Kenali Jenis Gangguan Jiwa Yang Aneh Dalam Psikologi, Coba Cek Disini

08-09-2016 (3 months ago)

Berikut 15 nama-nama gangguan jiwa yang aneh dalam Psikologi, apakah kalian termasuk ?

Dalam istilah Psikologi terdapat beberapa nama-nama gangguan jiwa yang disematkan untuk seseorang yang mengalami penyimpangan berlebihan, berikut merupakan nama-nama gangguan atau penyakit jiwa yang aneh pada manusia berdasarkan sisi psikologi, berikut ulasan nya.

1.VENUSTRAPHOBIA


Gangguan ini disebut juga, 'ketakutan pada wanita cantik', wah bagi para pria-pria diluar sana yang takut untuk pergi kencan atau hal lain nya perlu diwaspadai jangan-jangan si pria mengidap gangguan jiwa "Venustraphobia" biasanya rasa takut ini disebabkan oleh rasa tidak percaya diri dari si pria saat mendekati wanita cantik, alhasil pria-pria seperti ini akan cenderung menghindar atau bahkan menjauh.

2.NARSISISME


Gangguan jiwa yang satu ini mungkin tak asing lagi bagi kalangan masyarakat, ya gangguan jiwa yang biasa disebut narsis ini disebabkan oleh 'rasa cinta yang berlebih pada diri sendiri' seperti contoh yang kita ambil yakni orang yang hobi berselfie-ria ditempat-tempat yang berbahaya dan terkesan aneh, apakah kalian termasuk didalam nya ? atau mungkin teman-teman kalian ? harus lebih berhati-hati dan selalu bijaksana dalam penggunaan teknologi ya.

3.NOMOPHOBIA

'takut kehilangan handphone atau ponsel yang berlebihan' biasa nya ini sering terjadi pada orang perkotaan yang setiap hari selalu membawa ponsel nya untuk berbagi peristiwa maupun kegiatan, pada kasus yang berat pengidap bisa saja membawa ponsel nya dimana pun dia berada, karena jika tidak membawa ponsel nya pengidap akan merasa takut dan kebingungan.

4.ANOREKSIA NERVOSA


Ini merupakan gangguan 'asupan makan', yang ditandai dengan penolakan asupan makan untuk tetap menjaga bentuk tubuh nya, biasanya si pengidap akan menahan rasa lapar nya dalam waktu yang sangat lama hingga si pengidap kehilangan berat badan nya, pengidap ini takut untuk makan karena khawatir berat badan nya akan bertambah dengan cepat. Untuk utama nya kalian para gadis tetap jaga asupan makan beserta kalori yang dibutuhkan yakni sebesar 2000 kalori.

5.SOPHOPOBIA


adalah gangguan jiwa untuk "rasa takut belajar" biasa nya ini sering terjadi pada anak-anak yang takut untuk belajar dikarenakan mengalami trauma saat proses pembelajaran berlangsung, dibutuhkan bimbingan yang intensif dari orang tua untuk memotivasi anak agar tidak lagi takut untuk belajar dan merubah mindset si anak bahwa belajar adalah kegiatan yang amat menyenangkan.

6.DIDASKALEINOPHOBIA



adalah 'rasa takut pergi ke sekolah' tak jauh beda dengan sophophobia, namun gangguan ini lebih cenderung ketakutan anak pada sekolah, ini bisa terjadi dikarenakan si pengidap berasumsi bahwa sekolah merupakan tempat yang membosankan, biasa nya ini terjadi pada anak usia dini yang akan memasuki jenjang pendidikan baru.

7.CHEROPHOBIA



Mungkin sebagian orang bahkan semua orang menginnginkan hal-hal yang menyenangkan terjadi pada kehidupan nya, namun tidak dengan pengidap gangguan jiwa cherophobia yang 'takut dengan hal-hal yang menyenangkan'. Wah jangan sampai kita mengalami gangguan jiwa ini ya, pasti merepotkan.

8.PELADHOPOPIA


Mungkin gangguan jiwa ini terkesan lucu dan tak aneh, peladophobia merupakan sebutan untuk seseorang yang takut melihat orang dengan kepala botak atau kepala plontos, ada-ada aja ya.

