close
Fakta - fakta mengenai manfaat tidur siang Untuk kesehatan tubuh
Sebagian orang mungkin belum tahu manfaat dari tidur siang. Berikut ini akan saya jelaskan manfaat dari tidur siang.
Beristirahat sangatlah penting bagi tubuh kita. Setelah lelah dengan segala aktifitas kegiatan sehari hari, tubuh kita memerlukan istirahat. Membaringkan badan sebentar perlu kita lakukan, demikian pula dengan tidur siang. Tidur siang rupanya sangat diperlukan bagi tubuh manusia.

Sebagian orang mungkin mengabaikan atau menyepelekan tidur siang. Meskipun hanya sejenak atau satu jam, rupanya tidur siang amat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Inilah manfaat tidur siang yang perlu anda ketahui.

Membuat Mood dan Perasaan Semakin Baik


Di dalam tubuh kita memiliki hormon yang dinamakan Neurotransmitter Serotonin. Hormon Neurotransmitter Serotonin ini berfungsi untuk mengatur mood atau suasana hati, mengatur selera, dan juga berfungsi menghasilkan perasaan yang baik atau merasa sejahtera.

Namun apabila tubuh kita mengalami stres, hormon Serotonin yang diperlukan dalam tubuh menjadi tinggi dan sementara proses produksi hormon tersebut akan terhenti. Hal ini akan mengakibatkan kita sebagai manusia menjadi lebih mudah marah, lebih mudah cemas, depresi, mudah terganggu dan juga kewalahan.

Menurut sebagian Ilmuwan atau pakar kesehatan tidur siang dapat membalikkan efek negatif tadi serta mampu menciptakan dan membuat suasana hati lebih positif.

Mampu Memperbaiki dan Mengatasi Insomsia

Manfaat tidur siang ternyata mampu mengobati insomnia. Insomnia adalah gejala yang dialami sebagian orang yang susah tidur di malam hari. Kebiasaan insomnia ini atau susah tidur di malam hari ini amatlah tidak baik untuk kesehatan. Tubuh kita perlu mendapatkan istirahat, kita perlu memejamkan mata hingga terlelap dan nyenyak. Apabila hal ini diabaikan terus menerus maka kita akan sering mengalami kelelahan, sulit untuk berkonsentrasi, daya ingat menurun,, atau malah dapat membuat kualitas kerja menurun.

Tentunya hal hal yang tersebut diatas akan berbahaya bagi diri kita, dan juga orang orang di sekitar kita. Tidur siang merupakan jawaban atau pengganti bagi mereka yang sering mengalami insomnia.

Dapat Meningkatkan Insensitas Kewaspadaan

Manfaat inilah yang paling ampuh, dan yang paling diperlukan dari tidur siang yaitu membuat diri jadi lebih waspada. Sebagian kita pasti pernah mengalami kantuk yang berat setelah makan siang. Apabila sudah mengalami hal ini, maka disarankan untuk meluangkan waktu sejenak untuk tidur siang.

Pakar atau Ilmuwan dunia telah melakukan riset dan studi. Dan menemukan fakta bahwa apabila kita meluangkan waktu untuk tidur siang selama kurang lebih 30 menit, dapat membuat kita semakin waspada.

Mengurangi Resiko Terkena Serangan Stroke dan Jantung



Tidur siang pun ternyata juga mampu mencegah penyakit jantung. Coba anda bayangkan jika kita memaksakan diri untuk tidak tidur, padahal mata sudah lelah, pastinya jantung akan berdetak lebih kencang. Apabila kita melakukan tidur siang selama kurang lebih 30-60 menit setiap harinya, maka kita dapat mengurangi dan menghindari dari resiko penyakit stroke dan jantung.

Loading...
Artikel ini di tulis oleh Siagian Adven kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

Artikel Terkait