Fakta Ini Menunjukan Betapa Bahayanya Narkoba Bagi Tubuh

13-10-2016 (1 month ago)

Melangkah lebih jauh tentang narkoba, ternyata fakta ini menunjukan betapa berbahayanya narkoba bagi tubuh manusia.

Narkoba sekarang menjadi salah satu masalah besar yang sedang diberantas oleh pemerintahan Indonesia. Melangkah lebih jauh tentang narkoba, ternyata fakta ini menunjukan betapa berbahayanya narkoba bagi tubuh manusia. Fakta apakah itu?

1. Merusak Sistem Saraf Pusat

Tidak memerlukan waktu yang lama bagi senyawa narkoba untuk menuju ke otak serta organ lainnya. Kalau senyawa tersebut masuk ke otak, maka akan melepaskan zat domain dengan jumlah banyak. Hal tersebut menyebabkan para pemakai merasa lebih rileks dan senang. Maka dari itu, kebanyakan orang yang depresi memilih menggunakan narkoba daripada mendekatkan diri kepada tuhan.

Pemakai tidak mampu berpikir dengan sehat dikarenakan terganggunya fungsi otak dalam mencerna informasi. Selain itu, para pemakai juga kesulitan dalam mengingat atau membentuk sesuatu pada saat dia mengalami teler. Narkoba dapat menyebabkan kerusakan saraf, hingga para pemakai mengalami kejang, halusinasi dan sampai kehilangan kesadaran.

2. Merusak Sistem Imun

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa efek dari senyawa kimia dari narkoba sangat berbahaya bagi sistem kekebalan tubuh. Kalau kamu mengonsumsi narkoba, maka kamu lebih mudah terserang sakit.

Biasanya para pemakai narkoba kelihatan dari tubuhnya yang kurus kering seperti orang yang nggak pernah makan.

3. Merusak Sistem Reproduksi

Narkoba mampu merusak sistem reproduksi. Hal tersebut sama bahayanya dengan rokok, para pemakai narkoba aktif berisiko dapat mengalami penurunan hormon reproduksi serta merusak fungsi seksual baik pada pria maupun wanita.

4. Merusak Sistem Pernafasan

Jika kamu menghirup asap dari daun ganja, maka kamu berpotensi mengalami batuk, sesak nafas, hingga infeksi paru-paru. Hal tersebut dikarenakan asap dari daun ganja dikatakan lebih parah dari asap rokok. Asap ini mengandung karsinogen yang membuat para pemakai berisiko untuk terkena penyakit kanker paru-paru.

5. Disfungsi Hati

Masih tentang ganja. Jika kamu memakai narkoba sejenis ganja, maka kamu bisa merasakan perasaan tersengat atau rasa terbakar dari mulut hingga tenggorokan. Apalagi jika kamu memakai ganja menggunakan melalui mulut, maka akan sampai menuju hati sehingga proses masuknya racun akan lebih cepat.

Hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada fungsi hati. Kalau kamu memakai narkoba secara berlebihan dan dalam jangka panjang, maka kamu berisiko terkena gagalnya fungsi hati atau disfungsi hati.

6. Perubahan Fungsi Otak

Pemakai yang telah kecanduan narkoba dipastikan mengalami perubahan pada fungsi otak dan hal tersebut membahayakan bagi pemakainya. Bahaya dari senyawa narkoba ini mampu membuat kerusakan pada bagian-bagian otak, sehingga kinerja otak menjadi tidak sempurna.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada binatang menunjukan bahwa senyawa pada narkoba bisa merusak sel-sel didalam otak. Hal tersebut akan sama kepada manusia. Manusia akan mengalami proses patologis biologis yakni suatu proses dimana kamu tidak akan peduli dengan siapapun, karena yang ada pada otakmu hanyalah narkoba.

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel