Penyebab Sakit Gigi Ini Bisa Membuat Gusi Bengkak dan Sakit Kepala

18-10-2016 (1 month ago)

Penyebab sakit gigi bisa dari berbagai macam faktor, bisa dari pola hidup tidak sehat dan tidak menjaga kesehatan gigi, dan juga faktor eksternal, seperti terkena benturan.

Penyebab sakit gigi bisa dari berbagai macam hal, bisa dari pola hidup yang tidak sehat seperti tidak menjaga kesehatan gigi, dan bisa juga dari faktor luar, seperti terkenan benturan dengan benda keras. Selain adanya beberapa faktor yang bisa menyebabkan sakit gigi, yang paling utama yang harus kita lakukan adalah dengan pencegahan.

Langkah yang paling awal yang harus kita lakukan adalah dengan menjaga kebersihan gigi, seperti menggosok gigi secara teratur, dan sering pergi ke dokter gigi untuk membersihkan karang gigi. Karena karang gigi yang terlalu menumpuk pada gigi bisa sebagai salah satu penyebab sakit gigi.

Dengan menjaga pola hidup yang lebih sehat serta menjauhi makanan yang bisa berdampak buruk pada gigi maka akan kecil kemungkinan kita menderita sakit gigi. Faktor makanan pun juga bisa merusak gigi kamu, seperti keseringan makan makanan yang terlalu manis atau sering mengkonsumsi permen, bisa mengakibatkan gigi kamu berlubang atau terjadi pengeroposan pada gigi.

Jika pola hidup bersih tidak benar-benar kamu jaga dan juga tidak rajin menggosok gigi kamu setiap harinya, maka sangat mungkin hal tersebut sebagai salah satu penyebab sakit gigi. Jika sudah sakit maka akan sangat mungkin terjadi peradangan pada gusi, dan juga adanya pembengkakan pada otot rahang hingga leher, dan juga sakit kepala yang tidak berkesudahan.

Sebelum hal itu terjadi maka akan lebih baik, jika kita mengetehaui terlebih dahulu hal-hal apa saja yang bisa sebagai penyebab sakit gigi. Dengan kita mengenalinya maka kita bisa menghindari dan mencegah sakit gigi.

Berikut ini ada beberapa hal sebagai penyebab sakit gigi yang bisa membuat gusi bengkak hingga sakit kepala ;

Kerusakan gigi sebagai penyebab sakit gigi

Penyebab sakit gig paling umum terjadi adalah adanya kerusakan pada gigi, seperti gigi keropos, berlubang, dan lain-lain. Pemicu awalnya kerusakana pada gigi bisa dikarenakan berbagai hal seperti mengkonsumsi makanan yang terlalu manis, yang memang bisa merusak gigi, terutama pada lapisan email gigi. Jika lapisan ini sudah rusak maka gigi tidak memiliki pelindung lagi, yang terjadi nantinya seperti gigi cepat kuning, dan gampang banget untuk keropos dan berlubang.

Jika gigi kamu sudah rusah seperti keropos atau berlubang, maka ini bisa seagai salah satu penyebab sakit gigi, dan yang lebih parah lagi jika tidak segera kamu tangani maka ada kemungkinan infeksi pada gusi kamu. Dan ketika sudah infeksi maka akan menyebabkan abses pada akar gigi, dan inilah yang sangat menyakitkan bahkan bisa sampai berhari-hari rasa sakitnya.

Ada beberapa penyebab selain pola hidup kita sendiri dan juga pengaruh pada makanan yang biasa kita konsumsi, seperti ;

  • Asam lambung

Asam lambung yang terlalu tinggi dari saluran pencernaan juga bisa merusak gigi kamu, yang awalnya akan merusak atau menghlangkan lapisan email pada gigi, lalu lama kelamaan gigi kamu muai keropos dan berlubang.

  • Pengaruh obat-obatan

Jika kamu menderita salah satu penyakit dan harus mengkonsumsi obat setiap harinya, ini juga bisa berpotensi merusak gigi. Karena jika kamu terlalu sering mengkonsumsi obat-obat maka akan merusak lapisan email, hampir sama ketika asam lambung kamu terlalu tinggi. Maka yang terjadi adalah pengeroposan gigi dan juga gigi akan berlubang.

  • Konsumsi makanan yang tidak sehat

Jika kamu salah satu orang penggemar minuman bersoda, maka mulai saat ini harus kamu kurangi. Karena minuman yang terlalu banyak mengandung soda akan membuat gigi kamu keropos dan berlubang. Dan juga seperti minuman yang terlalu asam dan juga minum-minuman berenergi. Lebih baik jika kamu menghindari minuman yang beralkohol dan bersoda.

  • Gosok gigi yang salah

Jika kamu baru saja mengknsumsi makanan yang manis, minuman bersoda, dan minuman yang rasanya asam semua itu akan membuat lemah lapisan email pada gigi. Jadi alangkah baiknya jika kamu setelah selesai mana atau minum-minuman tersebut berkumurlah untuk membersihkan semua sisa yang masih nempel di gigi, dan tunggu minimal 30 menit untutk gosok gigi kamu.

Luka pada gusi sebagai penyebab sakit gigi

Luka pada gusi bisa disebabkan oleh berbagai hal bisa karena luka benturan atau karena adanya peradangan pada gusi, dan tidak jarang akan disertai dengan pembengkakan pada gusi yang akhirnya menyebabkan nyeri pada gusi dan juga pada gigi. Penyebab sakit gigi karena adanya pembekakan ada gusi ini biasanya disebut sebagai gingivitis.

Gigi retak sebagai penyebab sakit gigi

Gigi retak atau biasa disebut dengan sindrom retak gigi bisa diakibatkan oleh banyak hal, karena benturan, karena kebiasaan makan dengan mengunyah yang buruk, gigi grinding, dan bisa juga karena adanya tambalan pada gigi.

Dan terkadang retakan yang ada pada gigi tidak bisa dilihat oleh kasat mata, karena retakannya terlalu kecil, tapi kamu akan merasakan sakit ketika kamu makan makanan yang manis-manis, atau minum-minuman yang dingin, maka rasanya akan ngilu, dan jika dibiarin berlama-lama maka akan timbulah sakit gigi.

Gigi grinding (bruxism) sebagai penyebab sakit gigi

Gigi grinding ini biasanya karena kebiasan seseorang yang suka menggertakan gigi yang kemungkinan dilakukannya secara tidak sadar, adanya gesekan antara gigi ini bisa membuat jaringan yang ada di bawah gigi bisa rusak, dan sangat mungkin adanya disposisi pada gigi. Hal seperti ini juga bisa sebagai penyebab sakit gigi, dan tak jarang bisa menjalar ke tulang rahang rasa sakitnya.

Salah menyikat gigi sebagai penyebab sakit gigi

Sikat gigi itu sangat penting karena untuk menjaga kesehatan gigi kamu, dan juga mampu mencegah timbulnya sakit gigi, seperti gigi keropos, berlubang, dan lain-lain, tapi jika gosok gigi kamu itu salah justru malah menimbulkan sakit gigi.

Jika kamu menggosok gigi terlalu ke bawah maka akan membuat gusi kamu terbuka dan semakin terlihat akar gigi. Hal inilah yang bisa menyebabkan sakit gigi karena gigi kamu akan semakin sensitif, seperti ngilu, dan juga kamu akan merasakan sakit ketika minum-minuman dingin atau makan-makanan yang manis-manis.

Gigi patah sebagai penyebab sakit gigi

Patahnya gigi banyak terjadi dikarenakan adanya benturan dengan benda keras, bisa terjadi karena kecelakaan, tapi juga bisa diakibatnya karena ada pengeroposan pada gigi yang tiba-tiba membuat gigi patah dengan sendirinya.

Gigi patah bisa sangat menyakitkan, apalagi jika patahnya terkena benturan dengan benda keras, maka akan menyebabkan gusi kamu bengkak, dan biasanya diikuti pembengkakan pada bagian rahan dan juga pipi.

Gigi yang tidak teratur sebagai penyebab sakit gigi

Posisi gigi atau susunan gigi yang tidak merata antara gigi bagian atas dan gigi bagian atas, juga bisa mengakibatkan sakit gigi. Dan biasanya dipicu dari pembengkakan pada gusi, hal ini disebabkan ketika mengunyah makanan antara gigi atas dan gigi bawah tidak seimbang dan akhirnya bisa menimbulkan luka atau peradangan pada gusi.

Gigi sundulan sebagai penyebab sakit gigi

Ketika pada usia tertentu masih sangat memungkinkan gigi tumbuh lagi untuk terakhir kalinya. Dan ketika gigi tumbuh dan tidak memiliki ruang yang cukup, maka gigi tersebut akan mendesak gigi lainnya. Adanya gesekan seperti inilah yang akan menyebabkan rasa sakit yang berkepanjangan, karena gigi yang terakhir akan terus mendesak untuk mencari ruang.

Dan jika salah satu gigi tidak kamu cabut, maka kemungkinan akan terus kambuh rasa sakitnya, dan jika dibiarkan gigi sundulan, maka akan memberikan ruang untuk bakteri berkembang. Hal inilah yang berbahaya karena bisa menyebabkan infeksi pada gusi.

Kawat gigi sebagai penyebab sakit gigi

Pada awal pemasangan kawat gigi, bisa jadi kamu hanya makan bubur dalam beberapa hari, hal ini karena adanya pemaksakan untuk merekatkan atau membentuk posisi gigi menjadi lebih bagus. Dengan cara ini otomatis merubah posisi gigi yang semula menjadi posisi yang diinginkan atau meratakan semua gigi.

Dan jarang juga pemasangan gigi akan membuat gusi kamu membengkak di semua bagian, tapi dokter spesialis gigi sudah mempersiakan segala kemungkinan yang terjadi ketika kamu mulai memasang kawat gigi. Dan biasanya rasa sakit pada gigi hanya sementara saja yakni pada awal-awal pemasangan kawat gigi.

Neuralgia trigeminal sebagai penyebab sakit gigi

Penyakit gigi yang satu ini dikenal sebagai penyakit bunuh diri, sebutan tersebut memang rasa sakit yang diderita akan benar-benar sangat menyakitkan. Dan penyakit ini ditimbulkan dari otak yang menghubungkan tiga syaraf, yakni syaraf rahang atas, syaraf rahang atas, dan juga syaraf mata.

Dan ketika seseorang menderita penyakit seperti ini, maka tidak hanya gigi saja yang sakit, tapi hampir semua kepalanya juga merasakan sakit, mulai dari gigi, rahang, tuliang hidung , hingga mata.

Konsumsi makanan manis sebagai penyebab sakit gigi

Jika kamu terlalu suka dengan makan makanan yang manis-manis, alangkahlebih baik kamu hindari. Karena makanan manis berakibat buruk pada kondisi gigi kamu. Selain makanan manis itu memicu timbulnya bakteri pada gigi kamu, tapi juga kalau terlalu keseringan maka akan membuat gigi kamu semakin cepat keropos dan berlubang.

Sinusitis sebagai penyebab sakit gigi

Sinusitis awalnya adalah dari flu yang disertai adanya peradangan pada rongga hidung yang akhirnya akan menjalar pada gigi, yang sakitnya juga hampir sama seperti rasa sakit gigi lainnya. Dan bahkan jika kamu menderita sinusitis tidak hanya rongga hidung saja yang sakit tapi bagian gigi serta gusi juga akan merasakan sakit, dan tak jarang bagian mata juga akan bengkak.

Gigi berlubang sebagai penyebab sakit gigi

Jika gigi kamu berlubang akan lebih baik jika kamu tambala tau kamu cabut, karena jika gigi berlubang itu kamu biarkan maka akan tumbuh bakteri dan yang paling parah akan tumbuh juga ulat gigi. Jika sudah parah maka sakitnyanya akan disertai peradangan hebat pada gusi, dan tak jarang akan diikuti dengan pembengkakan pada bagian rahang.

Tidak menjaga kebersihan gigi sebagai penyebab sakit gigi

Inilah pangkal utama dari semua penyebab sakit gigi yang ada. Jika kamu tidak menjaga kebersihan gigi kamu, sudah bisa dipastikan akan mengalami gigi keropos atau berlubang. Karena jarang membersihkan gigi, maka akan banyak sekali sisa-sisa makanan yang masih menempel pada gigi. Sisa makanan inilah yang dapat menimbulkan bakteri tumbuh di gigi kamu.

Dan lebih parah lagi, jika gigi kamu sudah berlubang atau berkarang maka sangat memungkinkan untuk tumbuhnya ulat gigi di gigi kamu. Dan sebelu semua itu terjadi, maka angkah pencegahan menjadi sangat penting yakni menjaga kebersihan gigi kamu.

Tidak hanya menyikat gigi saja, tapi juga menghindari beberapa makanan yang memang berpotyensi merusak gigi kamu, seperti makanan manis, minuman beralkohol, minuman bersoda. Dan seringlah berkumur setelah makan, agar semua sisa makanan itu berkurang, dan selanjutnya kamu bisa menggosok gigi kamu, minimal 3 kali sehari.

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel