Meski banyak yang membenci, manfaat buah pete dan jengkol untuk kesehatan tubuh sangat banyak

03-10-2016 (2 months ago)

Buah yang paling kontroversial dalam dunia kuliner hingga saat ini adalah buah pete dan jengkol. Keduanya adalah buah yang banyak dibenci namun juga tidak sedikit yang menyukainya.

Dalam kuliner Indonesia hingga saat ini ada dua jenis buah yang dianggap sebagai salah satu ciri khas kuliner asli dari Indonesia. Dua buah tersebut adalah buah jengkol dan pete. Dua buah ini memang cukup kontroversial bagi sejumlah orang, karena tak sedikit orang yang menyukai namun juga tak sedikit yang membencinya. Untuk orang yang membencinya sendiri pada umumnya sangat benci karena pete dan jengkol mengeluarkan aroma yang sangat tidak sedap sehingga membuat eneg orang yang tidak suka.

Namun bagi orang yang menyukainya, buah pete dan jengkol ini termasuk buah yang sangat lezat untuk di konsumsi. Terlepas dari kontroversi tersebut, buah pete dan jengkol ini memiliki manfaat yang tergolong banyak sekali untuk tubuh manusia yang masuk dalam kategori manfaat positif.

Buah jengkol dan sendiri mampu mencegah sakit diabetes. Hal ini karena jengkol mengandung asam/mineral yang sangat tinggi. Jengkol juga memiliki kandungan vitamin, serat yang tinggi, mineral, dan asam jengkolat. Khasiat utamanya akan membantu diuretic yakni melancarkan pembuangan urina di dalam tubuh anda terutama bagi penderita jantung koroner. Selain itu bisa melancarkan buang air besar sehingga sangat membantu melangsingkan perut anda yang membuncit karena sulit BAB.

Dan untuk manfaat buah pete malah semakin banyak jika dibandingkan dengan manfaat pada buah jengkol. Pete sendiri memang lebih banyak peminatnya karena memang rasanya dianggap sedikit lebih enak dibandingkan dengan jengkol. Namun masalah bau, pete jauh lebih menyengat dibandingkan dengan jengkol. Jadi hati-hati jika makan pete di dekat orang yang tidak suka pasti anda akan dijauhi langsung saat itu juga karena baunya sangat menyengat.

Di dalam pete sendiri sudah terdapat tiga gula alami bernama glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Ditambah serat tinggi di dalamnya menambah kualitas positif dari buah pete ini. Kandungan gula yang banyak membuat pete mampu menawarkan manfaat sebagai penambah tenaga atau stamina pada tubuh manusia. Dan hingga saat ini tak sedikit atlit yang rajin mengkonsumsi pete untuk menambah tenaga dan stamina mereka jauh menjadi lebih kuat.

Uniknya, pete ini juga mampu mengendalikan emosi seseorang karena di dalamnya mengandung tryptophan dan vitamin B6. Secara medis kandungan tersebut memang mampu menurunkan tingkat stres dan depresi seseorang yang mengkonsumsinya. Pete juga sangat cocok untuk orang yang menderita hipertensi atau darah tinggi. Kecerdasan dan konsentrasi otak juga bisa dibantu oleh pete karena di dalamnya mengandung kalium yang tergolong berdosis tinggi.

Sehingga jika pete di konsumsi anak dalam masa pertumbuhan akan sangat baik untuk pertumbuhan otaknya menjadi lebih aktif dan cerdas. Manfaat lain dari buah pete adalah bisa sebagai lotion anti nyamuk murah meriah. Anda cukup mengoleskan buah pete ke kulit anda maka dijamin anda tidak akan di gigit oleh nyamuk. Tentu anda juga harus tahan dengan bau pete tersebut, jika anda terbiasa memakan pete tentu anda akan tahan dengan bau khas dari pete tersebut.

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel