15 Penyebab Rambut Rontok Yang Harus Kamu Ketahui

Kesehatan 3 weeks ago
15 Penyebab Rambut Rontok Yang Harus Kamu Ketahui

Semua orang, baik itu wanita maupun pria, pasti pernah mengalami rambut rontok. Itu adalah hal yang normal, karena merupakan reaksi alami akibat penuaan. Tapi jika rambutmu rontok lebih dari 100 helai per harinya, maka ada baiknya kamu mencari tahu apa yang menyebabkan rambutmu rontok secara berlebihan. Simak 15 penyebab rambut rontok berikut ini.

1. Pengaruh Gizi Dan Vitamin

Perhatikan kandungan gizi dan vitamin dalam setiap makanan yang kamu konsumsi, karena itu akan berpengaruh pada pertumbuhan rambutmu. Jika asupan gizimu kurang, maka rambut yang tumbuh akan menjadi tipis dan rapuh, sehingga mudah rontok. Untuk itu, kamu perlu mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi baik, untuk kesehatan rambut dan juga organ tubuhmu.

2. Zat Kimia

Rambut yang sering mendapat paparan zat kimia juga mudah mengalami kerontokan. Karena itulah, sebaiknya kamu jangan sering-sering mewarnai rambut ataupun meluruskan rambut secara permanen di salon. Itu hanya akan membuat rambutmu mudah patah dan rontok.

3. Diabetes, Sindrom Down, Dan Hipertiroidisme

Tiga jenis kondisi ini bisa menyebabkan rambut pitak seukuran koin besar. Hal ini disebut dengan alopesia areata. Biasanya, kerontokan ini terjadi pada kalangan remaja dan dewasa muda. Namun, kerontokan ini sifatnya non-permanen. Nantinya, rambut akan kembali tumbuh setelah satu tahun.

4. Efek Samping Obat-Obatan

Rambut rontok juga dapat disebabkan oleh obat-obatan tertentu, seperti obat untuk depresi, tekanan darah tinggi, gangguan jantung, arthritis, dan masih banyak lagi. Karena itulah, ada baiknya kamu berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu tentang efek samping dari obat-obatan yang akan kamu konsumsi.

5. Tekanan Psikologis

Tekanan psikologis seperti stres juga bisa membuat jumlah rambut di kepalamu menipis, karena otot syaraf yang ada di kepala menjadi tegang dan lemah. Namun jangan terlalu khawatir, karena jenis kerontokan ini sifatnya hanya sementara. Cukup hilangkan tekanan psikologismu, maka masalah rambut rontok pun segera teratasi.

6. Rambut Rontok Turunan

Banyak yang tidak tahu kalau kerontokan rambut juga bisa disebabkan oleh faktor genetik. Jika kedua orang tuamu memiliki masalah rambut rontok, maka kamu perlu berhati-hati. Sebab, kamu juga beresiko mengalami masalah rambut rontok.

7. Pengobatan Kanker

Pengobatan kanker seperti kemoterapi, radioterapi, dan imunoterapi juga dapat menyebabkan kerontokan rambut. Hal ini biasa disebut dengan anagen efluvium, yang terjadi pada bagian kulit kepala, wajah, serta tubuh. Namun, kerontokan ini sifatnya tidak permanen. Setelah berhenti menjalani pengobatan kanker, maka rambut akan tumbuh kembali seperti biasanya.

8. Gangguan Hormon

Ada beberapa jenis hormon yang menyebabkan kerontokan rambut. Salah satu yang paling terkenal adalah hormon DHT (dihidrotestoteron). Hormon ini membuat rambut menjadi rontok di beberapa bagian kepala. Selain itu, hormon ini juga mengubah warna rambut yang aslinya hitam menjadi pudar seperti warna coklat terang.

9. Efek Hamil Dan Persalinan

Saat hamil, tubuh seorang wanita akan mengalami perubahan hormon yang cukup drastis. Itulah sebabnya banyak wanita hamil yang mengalami rambut rontok. Bahkan setelah melahirkan pun, rambut mereka masih banyak yang rontok. Umumnya, rambut mereka akan kembali pulih setelah 3 bulan pasca melahirkan. Namun, ada juga yang masih mengalami kerontokan setelah masa tersebut.

Loading...

10. Alat Penata Rambut

Demi menjaga penampilan, seorang wanita biasanya akan melakukan berbagai cara untuk menata rambutnya. Misalnya dengan menggunakan alat catok, alat keriting rambut, dan lain sebagainya. Hati-hati, karena terlalu sering menggunakan alat penata rambut ini hanya akan berdampak buruk bagi rambutmu.

11. Jarang Keramas

Ketika kamu jarang keramas, tentunya kondisi rambutmu akan menjadi berminyak (lepek) dan juga rapuh. Tak heran ketika nantinya kamu mencuci rambut, kamu akan menyadari bahwa banyak sekali rambutmu yang rontok. Karena itulah, pastikan untuk keramas secara teratur ya. 

Selain itu, pada saat keramas, kamu juga harus berhati-hati agar tidak menggosok kulit kepalamu dengan terlalu kuat. Karena hal tersebut dapat merusak bagian folikel rambut, dan pada akhirnya menyebabkan rambut rontok. 

Pemilihan shampo juga harus dilakukan secara tepat ya. Kalau rambutmu termasuk tipe rambut yang mudah rontok, maka gunakanlah shampo khusus untuk mengatasinya.  

12. Terlalu Kencang Mengikat Rambut

Berhati-hatilah ketika kamu sedang mengikat rambut. Jika kamu mengikatnya terlalu kuat, maka akar rambut akan tertarik dan menyebabkan kerontokan. Tak hanya itu, kamu juga akan merasa sakit kepala dan pusing jika mengikat rambut dengan kuat selama berjam-jam.

13. Sinar Matahari Dan Polusi

Sinar matahari memang bermanfaat bagi tubuh. Tapi, jika kamu terlalu lama terkena paparan sinar matahari, maka itu akan berdampak buruk bagi rambutmu, karena mengakibatkan berkurangnya keratin rambut. Padahal, keratin pada rambut merupakan protein yang sangat penting dalam menjaga rambut agar tetap berkilau.

14. Rokok

Rokok tidak hanya merusak organ dalam tubuh kita, tapi juga berdampak negatif terhadap kesuburan rambut. Menurut sebuah penelitian dalam jurnal "Archives of Dermatology", rokok disebut-sebut merusak suplai darah ke folikel rambut.

15. Infeksi Kulit Kepala

Infeksi pada kulit kepala harus segera diobati. Karena jika tidak, hal tersebut dapat menyebabkan kerontokan rambut. Namun jika sudah terlanjur terjadi, maka gunakanlah antijamur kerontokan rambut agar rambutmu tidak semakin rusak dan rontok.

Itulah beberapa hal yang bisa mengakibatkan rambut rontok. Jika kamu merasa rambutmu rontok secara berlebihan, cobalah untuk mencari tahu apa penyebabnya dan segera mengatasinya. Kamu juga bisa berkonsultasi ke dokter sebelum kondisinya semakin parah. Semoga artikel ini bermanfaat!

Tags: Rabut Rontok, Penyebab Rambut Rontok

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com