7 Manfaat Air Cucian Beras Bagi Kesehatan Tubuh
Beras adalah makanan pokok bagi sebagian negara di dunia, seperti indonesia. beras yang dimasak akan menjadi nasi yang nikmat untuk di konsumsi, apalagi ditambah dengan berbagai macam lauk pauk.
Beras yang sudah dimasak menjadi nasi juga bisa dimasak kembali menjadi berbagai makanan seperti bubur. Hal inilah yang menjadikan beras sebagai kebutuhan pokok dan selalu dicari banyak orang untuk diolah menjadi berbagai macam makanan. Selain itu beras juga menjadi pemasok kalori dalam tubuh kita lebih dari setengah dari jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Beras adalah makanan pokok bagi sebagian negara di dunia, seperti indonesia. beras yang dimasak akan menjadi nasi yang nikmat untuk di konsumsi, apalagi ditambah dengan berbagai macam lauk pauk. Selain itu ternyata air beras juga memiliki banyak kandungan mineral dan zat yang memang bermanfaat dan menyehatkan bagian dalam dan luar tubuh kita.

1. Sebagai pengganjal lapar


Salah satu manfaat dari air beras(tajin) adalah sebagai pengganjal lapar. Air beras yang sudah dimasak akan membuat perut kenyang karena air beras mengandung karbohidrat. air beras ini sangat cocok dikonsumsi bagi balita dan anak-anak yang masih belum bisa mengunyah makanan, seperti nasi. Orang yang sudah dewasa juga boleh mengkonsumsinya karena rasanya yang nikmat dan manis.

2. Mencegah dan mengurangi kerontokan pada rambut 


Memiliki rambut yang tipis tentunya akan membuat rasa percayaan diri anda turun, apalagi ditambah dengan masalah seperti kerontokan pada rambut. Untuk mengatasinya anda bisa menggunakan air bekas cucian beras untuk keramas. Pakailah secara teratur selama beberapa menit lalu cuci rambut menggunakan sampo sampai benar-benar bersih, manfaat dari air cucian beras adalah untuk menguatkan akar pada rambut.

3. Mengobati rambut kering dan rusak


Air beras mengandung mineral dan pitera yang dapat mengobati rambut kering dan rusak, Rambut kering dan rusak disebabkan oleh pemakaian zat-zat kimia ataupun penataan rambut yang ekstrim. Air beras akan membantu untuk meregenerasi rambut yang rusak dan kering dengan cara mengembalikan kelembapan pada rambut.

4. Mengontrol minyak berlebih


Air beras yang mengandung asam amino akan membuat ph pada kulit menjadi stabil. Hal ini akan berdampak pada stabilnya kandungan minyak yang khususnya berada pada kulit wajah. Seperti yang kita ketahui, minyak yang timbul diwajah sering menimbulkan berbagai macam masalah seperti jerawat yang membandal.

5. Sebagai antioksidan


Air beras memiliki kandungan antioksidan yang akan melindungi tubuh dari polusi dan juga matahari. Baik pada kulit maupun pada tubuh, Dan air beras juga akan menolong tubuh kita melawan zat-zat berbahaya yang akan muncul kapan saja.

6. Mengurangi dan mencegah kerutan pada tubuh


Kerutan yang terjadi pada wajah bukan masalah yang langka. Memasuki usia dewasa akan menambah kerutan diwajah dengan sendirinya dan akan mengganggu rasa percaya diri dan penampilan anda. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi kerutan pada tubuh, salah satunya adalah dengan menggunakan air beras.

7. Menjadi penghangat tubuh



Air beras juga bisa dijadikan minuman beralkohol dan cocok menjadi penghangat tubuh dikala musim dingin mendatang. Sama seperti air tajin, rasanya tidak begitu aneh dan bisa menjadi kegemaran banyak orang khususnya bagi pecinta minuman beralkohol.

Itulah beberapa manfaat dari air beras bagi kesehatan tubuh. walaupun air cucian beras tergolong limbah yang sering kali terbuang, ternyata air cucian beras memiliki banyak manfaat yang bagus bagi kesehatan tubuh kita, jadi jangan buang begitu saja dan manfaatkan air cucian beras untuk diri kita sendiri.

Artikel Terkait