9.COIMETROPHOBIA

adalah gangguan jiwa yang terjadi pada seseorang saat 'melihat kuburan' si pengidap akan ketakutan dan cenderung menjauh dari makam atau kuburan mana saja, wah padahal semua orang akan kembali kepada yang Kuasa, lalu si pengidap ini bagaimana ya nasib nya ?

10.QUIDNUNC


Ini biasa nya terjadi pada golongan para perempuan yang punya hobi bergosip, sebutan ini ditunjukan untuk seseorang yang selalu ingin tahu dengan semua gosip yang beredar baru-baru ini. Apakah kalian termasuk Quidnunc ? atau mungkin teman kalian ?

11.KATSARIDAPHOBIA


sebutan ini diberikan untuk orang yang 'takut pada kecoak' biasanya pengidap akan menimbulkan reaksi menghindar atau bahkan berteriak jika bertemu dengan serangga yang satu ini apabila jika ia sedang terbang, jika kalian ingin membersihkan atau menghilangkan serangga yang satu ini, disarankan untuk selalu menjaga kebersihan kamar mandi maupun kamar, karena kecoak suka tempat gelap,lembab dan kotor.

12.MELOPHOBIA


Sebagian orang suka mendengarkan musik, apalagi musik favorit nya, namun bagi penderita Melophobia ini cenderung 'takut untuk mendengarkan musik'. Menurut Dr Marsha Johnson, audiolog dan direktur klinis di Tinnitus Oregon & Hyperacusis Klinik, telah memperlakukan mereka yang menderita Melophobia, dan kondisi yang mengarah pada fobia ini membingungkan, selama 13 tahun.

Dr Marsha Johnson: “Ya, memang. Seringkali itu adalah suatu kondisi disebabkan oleh pertemuan negatif dengan alat musik atau musik, seperti konser keras yang menghasilkan tinnitus atau telinga dering dalam diri seseorang selama beberapa minggu. Hal ini bisa begitu menakutkan dan mengganggu orang akan menghindari semua konser mulai saat itu. Contoh lain adalah musisi profesional yang bermain di dekat instrumen keras dan, dari waktu ke waktu, mengembangkan hyperacusis parah [sensitivitas suara] dan menderita rasa sakit sesudahnya, yang mengintensifkan dengan paparan masing-masing. Akhirnya, berhenti bermain musik profesional sama sekali”.

13.MUSICPHILE


Sebutan ini disematkan untuk orang yang "gila musik" atau lebih jelasnya Musicphile adalah sebutan yang biasa di gunakan orang untuk seseorang yang candu mendengarkan musik, bahkan dimanapun mereka berada, baik di kamar mandi, akan tidur, pergi, dan lain sebaginya akan senantiasa rajin membawa I-pod atau earphone mereka.

14.TRISKAIDEKAPHOBIA


Sebutan ini diberikan untuk orang yang 'takut pada angka 13' lho kok bisa ? iya ini bisa terjadi kepada seseorang yang selalu menganggap angka 13 sebagai angka kesialan, pada akhirnya Triskaidekaphobia cenderung takut saat melihat angka 13, baik di lift maupun ditempat lain.

15.HIPPOPOTOMONSTROSESQUIPPEDALIOPHOBI


Ini adalah nama phobia terpanjang yang saya ketahui, ya sama seperti pengidap nya, gangguan jiwa ini terjadi ketika pengidap membaca 'kata-kata panjang' seperti koran, novel, dan lain-lain. Salah satu jenis phobia ini sangat tidak biasa, sesuai nama nya Hippopotomonstrosesquippedaliophobia, penderita Hippopotomonstrosesquippedaliophobia ini mempunyai rasa takut jika berhadapan dengan kalimat yang panjang. Ini akibat rasa takut yang berlebih ketika mempelajari kosa kata yang panjang saat waktu kecil.

Untuk menghilangkan gangguan jiwa atau phobia di atas bisa dilakukan dengan metode HYPNOTHERAPY yakni dengan proses penyembuhan phobia dan lain-lain dengan cara memberi sugesti-sugesti dari hypnotherapist untuk menghilang ketakutan atau kebiasaan terhadap objek tertentu.

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel