Kenali Kepribadian Ganda Disekitar Kita

14-10-2016 (1 month ago)

Kepribadian ganda adalah masa yang terdadi pada sikologis seseorang tapi kepribadian ganda bukan termasuk dalam kategori gila. setiap orang dapat mengalaminya kapan dan dimanapun ia berada.

Berkepribadian ganda atau Disscociative Identity Disorder (DID) merupakan salah satu penyakit atau kelainan jiwa tapi tidak dalam kategori gila, kaadan ini dimana terpecahnya suatu kepribadian seseorang sehingga muncul kepribadian lain. Kepribadian yang muncul biasanya ekspresi dari kepribadian utama, yang tidak dapat mewujudkan suatu keinginannya dan terkadang bertolak belakang dengan kepribadian utama. Tidak hanya satu orang memiliki 2 kepribadian bahkan satu orang dapat memiliki hingga belasan kepribadian. 

Sejauh ini jumlah terbesarnya mencapai satu orang memiliki 15 kepribadian yang berbeda. Dari mulai cara fikir tingkah laku dan cara bicara terkadang penderita memiliki kepribadian sebagai anak kecil bahkan laki-laki menjadi perempuan dan sebaliknya. Ada dimana kasus kepribadian lain menjadi musuh dari kepribadian utama, kasus ini termasuk kasus yang sulit dimana kepribadian lain menghancurkan hidup kepribadian utama dan berusaha meniru tingkah kepribadian utama agar tidak diketahui orang lain.

Ciri – ciri orang yang memiliki kepribadian ganda

- Biasanya dia berada ditempat yang dia tidak tau.

-Bersikap seperti orang ling lung.

-Bertemu dengan orang yang dia tidak kenal tapi orang tersebut mengaku mengenalnya.

-Hilangnya ingatan jangka pendek.

- Sifat yang berubah ubah.

Semakin lama penderita akan mengetahui bahwa dirinya memiliki kepribadian ganda karna setelah lama muncul kepribadian lain, kepribadian lain itu akan berkomunikasi dengan kepribadian asli secara langsung.

Penyebab kepribadian ganda biasanya muncul karna trauma masa keci. Hilangnya ingatan di usia dini dan bisa juga factor keturunan. Penderita kepribadian ganda biasanya orang orang yang sulit mengendalikan diri, mudah emosi dan sedih. Bagi penderita DID ini perubahan suasana hati dapat memancing munculnya kepribadian lain untuk menggantika kepribadiaan utama. Sebenarnya DID ringan dapat dialami setiap orang dimana saat kita sedang melamun disitulah kita sedang dalam kondisi DID ringan.

Hingga saat ini usaha penggobatan melalui terapy dan dokter untuk menghilangkan kepribadian lain hanya memiliki tingkat keberhasilan 20%. Tapi banyak yang berhasil menggunakan cara dari diri kita sendiri dimana si penderita melakukansingkronisasi atau penyelarasan pola piki dengan kepribadian lain, mereka harus saling bertukar pikiran hingga membuat perjannjian dengan kepribadian lain. Dan penderita DID harus selalu berfit tenang dalam masa ini, di anjurkan untuk penderita selalu didampingi orang lain untuk mengingatkan penderita agar tetap tenang dan tidak mengalami perubahan suasana hati seperti emosi, sedih, bahagi secara cepat agar kepribadian lain tidak muncul. Saat kepribadian lain sudah lama tidak muncul bisa jadi mereka telah hilang namun kemungkinan lain mereka tetap ada dan bisa muncul sewaktu-waktu.

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel