Mitos Kesehatan yang Sekarang Sudah Terbukti Hoax
Indonesia memang penuh keragaman, mulai dari mitos misteri sampai mitos kesehatan lengkap semua. Contohnya adalah masa kecil dulu ada beberapa orang tua mengatakan "nak lukanya kasih ludah aja biar cepet sembuh", apakah kalian percaya?.

Membahas mitos memang selalu menarik, sebagai contoh kebanyakan dari kita pasti sering mendengar atau mengambil makanan yang jatuh ke lantai asal belum lima menit atau lima detik. Tapi berhubung kita sudah dewasa tentu tidak logis apabila kita masih percaya mitos konyol seperti itu, karena mau satu detik atau lima detik kuman sudah menempel semua disana. Sejak kecil hingga dewasa kita sering dicekoki oleh beragam mitos-mitos kesehatan entah itu dari mulut kemulut atau sekedar mencari kebenaran mitos itu di internet, padahal belum tentu mitos yang kamu dengar dan kamu cari di Internet benar faktannya.

“Jangan Keluar Rumah Dengan Rambut Basah Nak, Nanti Kamu Bisa Kena Flu” Hmmm Flu Nggak Kali ya Paling Kedinginan

Mitos yang turun temurun dari zaman kakek nenek ini tidak ada faktanya. Flu itu disebabkan oleh virus yang terbang melalui udara jadi tidak ada kaitannya dengan rambut basah atau kedinginan. Lalu apakah benar cuaca dingin dapat membuat kita terserang flu? Benar, tapi bukan suhunya yang membuat flu melainkan dalam cuaca dingin virus flu lebih mudah berkembang biak dan mereka lebih cepat menular pada manusia. Karena bisa jadi pada cuaca dingin daya tahan tubuh menurun.

Kebanyakan Orang Percaya Akan Mitos Bahwa MSG Adalah Zat Adiktif Berbahaya, Padahal Dalam Dosis Normal Tidak Menyebabkan Apa-apa

Sejak dulu sampai sekarang Monosodium Glutamat atau MSG mempunyai reputasi buruk karena pehaman orang banyak yang salah, mereka menganggap MSG disebut sebagai pembunuh diam-diam dari mulai menyebabkan kanker, obesitas hingga kanker. FDA dan WHO pada tahun 1991 sudah menegaskan MSG dinyatakan aman sebagaimana garam, gula dan merica, meski begitu FDA tidak merekomendasikan MSG dikonsumsi dalam jumlah besar karena dapat membuatmu alergi dan tidak bisa merasakan kekenyangan.

“Kamu Haid ya? Kalaun Gitu Jangan Berenang Dulu Nanti Kamu Mandul” Padahal Kalau Kamu Nyaman ya Boleh-boleh Saja

Sampai sekarang mitos ini terus diturunkan karena tamu bulanan perempuan ini sering datang, mungkin kamu pernah dengar kalau perempuan yang sedang haid tidak diperbolehkan berenang karena dapat menyebabkan kemandulan. Sebenarnya yang kamu perhatikan bukan soal kemandulan tapi kualitas baju renang dan pembalut yang kamu pakai, kalau kamu merasa nyaman boleh saja berenang. Tapi kalau kamu tidak yakin akan keduanya lebih baik urungkan saja niatanmu. Hanya saja saat menstruasi kontarksi otot perut sedang intens sehingga bisa memicu kram oto sewaktu-waktu ketika berenang.

Baca Juga: Macam-Macam Manfaat Super dari Brokoli yang Sangat Bagi Tubuh

“Flu Kok Makan Ice Cream, Kapan Kamu Mau Sembuh Kalau Gitu?” Banyak Dari Kita Percaya Begitu Saja Mengenai Mitos Ini

Sudah banyak dari kita percaya bahwa makan Ice Cream ketika flu dapat membuat hidung meler semakin parah, tapi kenapa ya tidak ada bukti medis kalau makan ice cream bisa membuat flu lebih parah? Justru makan ice cream saat kamu flu bia membuat lega tenggorokanmu. Selain itu biasanya saat orang terkena flu nafsu makan mereka berkurang, makanlah ice cream karena dapat memenuhi kalori tubuhmu.

Artikel Terkait