20 Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Kesehatan 2 years ago
20 Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Belimbing wuluh sendiri merupakan buah yang mempunyai ciri khas rasa yang asam. Buah hijau yang satu ini juga biasanya jarang yang mengkonsumsi nya langsung karena rasa asam yang terdapat pada buah ini. Untuk kegunaan buah ini sendiri biasanya adalah untuk campuran bahan masakan. Ini karena rasa asam pada buah belimbing wuluh ini sangat pas apabila dicampurkan sebagai penyedap rasa dari masakan-masakan orang Indonesia.

Namun sebenarnya bila kita sebelumnya hanya memanfaatkan buah ini hanya untuk penambah cita rasa makanan, kita juga sebenarnya bisa memanfaatkan buah yang satu ini untuk beragam manfaat yang lain. Belimbing waluh sendiri mempunyai beragam kandungan-kandungan zat yang baik bagi kesehatan manusia. Selain itu buah ini dipercaya juga bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Untuk mengetahuinya lebih jauh, mari kita menyimak 20 manfaat belimbing waluh untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Menjaga kesehatan gigi

Belimbing wuluh mempunyai kandungan kalsium, kalium, dan zat besi. Kandungan-kandungan pada belimbing wuluh tersebut berguna untuk menjaga kesehatan gigi. Selain itu, untuk kamu yang sedang mengalami sakit gigi, bisa menggunakan belimbing wuluh sebagai cara pengobatan yang alami dengan cara mengunyah belimbing wuluh.

2. Mencegah penyakit kanker

Dengan mengkonsumsi buah belimbing wuluh juga bisa menurunkan resiko tubuh kita terserang penyakit kanker. Ini karena dengan mengkonsumsi belimbing wuluh dapat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh kita.

3. Mencegah Hipertensi

Hipertensi atau biasa disebut dengan darah tinggi sudah banyak menyerang orang-orang, terutama yang berusia lanjut. Dengan mengkonsumsi belimbing wuluh dapat mencegah serangan hipertensi tersebut dengan cara mengkonsumsi nya direbus terlebih dahulu.

4. Mengobati sariawan

Sariawan pastinya sangat mengganggu, dengan belimbing wuluh masalah sariawan dapat teratasi. Selain karena buah ini kaya akan vitamin C, buah ini juga mempunyai sifat anti bakteri yang bisa mengobati sariawan yang kita alami.

5. Mengobati Panu

Panu permasalahan pada kulit yang bisa terjadi karena kita kurang menjaga kesehatan dari kulit kita tersebut. Masalah panu tentu saja bisa membuat kita menjadi kurang percaya diri, tetapi dengan belimbing wuluh masalah panu bisa teratasi. Caranya bukan dengan mengkonsumsi buah belimbing wuluh, tetapi dengan menumbuknya lalu mengoleskannya pada kulit yang terserang panu tersebut.

6. Menjaga fungsi otak

Otak kita tentu saja mempunyai peranan penting bagi tubuh. Dengan kandungan fosfor yang terdapat pada buah belimbing wuluh, fungsi otak kita akan menjadi lebih terjaga. Efeknya tentu saja selain fungsi otak terjaga, serta mencegah kerusakan pada syaraf otak kita.

7. Melancarkan pencernaan makanan

Masih dari manfaat fosfor yang terdapat pada buah belimbing wuluh, selain menjaga fungsi otak tetap bekerja dengan baik, kandungan fosfor pada buah belimbing wuluh bisa melancarkan tubuh kita dalam pencernaan makanan.

8. Mengobati batuk

Ada cara alami yang bisa kita manfaatkan untuk mengobati batuk, yaitu dengan menggunakan belimbing wuluh. Cara penggunaan nya pun cukup mudah karena hanya dengan memetik beberapa buah lalu merebus nya. Dengan menggunakan belimbing wuluh tentu saja bisa mengurangi penggunaan obat kimia untuk mengobati batuk yang biasa kita gunakan.

9. Meningkatkan sistem imun

Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh bisa kita dapatkan apabila kita mengkonsumsi suatu makanan yang mengandung zat besi. Pada buah belimbing, kita akan menemukan zat besi tersebut dan sangat ampuh untuk meningkatkan sistem imun bagi tubuh kita.

10. Mengatasi Diabetes

Para penderita diabetes juga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah ini karena buah belimbing wuluh memiliki zat asam yang sangat efektif untuk menghilangkan penyakit diabetes yang sedang kita alami tersebut.

Baca juga: 23 Makanan/Minuman Ini Bisa Bantu Kamu Awet Muda

Loading...

11. Meningkatkan Energi

Dibalik rasa asam yang terkandung dalam buah belimbing wuluh, ternyata buah ini juga bisa meningkatkan energi kita karena pada buah ini ada kandungan Vitamin B1 yang sangat ampuh untuk membantu meningkatkan energi kita.

12. Meningkatkan selera makan

Masih dari manfaat Vitamin B1 yang terkandung dalam belimbing wuluh, manfaat Vitamin B1 tersebut juga bisa meningkatkan selera makan. Sebenarnya buah ini sudah banyak digunakan pada campuran makanan, tapi jarang yang mengetahui manfaat belimbing wuluh ini pada peningkatan selera makan.

13. Menghilangkan jerawat

Untuk kecantikan, buah belimbing wuluh sangat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat pada wajah kita. Caranya adalah dengan menghaluskan buah belimbing wuluh dan campurkan dengan sedikit garam lalu dioleskan pada wajah yang terkena jerawat tersebut.

14. Menjaga kesehatan gusi

Buah belimbing mempunyai kandungan Vitamin C yang cukup tinggi. Ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan gusi kita serta ampuh untuk mencegah peradangan. Tentu saja ini alternatif asupan Vitamin C yang bisa kita dapatkan selain dari buah jeruk.

15. Mengecilkan pori-pori pada wajah

Manfaat bagi kecantikan dari buah belimbing wuluh yaitu bisa mengecilkan pada pori-pori wajah. Cara penggunaannya juga dengan menghaluskan belimbing wuluh lalu menambahkan dengan campuran garam dan mengoleskannya ke wajah kita secara menyeluruh.

16. Menurunkan Kolesterol

Kandungan Niacin (Vitamin B3) dalam buah belimbing wuluh juga bisa membantu menurunkan kolesterol buruk dalam tubuh dan menaikkan juga menaikkan kolesterol baik.

17. Mencerahkan wajah

Belimbing wuluh sangat efektif untuk kamu yang menginginkan wajah cerah. Cara menggunakannya pun cukup mudah karena hanya dengan menumbuk halus beberapa buah belimbing wuluh lalu menjadikannya sebagai masker pada wajah.

18. Mengobati Gondongan

Gondongan adalah masalah yang sering merupakan pembengkakan pada kelenjar air liur. Biasanya penyakit ini menyerang anak di usia 2-12 tahun. Jadi apabila kita memiliki adik atau saudara yang terkena gondongan bisa mencoba menawarkannya untuk mengoleskan belimbing wuluh yang dicampur dengan daun belimbing wuluh itu sendiri ditambah dengan bawah putih.

19. Melembabkan wajah

Belimbing wuluh yang dijadikan masker dan digunakan semalaman juga bisa melembabkan wajah. Dengan menggunakan belimbing wuluh tentu saja bisa menjadi alternatif bagi kita yang ingin mendapatkan kulit sehat tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal.

20. Mencegah Plak pada gigi

Plak ada penumpukan sisa makanan yang biasa menempel pada gigi kita apabila jarang dibersihkan. Bila dibiarkan terus menerus, plak tersebut bisa menjadi karang gigi dan akan sangat sulit dibersihkan. Untuk itu cara mudahnya dengan mengkonsumsi buah belimbing wuluh agar mencegah plak tersebut muncul

Itulah 20 manfaat yang bisa kita dapatkan dari belimbing wuluh. Dengan beragam manfaat tersebut tentu saja bisa membuat kita lebih bisa memanfaatkan buah yang satu ini selain juga sebagai penambah cita rasa makanan pada masakan. Serta manfaat untuk kesehatan kulit juga bisa membuat kita mendapatkan kulit yang sehat dan bersih dengan cara yang lebih alami.

Tags: Belimbing, Buah, Belimbing Wuluh

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com