dan juga vitamin yang ada di dalam lidah buaya akan memberikan banyak nutrisi pada kulit kepala, yang akhirnya akan  menguatkan akar rambut, dan juga sebagai perangsang untuk pertumbuhan rambut yang baru. Jadi menggunakan lidah buaya saja bisa mengatasi rambut rontok.

  • Lidah buaya dapat mencegah seborrhea di kulit kepala

Salah satu penyebab rontoknya rambut adalah seborrhea, yakni sebum atau minyak yang terlalu banyak pada kulit kepala dan sudah bercampur dengan banyak kotoran akan menempel pada kulit kepala yang bisa merusak folikel rambut. Yang paling parah adalah minyak dan kotoran ini tadi akan membentuk kerak dan menempel pada kulit kepala, dan ketika hal ini sudah terjadi maka kamu harus melakukan pengobatan secara medis.

  • Lidah buaya sebagai pengganti kondisioner

Salah satu kondisioner alami yang terbukti mampu membuat rambut kamu lebih lembut adalah lidah buaya. Karena lidah buaya akan melembabkan mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut. Lidah buaya cocok digunakan untuk rambut kering maupun rambut yang berminyak, karena lidah buaya akan menyeimbangkan kandungan minyak pada kulit kepala.

Cara merawat rambut dengan lidah buaya cukup mudah, kamu hanya butuh beberapa lidah buaya saja dan bisa menggunakannya cukup degan lidah buaya saja atau dengan beberapa campuran bahan alami lainnya, baik yang sifatnya cair maupun sama-sama gel, seperti air jeruk nipis untuk yang bersifat cair, atau bisa juga dengan alpukat. Lidah buaya juga bisa kamu gunakan untuk perawatan rambut panjang alami.

Cara menggunakan lidah buaya untuk perawatan rambut ;

  • Ambil beberapa lidah buaya, lalu cuci hingga bersih
  • Kupas kulit lidah buaya dan ambil gelnya saja, lalu kamu taruh di dalam mangkuk
  • Kamu bisa mencampurnya dengan beberapa bahan alami lainnya, seperti jeruk nipis, minyak zaitun, minyak atsiri, alpukat, dan lain-lain.
  • Dan kamu juga bisa mencampurnya dengan shampoo yang biasa kamu pakai.
  • Jika hanya menggunakan lidah buaya saja, maka lembutkan gel lidah buaya hingga benar-benar halus.
  • Sebelum kamu gunakan cuci bersih rambut kamu terlebih dahulu, kamu juga bisa menggunakan air hangat ketika mencuci rambut, karena air hangat akan membuka pori-pori kulit kepala agar semua kandungan nutrisi dan juga vitamin kulit kepala lebih masuk ke kulit.
  • Lalu usapkan lidah buaya yang sudah lembut pada rambut dan juga kulit kepala
  • Lakukan sedikit pemijatan pada kulit kepala, dan diamkan selama 10 hingga 15 menit
  • Setelah itu bilas semua gel lidah buaya yang ada di rambut kamu hingga bersih
  • Kamu bisa mengulangi menggunakan terapi lidah buaya untuk rambut kamu sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Cara merawat rambut menggunakan alpukat

Alpukat tidak hanya dipakai untuk perawatan kulit saja, tapi juga untuk rambut dan juga kulit kepala. Apalagi jika kamu mempunyai tipe rambut kering, maka alpukat akan membantu untuk menyeimbangkan agar tetap melembabkan dan terlihat lebih sehat. Tapi alpukat juga bisa digunakan oleh tipe rambut yang berminyak, karena nantinya alpukat akan mengontrl minyak yang ada di kulit kepala.

Alpukat memiliki banyak kandungan nutrisi dan juga vitamin yang akan menyehatkan rambut kamu dan juga kulit kamu akan tetap bersih. Beberapa kandungan yang ada di dalam alpukat, adalah, asam, amino, protein, asam folat, vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin B6 dan masih banyak lagi senyawa yang menyehatkan lainnya.

Manfaat alpukat untuk kesehatan kulit kepala dan rambut ;

  • Alpukat dapat melembabkan rambut kering

Salah satu keunggulan alpukat untuk rambut adalah mengatasi tipe rambut yang kering, dengan menggunakan alpukat rambut kamu akan lebih lembab, karena alpukat bisa sebagai ganti kondisioner alami.

  • Alpukat dapat mencegah timbulnya ketombe

Ketika rambut kamu kering, maka bagian kulit kepala pun juga bisa dipastikan kering, dan ini akan semakin mudah menimbulkan ketombe. Dengan menggunakan terapi buah alpukat maka kulit kepala kamu akan semakin lembab, dan alpukat juga akan mengontrol kadar minyak yang ada di kulit kepala.

  • Alpukat dapat mencegah kerontokan rambut

Kandungan vitamin E yang cukup tinggi yang ada di dalam buah alpukat, akan meberikan nutrisi pada kulit kepala, dan secara otomatis akan menguatkan akar rambut. Hal ini karena banyaknya nutrisi alpukat seperti vitamin E yang diserap oleh kulit kepala.

  • Alpukat dapat melembutkan rambut dan rambut semakin berkilau

Kandungan selain vitamin E ada juga vitamin C dan senyawa flavonoid yang ada di dalam buah alpukat. Kandungan seperti itulah yang akan membersihkan semua kotoran yang ada di kulit kepala dan juga di rambut. Tidak hanya itu saja, tapi alpukat juga membuat rambut kamu lebih berkilau dan sangat mudah untuk diatur, karena dengan menggunakan alpukat sebagai kondisioner maka rambut kamu akan semakin lembut.

Cara menggunakan alpukat untuk perawatan rambut ;

  • Ambil beberapa buah alpukat 1 hingga 2 buah alpukat, lalu kamu belah menjadi beberapa bagian agar lebih mudah untuk mengambil dagingnya.
  • Ambil daging buah alpukat dan masukkan ke dalam blender, lalu blender hingga alpukat berubah menjadi lembut seperti jus alpukat
  • Kamu juga bisa mencampurnya dengan bahan alami lainnya, bisa buah-buahan atau dengan bahan lainnya yang lebih bersifat cair, seperti minyak zaitun, perasan jeruk nipis, atau dengan sedikit air.
  • Sebelum menggunakan alpukat sebagai kondisioner rambut, kamu bisa mencuci rambut kamu terlebih dahulu atau bisa juga dengan keramas.
  • Setelah rambut kamu bersih, maka oleskan alpukat yang sudah lembut tadi pada rambut dan juga kulit kepala.
  • Lakukan sedikit pemijatan pada kulit kepala, dan mengusap alpukat hingga merata pada rambut, selama 10 hingga 15 menit
  • Lalu kamu bilas hingga bersih, dan tidak ada lagi alpukat yang masih tersisa di rambut dan juga kulit kepala.
  • Kamu bisa melakukan terapi menggunakan alpukat setidaknya 2 hingga 3 kali dalam seminggu, agar rambut kamu semakin lembut dan berkilau.

Cara merawat rambut dengan pisang

Salah satu buah yang sangat kaya akan nutrisi dan juga vitamin di dalamnya, yakni buah pisang. Kamu bisa menggunakan beberapa jenis pisang, seperti pisang raja, pisang ambon, pisang hijau, pisang cavendish. Dan hampir semuanya memiliki vitamin yang sangat seimbang, maka dengan banyaknya kandungan itulah pisang bisa dijadikan sebagai masker rambut atau kondisioner untuk rambut.

Cara merawat rambut dengan buah pisang memang sudah banyak yang mempercayai dan memakainya, karena buah pisang memiliki kandungan, seperti vitamin A, vitamin B1 atau tiamin, vitamin B2 atau riboflavin, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan masih banyak lagi senyawa yang mampu menyehatkan rambut dan juga kulit kepala kamu.

Manfaat buah pisang untuk perawatan rambut ;

  • Pisang dapat mencegah rambut kering

Dengan menggunakan pisang untuk terapi atau pengganti kondisioner, maka akan mencegah rambut kamu yang kering dan bahkan juga ketombe yang menempel di kulit kepala akan segera hilang jika kamu rutin memakai pisang sebagai ganti kondisioner, minimal 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

  • Pisang dapat mencegah kerontokan rambut

Rontoknya rambut salah satunya adalah kurangnya nutrisi yang diserap oleh kulit rambut, dan akhirnya akar rambut tidak cukup kuat. Dan masalah seperti bisa kamu atasi dengan menggunakan pisang, karena banyaknya vitamin yang ada pada pisang yang akan kembali meremajakan kulit kepala kamu.

  • Pisang dapat melembutkan rambut

Tingginya vitamin E yang ada di dalam buah pisang akan membuat rambut kamu semakin lembut, dan sangat mudah untuk diatur. Oleh sebab itu buah pisang bisa sebagai pengganti kondisioner dari bahan alami.

  • Pisang dapat membuat rambut lebih bercahaya

Salah satu dambaan dari seorang wanita adalah memiliki rambut yang bercahaya atau berkilau layaknya model iklan shampoo. Jika kamu mau rutisn menggunakan pisang minimal 2 kali dalam seminggu, maka memiliki rambut yang bercahaya dan berkilau sudah bukan lagi menjadi impian tapi berubah menjadi kenyataan.

Cara menggunakan pisang untuk perawatan rambut ;

  • Ambil 1 hingga 2 buah pisang jenis apa saja, pilihan terbaiknya adalah pisang raja, pisang cavendish, dan pisnag ambon.
  • Kupas kulit pisang lalu masukkan daging pisang ke dalam blender, dan tunggu hingga pisang menjadi lembut dan halus.
  • Kamu juga mengkombinasikan buah pisang dengan beberapa bahan alami lainnya, dan aduklah hingga bercampur merata.
  • Sebelum kamu menggunakan pisang untuk masker atau kondisioner rambut, sebaiknya kamu cuci bersih rambut kamu terlebih dahulu atau bisa juga dengan keramas.
  • Sekarang tinggal kamu oleskan pisang yang sudah lembut pada rambut kamu dan kulit kepala hingga semuanya merata.
  • Lakukan sedikit pemijatan lembut pada kulit kepala dan juga mengusap rambut agar rambut bagian dalam juga terkena masker pisang.
  • Lalu kamu bisa menunggunya sekitar 10 hingga 15 menit
  • Setelah itu bilas buah pisang yang ada di rambut hingga semuanya bersih dan tidak ada lagi yang tersisa di kulit kepala.
  • Kamu bisa melakukan terapi perawatan rambut dengan menggunakan pisang setiadaknya 2 hingga 3 kali dalam seminggu, agar mendapatkan hasil yang maksimal, dan memiliki rambut layaknya bintang iklan shampoo.

 Cara merawat rambut menggunakan pepaya

Salah satu buah yang juga memiliki banyak kandungan vitamin dan senyawa positif yang tak kalah dari pisang dan buah lainnya adalah pepaya. Buah pepaya memiliki banyak vitamin di dalamnya, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalori, lemak, flavonoid, karoten, dan senyawa-senyawa positif lainnya.

Dengan begitu banyaknya kandungan yang ada di dalam buah pepaya maka tidak heran jika pepaya tidak hanya dijadikan masker untuk kulit saja tapi juga untuk menyehatkan rambut juga, agar rambut lebih bercahaya dan tidak mengalami kerusakan, seperti rontoh, pecah-pecah atau bercabang.

Manfaat pepaya untuk perawatan rambut ;

  • Pepaya dapat mengatasi kerontokan pada rambut

Kandungan berbagai vitamin di dalam buah pepaya akan memberikan banyak nutrisi pada kulit kepala, yang akhirnya akan menguatkan akar rambut dan mampu mengatasi rambut rontok.

  • Pepaya dapat menghilangkan gatal-gatal karena ketombe

Salah satu penyebab tidak sehatnya rambut adalah timbulnya ketombe pada kulit kepala dan jika dibiarkan saja maka bisa menimbulkan iritasi pada kulit. Masalah seperti ketombe ini bisa kamu obati dengan menggunakan pepaya, karena kandungan vitamin C dan vitamin E akan mencegah dari rasa gatal dan juga menghilangkan ketombe pada kulit kepala.

  • Pepaya dapat mengganti kondisioner

Salah satu fungsi dari kondisioner adalah untuk melembabkan rambur dan juga melembutkan rambut agar lebih mudah untuk ditata. Dan pepaya bisa sebagai pengganti kondisioner yang sama sekali tidak memiliki efek samping semperti iritasi pada kulit kepala.

  • Pepaya dapat membuat rambut lebih gelap bercahaya

Salah satu dambaan untuk memiliki rambut sehar hitam dan bercahaya adalah mimpi setiap orang, dan dengan pepaya kamu bisa memiliki rambut yang kamu idam-idamkan, hal ini karena di dalam buah pepaya memiliki kandungan kalian dan juga potassium yang berfungsi untuk menghitamkan rambut atau membuat rabut kamu lebih berkilau.

Cara menggunakan pepaya untuk perawatan rambut ;

  • Potong buah pepaya menjadi beberapa bagian dan gunakan secukupnya, lalu kamu masukan ke dalam blender untuk menghaluskan pepaya hingga lembut.
  • Kamu juga bisa mengkombinasikan buah pepaya degan beberapa buah lainnya atau menggunakan bahan alami yang bersifat cair, seperti madu, minyak zaitun, air jeruk nipis, dan lain-lain.
  • Sebelum menggunakan pepaya sebagai pengganti kondisioner, kamu harus mencuci rambut kamu hingga bersih atau bisa melakukan keramas agar rambut lebih bersih, kamu juga bisa menggunakan air hangat ketika keramas agar pori-pori kulit kepala semakin terbuka.
  • Oleskan pepaya yang sudah halus ke rambut dan juga kulit kepala, dan ratakan sampai semua rambut terkena pepaya dan juga kulit kepala kamu.
  • Berikat sedikit pemijatan lembut pada kulit kepala.
  • Jika sudah lebih dari 10 hingga 15 menit lalu bilas masker pepaya yang ada di rambut dan juga di kulit kapala hingga benar-benar bersih.
  • Kamu bisa mengulanginya minimal 2 hingga 3 kali dalam seminggu, agar mendapatkan hasil yang kamu inginkan, seperti rambut yang bercahaya, bebas, dari ketombe, dan terhindar dari rambut rontok.

Cara merawat rambut menggunakan lemon

Lemon memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan hampir 80% kandungan yang ada di buah lemon adalah vitamin C. tapi selain itu juga masih ada beberapa kandungan positif lainnya yang memang bermanfaat bagi rambut dan juga kulit kepala, seperti kandungan vitamin B6, sodium, serat, protein, magnesium, dan senyawa positif lainnya.

Cara merawat rambut degan menggunakan lemon sebagai campuran shampo, atau dengan campuran bahan alami lainnya, mampu menyeimbangkan jenis rambut yang berminyak, jadi akan membuat rambut kamu lebih berkilau dan juga kulit kepala akan semakin bersih dari kotoran akibat terlalu banyak kadar minyak di kulit kepala.

Manfaat lemon untuk perawatan rambut ;

  • Lemon dapat membuat rambut lebih bercahaya

Kadar minyak yang terlalu berlebih yang dihasilkan dari kulit kepala akan membuat rambut kamu cepat kotor da kadang terlihat lepek. Dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi maka lemon akan menyeimbangkan kadar minyak di kulit kepala. Maka dengan begitu rambut kamu akan lebih terlihat mengembang dan juga bercahaya.

  • Lemon dapat menghilangkan ketombe

Tidak hanya jenis rambut atau kulit kepala yang kering saja yang bisa menimbulkan ketombe, akan tetapi jenis rambut yang berminyak juga berpotensi menimbulkan ketombe. Dengan menggunakan lemon untuk perawatan rambut dan juga kulit kepala maka ketombe juga akan berangsur-angsur hilang.

  • Lemon dapat mencegah kerontokan pada rambut

Kurangnya nutrisi atau vitamin yang ada di kulit kepala salah satunya bisa meyebabkan rambut rontok, dengan memberikan nutrisi atau citamin c yang seimbang untuk kulit kepala maka kerontokan pada rambut bisa diminimalisir.

  • Lemon dapat bau rambut dan kulit kepala

Lemon memiliki bau harum yang sangat khas, dan jika jenis rambut kamu adalah rambut yang berminyak, maka tak jarang akan menimbulkan bau yang tidak sedap, apalagi jika sudah mulai berkeringat, tidak hanya bau saja tapi juga rasa gatal-gatal pada kulit kepala. Masalah seperti ini bisa langsung hilang jika kamu menggunakan lemon sebagai campuran shampo atau menggunakannya dengan dicampur bahan lainnya sebagai kondisioner.

Cara menggunakan lemon untuk perawatan rambut ;

  • Siapkan beberapa buah lemon 1 hingga 2 buah lemon, lalu cuci hingga bersih.
  • Kupas kulit lemon hingga tersisa dagingnya saja.
  • Lembutkan buah lemon dengan menggunakan blender hingga menjadi lembut.
  • Kamu bisa menggunakan lemon untuk campuran shampo atau bisa mencampurnya dengan bahan alami lainnya.
  • Sebelum menggunakan lemon, cuci bersih terlebih dahulu rambut kamu bisa juga dengan keramas menggunakan air hangat.
  • Selanjutnya gunakan lemon untuk masker rambut dan juga kulit kepala
  • Ratakan lemon yang ada di rambut hingga rambut bagian dalam.
  • Kamu juga bisa melakukan pemijatan pada kulit kepala, agar semua kotoran ataupun ketombe yang ada di kulit kepala hilang dan bersih.
  • Diamkan lemon yang ada di kulit kepala dan juga rambut kurang lebih 10 menitan.
  • Lalu bilas rambut dengan air bersih hingga benar-benar bersih dan tidak ada lagi lemon yang masih tersisa baik di rambut dan juga di kulit kepala.
  • Kamu bisa melakukan terapi menggunakan lemon minimal 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Cara merawat rambut menggunakan daun seledri

Salah satu khasiat daun seledri yang cukup dipercaya oleh sebagaian masyarakat adalah mampu membuat rambut kamu lebih berwarna hitam. Jadi memang cocok buat kamu yang memiliki rambut yang berwarna agak kemerahan dan bagian ujungnya bercabang, seledri bisa kamu manfaatkan untuk perawatan rambut kamu agar lebih sehat.

Seledri sebenarnya juga digunakan untuk mencegah dan juga mengobati beberapa penyakit, hal ini karena kandungan seledri yang memiliki banyak sekali vitamin, seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, vitamin E, dan masih banyak senyawa yang bersifat positif bagi kesehatan tubuh kita. Dengan banyaknya kandungan dan juga manfaat seledri bagi kesehatan, maka sudah pasti bahwa seledri juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan rambut dan juga kulit kepala.

Manfaat seledri untuk perawatan rambut ;

  • Seledri dapat menghilangkan ketombe

Kandungan vitamin E yang ada di dalam daun seledri akan memberikan nutrisi pada kulit kepala, dan kamu akan memiliki rambut indah tanpa ketombe yang menempel pada kulit kepala. Dan jika kulit kamu sudah banyak ketombe yang masih menempel, maka seledri akan menghilangkan ketombe dan menjaga kulit kepala kamu tetap sehat.

  • Seledri dapat mencegah kerontokan rambut

Semakin sehatnya kulit kepala kamu maka juga akan berpengaruh sangat besar pada penguatan akar rambut. Jika asupan dari banyak vitamin seperti yang ada di daun seledri maka akan rambut akan kuat karena kulit kepala sehat, maka kerontokan pun juga tidak akan terjadi.

  • Seledri dapat membuat rambut kamu lebih berkilau

Jika kamu memiliki rambut yang tidak sehat dengan warna agak merah dan juga kusam atau bahkan bagian ujung rambutnya bercabang, maka kamu bisa menggunakan daun seledri untuk terapi agar rambut kamu lebih sehat berkilau dan mencegah timbulnya bagian ujung rambut yang bercabang.

  • Seledri dapat menyuburkan rambut

Daun seledri tidak hanya mencegah kerontokan saja, akan tetapi juga kamu buat sebagai bahan utama shampo alami penumbuh rambut, hal ini karena kebutuhan akan nutrisi kulit kepala sudah tercukup dengan asupan berbagai macam vitamin yang ada di daun seledri.

  • Seledri dapat membuat rambut lebih berwarna hitam

Jika kamu mendambakan rambut kamu yang lebih berwarna hitam tanpa harus melakukan pewarnaan pada rambut, maka daun seledri akan membuat rambut kamu jauh lebih hitam daripada sebelumnya, layaknya bintang iklan shampo.

Cara menggunakan seledri untuk perawatan rambut ;

  • Pilih daun seledri yang masih segar dan berwarna hijau, lalu kamu cuci degan air bersih hingga benar-benar bersih
  • Lalu tumbuk daun seledri hingga halus, kamu bisa mencampur dengan bahan alami yang bersifat cair atau hanya menggunakan air bersih saja.
  • Sebelum menggunakan seledri, akan lebih baik jika kamu mencuci bersih rambut kamu terlebih dahulu, bisa juga dengan keramas menggunakan air hangat.
  • Setelah rambut kamu bersih, oleskan seledri yang sudah halus di rambut kamu dan juga di kulit kepala hingga semuanya merata.
  • Lakukan sedikit pemijatan yang lembut pada kulit kepala
  • Diamkan seledri yang ada di rambut dan juga kulit kepala setidaknya 10 menitan.
  • Lalu kamu bilas semua seledri yang ada di rambut kamu hingga benar-benar bersih.
  • Kamu bisa mengulangi menggunakan seledri sebagai perawatan rambut minimal 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Cara merawat rambut menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun adalah minyak yang dihasilkan dari buah zaitun, dan minyak ini sudah dari dahulu kala digunakan untuk berbagai pengobatan dan juga perawatan, bahkan bisa sebagai obat penumbuh rambut alami. Dan minyak zaitun adalah salah satu minyak yang memiliki kandungan lemak tak jenuh atau lemak yang sangat baik untuk kesehatan dan bahkan bisa menurunkan kolesterol.

Jika minyak zaitun sangat baik untuk kesehatan maka sudah bisa dipastikan juga sangat baik untuk kesehatan rambut dan juga kulit kepala. Selain sebagai lemak tak jenuh, minyak zaitun juga memiliki banyak kandungan di dalamnya, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, asam lemak esensial, kalsium, dan lain-lain.

Dengan begitu banyaknya kandungan yang ada di minyak zaitun akan memberkan banyak nutrisi pada kulit kepala, dan salah satu efek positifnya adalah mencegah kerontokan pada rambut. Dan berikut ini berbagai macam manfaat dari minyak zaitu untuk rambut.

Manfaat minyak zaitun untuk perawatan rambut ;

  • Minyak zaitun dapat mencegah timbulnya ketombe

Salah satu penyebab timbulnya ketombe adalah kurangnya perawatan pada rambut dan juga pada kulit kepala, yang akhirnya bisa menimbulkan jamur dan bakteri. Dan tak jarang kita akan merasakan gatal-gatal, degan menggunakan minyak zaitun maka bisa menghilangkan bakteri dan juga jamur sebagai salah satu penyebab ketombe.

  • Minyak zaitun dapat mencegah kerontokan

Salah satu cara mengatasi rambut rontok bisa menggunakan minyak zaitun dan bahkan bisa mencegah terjadinya kebotakan, karena salah satu penyebab kerontokan adalah tumbuhnya jamur atau bakteri yang ada di kulit kepala yang akhirnya membuat kulit kepala menjadi tidak sehat. Dengan memberikan terapi menggunakan minyak zaitun maka akan mengembalikan kesehatan kulit kepala seperti semula, semakin sehat kulit kepala maka akan membuat perumbuhan rambut yang juga sehat hingga ujung rambut.

  • Minyak zaitun membuat rambut kamu lebih mengembang

Salah satu yang tidak bisa membuat rambut kamu terlihat indah adalah rambut yang lepek dan terkadang terlihat tidak begitu sehat dan ini bisa kamu kembalikan rambut indah kamu dengan bantuan minyak zaitun dan akan semakin sehat mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut.

  • Minyak zaitun dapat melembabkan rambut

Jika jenis rambut kamu kering dan lepek maka tak jarang ajuga akan diserai dengan ketombe, dengan menggunakan minyak zaitun yang mengandung banyak vitamin seperti vitamin C dan juga vitamin E akan membuat rambut kamu lebih lembab dan juga mengembang.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk perawatan rambut ;

  • Gunakan minyak zaitun yang benar-benar asli bukan minyak zaitun yang murahan karena sudah pasti sudah bercampur dengan minyak lain.
  • Kamu bisa mengkobinasikan minyak zaitun dengan beberapa bahan alami lainnya, misal rambut kamu kering kamu bisa mengkombinasikan dengan lidah buaya atau dengan alpukat, jika rambut kamu sangat berminyak mungkin bisa menggunakan air jeruk nipis atau lemon.
  • Sebelum menggunakan minyak zaitun, sebaiknya kamu keramas terlebih dahulu menggunakan air hangat agar pori-pori kulit kepala semakin terbuka, dan memudahkan kulit kepala kamu menyerap semua nutrisi yang ada di minyak zaitun.
  • Setelah keramas, kamu bisa mengusapkan atau mengoleskan minyak zaitun mulai dari akar rambut atau kulit kepala hingga ujung rambut
  • Oleskan semua merata hingga rambut bagian dalam pun juga terkena minyak zaitun.
  • Lakukan pemjatan lembut pada kulit kepala, dan diamkan selama beberapa menit minimal 10 menitan.
  • Setelah itu kamu bilas hingga bersih
  • Gunakan minimal 2 hingga 3 kali dalam seminggu, untuk mengatasi rambut kering agar semakin terlihat lembab da mengembab jika kamu rutin menggunakan minyak zaitun secara teratur tiap minggunya.

Cara merawat rambut menggunakan teh hijau

Salah satu bahan alami yang memiliki kandungan cukup banyak adalah teh hijau, dengan banyaknya kandungan yang ada di dalam teh hijau maka teh hijau dipercaya mampu digunakan sebagai perawatan rambut rontok, karena fungsinya akan menguat akar rambut yang ada di dalam kulit kepala, dan secara otomatis akan memberikan banyak nutrisi pada kulit kepala.

Kandungan seperti katekin polifenol, katekin dlavanol adalah salah satu senyawa kimia yang ada di daun teh hijau yang mampu menghentikan kerontokan pada rambut. Dan selain itu masih banyak lagi kandungannya, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B1, vitamin K, mineral, protein, asam amino, dan masih banyak lagi.

Cara merawat rambut dengan menggunakan daun teh hjau sudah pasti memberikan banyak manfaatnya tidak hanya pada kulit rambutnya saja, akan tetapi pada kulit kepala juga akan semakin sehat dan terbebas dari bakteri dan jamur sebagai salah satu penyebab timbulnya ketombe.

Manfaat daun teh hijau untuk perawatan rambut ;

  • Daun teh hijau dapat menghentikan kerontokan rambut

Selain dikarenakan jamur dan juga bakteri sebagai penyebab kerontokan rambut masih ada lagi yang bersifat hormonal yang bisa menyebabkan kerontokan pada rambut, yang biasanya disebut sebagai dihydtestosterone (DHT) sejenis testosterone alami yang ada di dalam tubuh yang menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut. Dengan menggunakan daun teh hijau maka akan menghambat pertumbuhan dan melawan DHT.

  • Daun teh hijau dapat menumbuhkan rambut

Kandungan yang ada di dalam daun teh hijau mampu memberikan banyak nutrisi pada kulit kepala, yang mampu merangsang untuk menumbuhkan rambut alami. Hal ini karena adanya kandungan Epugallocatechin-3-gallate (EGCE) di dalam daun teh hijau.

  • Daun teh hijau dapat mencegah rambut yang berminyak

Salah satu yang membuat rambut kamu cepat kotor dan juga terlihat lepek adalah jenis rambut yang berminyak. Dan ketika kamu menggunakan daun teh hijau untuk perawatan rambut kamu, maka akan menyeimbangkan kadar minyak yang ada di kulit kepala, dan akan membuat rambut kamu lebih mengembang dan bercahaya.

  • Daun teh hijau dapat menghilangkan ketombe

Kulit kepala akan mendapatkan banyak nutrisi dan juga cukup vitamin dari daun teh hijau yang akan membuat kulit kepala kamu semakin sehat dan juga akan mencegah timbulnya ketombe pada kulit kepala.

Cara menggunakan daun teh hijau untuk perawatan rambut ;

  • Daun teh hijau bisa kamu campur dengan beberapa bahan alami lainnya, agar lebih mengental dan bisa membuatnya sebagai masker rambut, akan tetapi daun teh hijau juga bisa kamu pakai tanpa campuran sama sekali.
  • Seduh daun teh hijau dengan air panas, atau bisa juga kamu rebus langsung dengan air
  • Jangan terlalu banyak air usahakan berikan daun teh yang cukup agar airnya tidak terlalu encer.
  • Kemudian diamkan hingga air rebusan daun teh hijau semakin dingin.
  • Sebelum menggunakan air rebusan daun teh hijau, sebaiknya kamu keramas terlebih dahulu menggunakan air hangat agar pori-pori kulit kepala semakin teruka dan memudahkan menyerap semua nutrisi yang ada di daun teh hijau.
  • Kemudian kamu bisa mengusapkan air rebusan daun teh hijau pada rambut dan juga kulit kepala
  • Lakukan pemijatan lembut pada kulit kepala, dan tunggu hingga 10 menitan.
  • Lakukan terapi menggunakan daun teh hijau minimal 2 hingga 3 kali seminggu, agar kulit kepala semakin sehat dan juga rambut kamu

Pada intinya cara merawat rambut menggunakan bahan alami untuk menghindari efek samping yang terkadang menggunakan obat-obatan atau produk kosmetik untuk rambut justru akan membuat kulit kepala gatal-gatal dan juga membuat rambut kamu semakin rusak.

Cara merawat rambut menggunakan bahan alami jika kamu secara teratur menggunakannya dengan minimal penggunaan 2 kali dalam seminggu, maka akan tetap mendapatkan hasil yang kamu inginkan dalam jangka waktu tertentu. Dan hasilnya juga bersifat variatif, mungkin dalam beberapa bulan sudah terlihat hasilnya dan terkadang malah jauh lebih cepat sudah terlihat dampaknya.

Ada beberepa opsi lainnya untuk perawatan rambut selain menggunakan bahan alami, misalnya perawatan rambut yang ada di salon-salon cukup banyak menawarkan produk-produk yang sifatnya untuk memanjakan rambut kamu. Dan berikut ini cara merawat rambut yang bersifat lebih modern, dan juga kamu harus bijak menggunakannya, karena perawatan rambut modern juga memiliki efek samping.

Cara merawat rambut menggunakan catok

Salah satu cara untuk meluruskan rambut secara instan dengan biaya sangat murah adalah catok. Karena hanya menggunakan catok kamu tidak perlu datang ke salon, jadi kamu bisa melakukannya sendiri di rumah, atau dengan bantuan teman kamu di rumah.

Akan tetapi dalam menggunakan catok haruslah sesuai dengan petunjuk dan juga menyesuaikan dengan kondisi rambut kamu, dan jangan sampai terlalu sering melakukan catok rambut, karena kalau terlalu sering justru akan merusak rambut kamu.

Cara menggunakan catok untuk perawatan rambut ;

  • Jangan menggunakan catok ketika rambut kamu terlalu basah, karena jika rambut kamu basah maka akan mengeluarkan bau gosong, seperti ada sebagian rambut kamu yang terbakar.
  • Lebih baik ketika mau melakukan pencatokan rambut gunakanlah krim khusus rambut. Hal ini dimaksudkan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, seperti kelurusan rambut akan semakin tahan lama, dan rambut juga tidak secara langsung kontak dengan alat catok.
  • Hindari penggunakan catok dengan suhu yang terlalu panas, karena hal ini akan merusak rambut kamu, seperti warna rambut jadi kemerahan dan juga ujung rambut menjadi bercabang.
  • Hindari pengulangan ketika mencatok rambut, jadi cukup sekali saja dalam mencatok rambut mulai dari pangkal hingga ujung rambut, dan berganti dengan bagian rambut lainnya.
  • Atur pengambilan rambut yang akan dicatok, jangan terlalu banyak atau tebal, karena jika terlalu tebal maka hasilnya tidak akan merata.

Efek samping cara merawat rambut menggunakan catok ;

  • Jika terlalu sering menggunakan catok maka rambut akan semakin memerah dan ujung rambut semakin bercabang.
  • Rambut kamu semakin kehilangan kilaunya, jadi malah terlihat kusam dan tidak bercahaya.
  • Rambut akan semakin mudah patah, karena terlalu sering terkena suhu panas dari catok
  • Kelembaban rambut lama-kelamaan akan semakin hilang, dan kulit kepala dan juga rambut akan semakin kering
  • Meski terlihat lurus, tapi rambut terlihat tidak alami.
  • Menggunakan catok bisa sebagai salah satu penyebab rambut rontok.

Cara merawat rambut dengan cara rebonding

Salah satu teknik untuk meluruskan rambut, jika dibandingkan dengan menggunakan catok maka rebonding jauh lebih tahan lama. Hal ini karena ada beberapa bahan kimia yang digunakan agar rambut yang semula ikal atau keriting akan semakin lurus, meski terkadang terlihat tidak natural atau tidak sealami rambut yang benar-benar lurus.

Meski terkesan sangat instan untuk meluruskan rambut yang ikal atau keriting, tapi sudah bisa dipastikan memiliki efek samping, jika kamu tidak mengerti bagaimana merawatnya setelah baru selesai direbonding. Dan berikut ini cara merawat rambut sehabis di rebonding.

Cara merawat rambut setelah rebonding ;

  • Hindari keramas setelah rebonding

Jangan mencuci rambut atau keramas setelah rambutkamu direbonding, karena dengan tidak mencuci atau melakukan keramas, akan membuat krim rambut akan bekerjar lebih maksimal dan mebuat rambut kamu yang lurus semakin berahan lama. Tunggu hingga 3 atau 4 hari, baru kamu keramas.

  • Rambut jangan diikat setelah rebonding

Mengikat atau menguncir rambut setelah rebonding akan membuat rambut kamu yang sudah lurus bisa berubah tidak lurus terutama pada bagian rambut yang kamu ikat. Dan juga bisa menyebabkan kerontokan pada rambut, apalagi jika terlalu ketat mengikat rambutnya.

  • Jangan menggunakan hair dryer

Setelah 3 sampai 4 hari pasca rebonding baru diperbolehkan mencuci rambut atau keramas, tapi hindari menggunakan hair dryer setelah kamu mencuci rambut, karena unsur panad dari hairdryer akan merusak rambut kamu, seperti kerontokan, rambut patah, hingga ujung rambut bercabang.

  • Pilih sisir rambut yang renggang

Gunakan sisir yang jangan terlalu rapat, karena bisa menimbulkan kerontokan pada rambut, jadi gunakan sisir yang agak renggang, dan jangan terlalu kasar ketika menyisir rambut, sisirlah dengan pelan dan lembut.

  • Hindari menggaruk kulit kepala

Ketika setelah melakukan rebonding mungkin kulit kepala kamu akan terasa gatal, karena pengaruh dari obat. Akan tetapi sebisa mungkin jangan menggaruk kulit kepala kamu, apalagi menggunakan kuku. Hal ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit kepala, dan akhirnya juga bisa menyebabkan rambut kamu rontok.

  • Gunakan masker atau vitamin rambut

Untuk menghindari kerusakan pada rambut, kamu bisa memberikan masker atau vitamin pada rambut. Kamu bisa juga menggunakan bahan-bahan alami untuk memberikan nutrisi pada rambut dan juga kulit kepala.

Efek samping dari rebonding ;

  • Kulit kepala menjadi tidak sehat

Salah satu efek samping dari rebonding adalah terjadinya iritasi pada kulit kepala, yang akhirnya akan berpengaruh pada kesehatan rambut secara keseluruhan. Ketika kulit kepala isitrasi maka akar rambut juga tidak akan kuat dan mengakibatkan kerontokan pada rambut.

  • Rambut berubah menjadi kasar

Obat yang digunakan untuk rebonding sangat mempengaruhi kesehatan rambut, dan ketika rambut tidak cukup sehat, secara otomatis rambut akan berubah menjadi rusak salah satunya rambut menjadi agak kasar, dan juga ujung rambut akan semakin bercabang. Untuk mengembalikan kesehatan rambut kamu bisa menggunakan tonik atau vitamin khusus rambut, agar rambut kamu tetap sehat dan tidak mengalami kerusakan.

  • Perubahan warna rambut

Ketika pasca rebonding kamu tidak merawat rambut kamu lagi seperti memberikan vitamin untuk rambut, maka yang terjadi adalah perubahan warna rambut, yang semula hitam bisa berubah menjadi agak kemerahan. Hal ini disebabkkan kurangnya vitamin pada rambut dan juga sudah terjadi kerusakan karena pengaruh obat ketika di rebonding.

Perawatan rambut dengan cara smoothing

Salah satu perawatan rambut yang bisa meluruskan rambut dan juga untuk lebih melemaskan rambut adalah smoothing. Dengan cara smoothing maka rambut kamu yang terlihat tebal akan lebh terlihat jatuh dan benar-benar sangat lembut.

Dengan metode smoothing jauh lebih bagus hasilnya jika dibandingkan dengan cara catok dan juga rebonding. Smoothing akan terlihat lebih natural dan tidak terlalu kaku seperti catok dan juga rebonding. Akan tetapi smoothing juga memiliki efek samping seperti kerusakan pada rambut, jadi kamu harus bisa merawat rambut kamu pasca melakukan smoothing.

Cara merawat rambut setelah smoothing ;

  • Gunakan masker atau vitamin rambut

Poin utama agar kesehatan rambut dan juga kulit kepala kamu tetap terjaga adalah memberikan nutrisi atau vitamin untuk rambut dan juga kulit kepala. Dengan memberikan vitamin maka akan mengembalikan kesehatan rambut kamu seperti sebelum smoothing. Berikan vitamin setelah 3 atau 4 hari pasca smoothing.

  • Hindari mengikat rambut

Agar perawatan smoothing ini bertahan lama dan rambut kamu tetap terlihat lurus dan juga lembut, maka hindari mengikat rambut karena bisa menyebabkan rambut kamu bergelombang pada bagian rambut yang kamu ikat, dan bahkan bisa terjadi kerontokan pada rambut.

  • Gunakan sisir yang renggang

Penggunakan sisir yang terlalu rapat bisa engakibatkan kerontokan pada rambut, jadi gunakan sisir yang bergerigi agak renggang, dan sisr degan lembut rambut kamu untuk menghindari kerontokan dan terjadinya iritasi pada kulit kepala.

  • Hindari menggunakan hair dryer

Suhu panas yang dikeluarkan dar hair dryer bisa merusaka rambut kamu, apalagi setelah melakukan smoothing bisa membuat rambut kamu menjadi rusak, seperti rambut akan terasa lebih kasar, dan pada bagian ujung rambut menjadi bercabang.

  • Jangan terlalu sering mencuci rambut atau keramas

Lakukan 2 hingga 3 kali dalam seminggu  saja untuk mencuci rambut karena jika terlalu sering maka akan merubah rambut kamu setelah smoothing kembali seperti semula seperti sebelum smoothing.

Efek samping dari smoothing ;

  • Bisa menyebabkan kerontokan pada rambut, hal ini disebabkan karena pengaruh obat dari smoothing, apalagi jika terlalu sering maka rambut akan lebih cepat mengalami kerusakan dan juga bisa terjadi iritasi pada kulit kepala.
  • Rambut bisa mengalami kerontokan, apalagi jika kulit kepala kamu terlalu sensitif, maka akan menjadi lebih mudah iritasi yang mengakibatkan tidak kuatnya akar rambut.
  • Rabut bisa berubah menjadi lebih kasar dan bagian ujung rambut menjadi lebih cepat bercabang, hal ini karena pengaruh obat yang digunakan smoothing.
  • Pengaruh obat untuk smoothing akan menghilang nutrisi pada kulit kepala, jadi akan menghambat perumbuhan rambut dan juga akan terjadi kerusakan pada akar rambut sebagai penyebab kerontokan.

Cara merawat rambut mulai dari bahan alami atau menggunakan metode modern seperti melembutkan dan juga meluruskan rambut sebenarnya untuk membuat rambut kita lebih terlihat indah. Akan tetapi jika kamu memilih dengan cara modern maka harus lebih berhati-hati dan jangan terlalu sering, karena dengan cara yang instan akan memberikan efek samping yang tidak baik untuk rambut dan juga kulit kepala.

Artikel ini di tulis oleh Rony Afina kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang
Loading...
loading...

Artikel Terkait

close