10 Tips Ringan Agar Payudara Tetap Sehat Hingga Usia Senja

23-10-2016 (1 month ago)

Payudara wanita memang harus dijaga agar tetap sehat dan tidak memiliki penyakit. Dalam menjaga payudara sendiri terdapat cara-cara tertentu agar lebih terjaga kesehatannya.

Menjadi wanita memang memiliki beberapa bagian tubuh yang membutuhkan perawatan khusus. Rambut adalah salah satu mahkota wanita sehingga membutuhkan perawatan ekstra dan rutin. Sementara itu wanita juga perlu merawat dengan tepat dan rutin yakni bagian tubuh bernama payudara. Kesehatan dari payudara sendiri memang perlu diperhatikan secara khusus agar payudara tersebut bisa tetap sehat hingga memasuki usia senja.

Peran dari payudara sendiri juga sangat besar dalam kehidupan wanita. Sementara agar tetap bisa sehat kondisi payudara hingga usia senja, maka anda harus melakukan sejumlah tips ringan berikut ini dengan tepat dan rutin. Beberapa tips berikut ini selain membuat payudara sehat juga akan membuat anda terhindar dari resiko penyakit ganas bernama kanker payudara.

1. Stop meminum susu sapi



Susu sapi murni memang memiliki rasa dan tampilan yang luas biasa lezat. Namun bagi para wanita, jangan terlalu sering anda mengkonsumsi susu sapi murni karena di dalamnya terdapat sejumlah kandungan estrogen yang dosisnya sangat tinggi. Dan menurut penelitian Tomlinson seorang ahli gizi asal Inggris menyarankan agar wanita lebih meminum susu almond atau santan sekalian.

2. Konsumsi sayur dan buah



Tentu sudah menjadi rahasia umum jika kedua jenis makanan yakni buah dan sayur adalah jenis makanan tersehat dan sangat menyehatkan tubuh manusia jika di konsumsi dengan tepat dan rutin. Buah dan sayur ternyata sangat baik untuk kesehatan payudara yakni mampu menurunkan kadar hormon esterogen di tubuh anda. Hormon esterogen inilah yang memicu terjangkitnya kanker payudara yang berbahaya. Utamakan anda untuk mengkonsumsi kubis dan brokoli karena kandungannya sangat baik.

3. Olahraga rutin



Olahraga memang adalah aktivitas penting yang perlu anda lakukan agar tubuh anda tetap sehat dan bertenaga. Mengenai payudara, berolahraga ringan seperti berjalan kaki selama 45 menit sudah cukup untuk membuat payudara anda tetap sehat dan kencang hingga usia tua. Olahraga memang mampu menurunkan kadar esteroge, sistem imun meningkat dan berat badan terus terjaga dengan baik.

4. Mengenali hormon di dalam tubuh



Hormon sendiri dalam organ payudara memiliki peran cukup penting. Bahkan hormon ini jauh lebih tinggi dalam bekerja ketika seseorang memasuki usia 40 tahunan. Kelebihan hormon esterogen memang berbahaya, namun bisa dikontrol dengan mengkonsumsi buah lemon, limau dan jeruk. Di dalam jeruk memang ada sebuah senyawa bernama d-limonene yang mampu membuang estrogen yang berlebihan di tubuh anda.

5. Cek Rutin



Cek rutin disinilah adalah dengan mengeluarkan biaya untuk tes MRI, mammogram, dan lainnya. Dengan tes seperti ini akan terlihat apakah anda benar-benar terbebas dari resiko kanker payudara atau tidak sama sekali. Ingin payudara sehat sendiri sangat sederhana, yakni cukup dengan makan makanan sehat dan minum air putih yang harus diperbanyak dan diminati.

6. Gunakan bra yang tepat



Payudara yang sehat dan indah tentu sangat berpengaruh dengan bra jenis apa yang anda gunakan. Saat ini memang banyak sekali bra murah namun menawarkan kenyamanan yang kurang dan tentu malah bisa bermasalah dengan kesehatan payudara anda. Pilihlah bra yang ukuranny sesuai dengan payudara anda agar terasa lebih nyaman ketika digunakan dan tentunya lebih sehat.

7. Latihan Dumbel Pullover



Mulai rutin melakukan Dumbel Pullover dimana olahraga ini dipercaya adalah salah satu cara membuat payudara anda terlihat lebih kencang hingga usia tua dan terus dalam kondisi sehat. Dumbel Pullover ini sangat mudah dimana anda hanya perlu berbaring dan mengangkat dumbel lurus dengan posisi dada anda dan tarik hingga ke bawah kepala anda. Lakukan 10 sampai 12 kali perulangan agar lebih terasa hasilnya.

8. Pijat Payudara



Anda bisa memijat sendiri di sekitaran area payudara anda agar lebih terasa nyaman. Cukup gunakan krim khusus selama proses pemijatan agar payudara tetap kencang dan sehat. Lakukan secara rutin seperti sesaat sebelum tidur.

9. Masker Payudara



Cara ini juga bisa anda praktekkan karena tergolong mudah dan simpel. Cukup buat dari buah pisang muda dan anda blender hingga sangat halus. Setelah itu tambahkan madu secukupnya saja dan aduk hingga merata. Oleskan secara perlahan hasil dari pencampuran tadi ke payudara anda secara perlahan sembari di pijat secara haus. Biarkan selama 15 menit dan bilas sampai bersih bisa menggunakan air hangat.

10. Perbanyak Minum Air Putih


Minum air putih memang sangat menyehatkan, dan ternyata efeknya adalah pada area payudara anda semakin terlihat indah dan kencang tentu juga semakin sehat.

Sehingga jangan pernah anda kurangi untuk mengkonsumsi air putih karena efeknya sangat banyak terhadap kesehatan tubuh anda.

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel