Dampak Mengkonsumsi Kopi yang Berlebihan

11-11-2016 (3 weeks ago)

Tapi ada juga sisi negatif bila terlalu sering meminum kopi, setidaknya sehari cukup 1 sampai 2 cangkir kopi agar dapat menambah energi anda.

Minum kopi merupakan kebiasaan bagi semua orang. Kopi bisa di minum ketika berkumpul dengan teman anda atau juga bisa dinikmati pada kegiatan yang lain. Dengan banyak inovasi terhadap kopi, membuat penikmat kopi bisa memilih sesuai selera. Meminum kopi dapat bermanfaat bagi tubuh yakni bisa meningkatkan energi, merangsang saraf pusat dan masih banyak lagi.

Tapi ada juga sisi negatif bila terlalu sering meminum kopi, setidaknya sehari cukup 1 sampai 2 cangkir kopi agar dapat menambah energi anda.

Kematian Dini


bagi yang suka meminum kopi, sebaiknya jangan mengonsumsi lebih dari 4 cangkir perhari. Sebuah klinik mayo studi bermitra menemukan bahwa orang yang minum lebih dari 8 fl.oz. dapat mengalami peningkatan sebesar 21% dalam penyebab kematian. Sebab kopi banyak mengandung senyawa biologis aktif, termasuk asam fenolik, kalium dan kafein.

Insomnia atau Susah Tidur


Faktor penyebab terjadinya insomnia memang banyak salah satunya mengonsumsi kopi secara berlebihan. kandungan kafein pada kopi, dapat menyebabkan seseorang menjadi susah tidur. Namun, ada juga efek yang ditimbulkan insomnia yakni kurangnya konsentrasi, karena tubuh sudah mengalami kelelahan.

Kolesterol


Berdasarkan penelitian peningkatan kolesterol disebabkan oleh minyak yang disebut terpene yang ditemukan dalam kopi. Kafestol atau zat pemicu kolesterol yang paling kuat, bisa memengaruhi kemampuan tubuh untuk metabolisme dan mengatur kolesterol. Studi lain menunjukkan bahwa minum 5 cangkir kopi setiap hari dapat meningkatkan kadar kolesterol sebanyak 6 sampai 8 persen.

Penyakit Jantung


Mengonsumsi kopi dapat meningkatkan kadar homosistein atau asam amino yang mengandung sulfur, terdapat pada plasma darah dan beresiko terkena penyakit kardiovaskular seperti stroke, penyakit jantung dan masih banyak lagi. Sebuah analisis mengatakan bahwa, orang yang mengonsumsi kopi 1 sampai 4 cangkir perhari memiliki resiko terkena penyakit gagal jantung.

Diabetes


Banyak studi pendek di seluruh negara yang telah menunjukkan bahwa kopi dan kafein dapat meningkatkan kadar gula darah dan tingkat insulin. Sebuah penelitian baru mengatakan bahwa satu porsi kopi, terdapat 100 mg kafein. Hal ini dapat berdampak negatif terhadap pengontrolan gula darah.

Ginjal


Di dalam kopi mengandung kafein yang dapat membuat ketegangan pada ginjal. Studi Internasional menunjukkan bahwa mengonsumsi kafein dalam jangka panjang bisa menyebabkan penyakit gagal ginjal kronis. Kafein juga telah dikaitkan dengan pembentukan batu ginjal karena meningkatnya kalsium ekskresi atau pengeluaran zat – zat sisa metabolisme yang tidak berguna bagi tubuh dan dikeluarkan lewat urine.

Perut kosong


Kafein juga dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan. Tidak sedikit orang yang pergi ke rumah sakit lantaran sering mengonsumsi minuman berkafein. Ketika anda akan mengonsumsi setidaknya jangan biarkan perut kosong.

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel