Mengapa Wanita Butuh Tidur Lebih Lama Daripada Pria? Penelitian Ini Menjelaskan Hal mengejutkan

04-09-2016 (3 months ago)

Wanita diharuskan memiliki kualitas tidur lebih baik, seperti jam tidur yang lebih lama jika dibandingkang dengan pria. Hal ini karena untuk mencegah depresi atau mood yang buruk.

Ada fakta yang cukup mengejutkan bahwa ada seorang wanita degan usia 75 tahun memiliki usia otak yang sebanding dengan seorang pria yang berusia 70 tahun. Hal ini dikarena seorang wanita lebih memiliki banyak waktu untuk bersantai dan memperbaiki diri sendiri.

Rata-rata wanita butuh waktu sekitar 20 menit untuk tidur dengan lelap. Penelitian mengatakan bahwa otak wanita lebih sibuk multitasking jika dibandingkan dengan otak pria. Jadi ketika kalian sedang tidur, otak kalian masuk ke dalam “recovery mode” karena akan fokus pada perbaikan.

Tapi tambahan waktu tidur perempuan selama 20 menit akan memberikan pemulihan dari hari sebelumnya dan untuk mempersipakan untuk hari ke depannya.

Dampak Wanita Memiliki Kualitas Tidur Buruk

Sebuah studi pada tahun 2008yang dilakukan oleh Duke Medical Center mengambil sample sekitar 210 orang laki-laki dan juga perempuan untuk diteliti dalam masalah tidur. Dan semua pesertanya tidak merokok, atau mengkonsumsi obat-obatan. Dan hasilnya tidak ada satupun dari mereka yang memiliki gangguan tidur.

Kemudian penelitian ini menggunakan kuesioner kualitas tidur untuk mengukur tingkat kualitas tidur sebelumnya. Dan kemudian peneliti mengambil sampel darah untuk mengecek diabetes dan penyakit jantung.

Dan hasilnya hampir 40 persen dari peserta diangap memiliki tidur yang buruk, menurut hasil dari kuesioner. Namun ada perbedaan yang cukup fantastis dalam hal tidur berdasarkan jenis kelamin. Wanita yang kualitas tidurnya buruk lebih rentan dengan depresi dan mood yang buruk. Semakin sedikit jam tidur mereka maka akan semakin besar kemungkinan mengalami tekanan prikologis. Dan tanda tersebut tidak muncul pada pria yang memiliki kualitas tidur yang juga buruk.

Pada dasarnya wanita yang jam tidurnya kurang tidak mampu membuat otak mereka kembali pulih. Dan ketika otak semakin lelah, untuk berpikir saja akan lebih sulit pada hari berikutnya.

Perempuan yang Kualitas Tidurnya Buruk

Dengan kurangnya tidur atau kualitas tidur yang buruk, amaka akan berpengaruh pada tingkat kebahagiaan mereka secara keseluruhan. Menurut National Sleep Foundation di Inggris, ada beberapa alasan bahwa perempuan yang kualitas tidurnya buruk.

Seperti perempuan yang sedang hamil akan menyebabkan ganguan tidur karena berat badan atau karena adanya bayi di dalam rahim. Seperti wanita yang sudah mengalami menopause juga memiliki kesulitan tidur. Begitu juga dengan perempuan yang selalu terbebani dengan pekerjaan juga akan mengalami susah tidur atau tidurnya tidak nyenyak.

Wanita yang tidur dengan adanya ponsel di tempat tidurnya juga cenderung akan memiliki pola tidur yang tidak menentu. Karena ponsel itu sendiri diketahui menyebabkan infertilitas, jika berada di dekat kalian tidur dan dapat mengganggu tidur. Perempuan juga akan mengalami gangguan tidur ketika memiliki banyak masalah baik dari dalam dirinya sendiri atau dari luar.

Tidak Ada Aturan yang Baku

Menurut Profesor John Horne, wanita membutuhkan tambahan 20 menit dalam tidurnya jika dibandingkan dengan pria. Namun itu bukan aturan yang sangat baku. Beberapa wanita mungkin membutuhkan waktu lebih dari 20 menit, jika dibandingnya lamanya tidur dari seorang pria. Hal ini dikarena karena tingkat kesibukan atau pekerjaan yang sedang dilakukan.

Akan tetapi hal ini juga bisa berlaku bagi pria, yang sangat sibuk degan pekerjaan setiap harinya. Pria juga membutuhkan tambahan waktu lebih dari 20 menit. Apalagi denga tingkat pekerjaan yang lebih rumit yang membutuhkan banyak pemikiran. Karena hal ini akan menghindari tingkat stress yang lebih mendalam.

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel