Cara Menurunkan Berat badan dalam 1 minggu - Vebma.com
Cara Menurunkan Berat badan dalam 1 minggu
Penurunan berat badan tergantung pada berapa banyak asupan kalori yang dikonsumsi dan berapa banyak kalori yang dibakar

Penurunan berat badan tergantung pada berapa banyak asupan kalori yang dikonsumsi dan berapa banyak kalori yang dibakar. Secara teoritis, seseorang bisa menurunkan berat badan sampai 4,5 kg dalam satu minggu. Tapi, idealnya rata-rata penurunan berat badan adalah antara 0,5 sampai satu kg per minggu. Hal ini dapat membantu Kamu mencapai berat badan ideal secara sehat. Sebaiknya penurunan berat badan dilakukan secara bertahap. Diet yang dilakukan dalam waktu singkat, umumnya hanya akan menurunkan berat badan sementara saja.

     METODE 1 : Menghitung kalori

1. Pastikan asupan kalori lebih sedikit dari yang Anda bakar tiap hari.

 Itulah seluruh rahasia penurunan berat badan. Dan, walau teorinya sederhana, praktiknya sangat sulit. Untuk tiap kilogram berat badan yang hilang, Anda perlu membakar 3.500 kalori. Artinya, Anda perlu membakar 3.500 kalori lebih dari asupan kalori yang Anda peroleh dari makanan.

  • Sadari bahwa Anda perlu berolahraga untuk membakar 5 kg dalam seminggu. Membiarkan diri Anda kelaparan bukan pilihan tepat. Malah, kelaparan bisa mempersulit penurunan berat badan, terutama setelah diet Anda hentikan.
  • Pahami bahwa Anda akan membakar kalori sembari melakukan aktivitas sehari-hari seperti berjalan, menaiki tangga, dan bahkan dengan teknik pernapasan. Tidak banyak kalori yang bisa terbakar karenanya, tapi Anda tidak harus membakar semua kalori yang harus dibakar itu hanya dengan olahraga berat.

2.  Kalau ingin menurunkan berat badan 5 kg dalam seminggu, Anda perlu membakar 5 ribu kalori lebih banyak dari                 asupan kalori harian.

Itu banyak. Tanpa bermaksud meredupkan semangat Anda, sekadar mengingatkan saja, menurunkan berat badan 5 kg dalam seminggu memang sulit. Bersiaplah melalui perjalanan yang sungguh menantang!

  • Berapa sih banyaknya? Pikirkan: Orang dengan berat badan berat badan 80 KG membakar 1.000 kalori dengan main sepakbola kompetitif selama 90 menit. Artinya, Anda perlu main sepakbola kompetitif selama 7,5 jam sepanjang hari untuk membakar 5.000 kalori. Tidak mustahil, tapi sangat sulit!

3. Pahami bahwa rata-rata orang membakar 2 ribu kalori tiap hari dengan melakukan aktivitas normal.

Artinya, kalau Anda mengonsumsi tepat 2.000 kalori dari makanan tiap hari, berat badan Anda akan sama, takkan bertambah ataupun berkuran.

  • Kalau Anda berusaha (dan sepertinya memang sedang) menurunkan berat badan, orang yang sehat sebaiknya mengonsumsi 1.200 kalori per hari, apa pun diet pilihannya. Artinya, untuk mencapai target, tiap hari Anda harus makan 1.200 kalori, kemudian membakar 4.000 kalori.   

    METODE 2  : Diet

1. Minum air saja.

Air adalah sahabat setia bagi mereka yang sedang berdiet. Minuman yang mengandung kafeina, gula, dan pemanis adalah musuh bebuyutan bagi mereka yang sedang berdiet. Minuman "energi" atau "pengganti ion tubuh" bisa mengandung 400 kalori. Itu sepertiga dari total asupan kalori Anda per hari. Jauhi minuman apa pun kecuali air, dengan satu pengecualian:

  • Teh hijau yang tidak dibubuhi gula boleh diminum--kadang. Kalau bosan minum air tiap hari, sesekali boleh Anda selingi dengan teh hijau. Teh hijau mengandung banyak antioksidan dan 2 kalori, karenanya aman diminum.
  • Kalau Anda benar-benar lapar sebelum waktu makan, minum segelas besar air tepat sebelum Anda makan. Perut Anda terkelabui dan mengira bahwa Anda lebih kenyang dari yang sebenarnya, dan rasa lapar pun berkurang.

2. Jangan makan karbohidrat sederhana. 

Karbohidrat sederhana, juga disebut karbohidrat olahan, biasanya kurang bergizi dan diserap tubuh dengan sangat cepat.Hindari olahan karbohidrat sederhana, seperti:

  • Kue, permen, cake, dan panggangan manis-manis lainnya
  • Madu, molasse, dan sirup
  • Roti tawar putih, beras putih, dan pasta
  • Beragam serealia dalam kemasan

3. Ganti karbohidrat sederhana dengan karbohidrat kompleks. 

Karbohidrat kompleks, tidak seperti karbohidrat sederhana, kaya serat dan gizi lainnya, serta diserap tubuh dan dilepas ke aliran darah jauh lebih perlahan. Contoh karbohidrat kompleks antara lain:

  • Roti tawar berbahan gandum, pasta berbahan gandum, beras merah
  • Kacang-kacangan dan polong seperti miju-miju (lentil), wortel, dan ubi jalar
  • Sayuran dan buah-buahan seperti asparagus dan aprikot

Peringatan

  • Jangan berlebihan melakukannya atau jangan terlalu memaksakan diri anda! Bisa-bisa Anda malah menyakiti diri sendiri. Jangan makan pil apa pun yang diklaim bisa menurunkan berat badan.

Artikel ini ditulis oleh Yulia IngindiLema kamu juga bisa menulis karyamu di Vebma, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya. Daftar Sekarang!
Loading...
close