5 Khasiat Mentimun Yang Menyehatkan Tubuh Anda

04-10-2016 (2 months ago)

Buah mentimun memiliki manfaat yang sangat menyehatkan tubuh anda.

Timun atau Mentimun adalah salah sau buah yang sudah merakyat khusunya dinusantara ini. Itu karena harga dari timun sendiri tidak seperti sayuran lain yang mahal, untuk mendapatkan mentimun cukup uang 5000 rupiah saja sudah mendapatkan mentimun yang lumayan banyak.

Dari bercocok tanam mentimun pun tidak susah apalagi timun merupakan salah satu tanaman yang cepat sekali berbuah dan sekali berbuah banyak jumlahnya. Dari segi fisik mentium mempunyai bentuk bulat memanjang atau lonjong dengan warana kulit dari hijau muda sampai hijau tua dan mempunyaia daging buah warna putih dengan biji yang tentunya aman dimakan karena tidak keras. Kandungan air yang banyak dalam mentimun menjadikan timun sangat cocok sekali di konsumsi pada saat teriknya matahari, akan terasa segar dan nikmat. 

Mentimun juga merupakan salah satu buah yang suka dipadukan di beberapa makanan khas indonesia. Hampir disetiap makanan selalu cocok dipadukan dengan timun ini karena tekstur dan rasanya sangat pas dalam makanan, misalnya dalam nasi goreng kita sering ada timun yang sudah di iris kotak kotak atau pipih atau pada saat ada acara sukuran suka membuat nasi kuning, timun pasti ada dalam acara yang biasa disebut "tumpeng" itu. Namun anda jangan merasa bosan dengan adanya timun karena buah satu ini memiliki khasiat yang sangat berguna sekali untuk kesehatan tubuh anda. berikut 5 Khasiat Mentimun Yang Menyehatkan Tubuh Anda :

1. OBAT ALAMI DIABETES


Diabetes menjadi penyakit yang sudah tidak asing lagi. Diabetes adalah penyakit karena kadar gula dalam darah melebihi batas normal ini dikarenakan tubuh kita kekurangan insulin yang dapat memecah glukosa menjadi sumber tenaga kita sehingga gula terus menumpuk. Timun merupakan obat alami pada penyakit diabetes karena timun memilki zat yang dapat merangsang produksi insulin dalam tubuh kita sehingga glukosa dapat diolah dengan baik.

2. PENCEGAH SEMBELIT


Sembelit bisa dibilang sederhananya adalah susah buang air besar. Bisa disebabkan menciutnya selaput usus atau memang gerakan peristaltik otot usus kurang atau kurang minum .Obat untuk mengatasi sembelit adalah obat dengan khasiat laksativa atau pencahar. Tetapi timun juga dapat mencegah sembelit karena kandungan air yang banyak dalam mentimun sangat baik bagi organ pencernaan anda. 

3. PENGONTROL TEKANAN DARAH


Tekanan darah tinggi atau hipertensi menjadi penyakit yang cukup serius karena dapat menyebabkan penyakit yang mematikan yaitu stroke. Banyak sekali orang yang tidak bisa mengontrol tekanan darah sehingga menyebabkan hipertensi. Kandungan Kalium , magnesium, dan serat dalam mentimun dapat mengontrol tekanan darah anda sehingga dapat kembali ke tekanan normal.

4. MENGURANGI KOLESTEROL JAHAT


Kolesterol pasti ada disetiap tubuh manusia. ada dua jenis kolesterol ada yang dibutuhkan tubuh yang pastinya bermanfaat ada yang merugikan yaitu kolesterol jahat. Jika kadar kolesterol jahat dalam darah tinggi dapat meyebabkan penyakit yang serius. oleh karena makanlah timun karena timun memiliki senyawa sterol yang dapat melawan kolesterol anda. Sterol ini sangat efektif untuk mengurangi kadar kolesterol jahat.

5. PENGHILANG RACUN


Manfaat mentimun adalah sebagai penghilang racun ini karena kandungan air dalam timun sendiri ada sekitar 95% mengandung senyawa antidotum. antidotum dapat melawan racun dalam tubuh khusunya. antidotum dapat menyerap dan mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh. cara pengeluaran racun dapat melalui air seni atau melalui keringat.

Memakan makanan dengan mentimun sangat enak sekali dilidah karena mempunyai rasa yang unik saat di kunyah. apalagi dengan dipadukan buah lain seperti tomat yang dimasak pada nasi goreng. pasti rasanya lezat. Tidak hanya enak mentimun juga sangat menyehatkan sekali bagi tubuh dengan manfaatnya buah yang bisa dibilang murah meriah ini sangat disukai oleh masyarakat luas.

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel