Loading...

Enam Cara Menghentikan Kecanduan Merokok

Kesehatan · 1 year ago
Enam Cara Menghentikan Kecanduan Merokok

sumber: wagwuzz.com

Bukan hanya di Indonesia saja, kecanduan merokok telah menjadi masalah di seluruh dunia. Dikutip dari mirror, masih ada 10 juta perokok aktif di Britania Raya, yang mana sekitar tiga sampai empat juta orang sedang berusaha untuk berhenti ketergantungan akan rokok.

Pemerintah Inggris telah berencana dalam lima tahun ke depan untuk mengurangi pecandu rokok dengan melaksanakan program “Tobacco Control Plan”.

Sebenarnya banyak cara yang bisa kita lakukan untuk berhenti ketergantungan akan rokok.

Melansir dari mirror ini adalah enam cara untuk berhenti merokok:

  1. Metode Cold Turkey

metode yang mana tidak menggunakan pengobatan secara khusus dan dunia medis untuk menghentikan kecanduan merokok. Metode ini hanya membutuhkan kesadaran dan niat yang kuat dari pecandu rokok untuk berhenti merokok. Metode ini telah berhasil digunakan oleh pecandu rokok untuk berhenti merokok berdasarkan penelitian yang telah dilakukan.

2. Obat Tenggorokan, Koyo, Permen Karet

Rokok memiliki zat adiktif berupa nikotin yang membuat orang menghisap rokok menjadi sulit untuk berhenti merokok. Mungkin para perokok yang ingin berhenti bisa menarik nafas lega, pasalnya sekarang sudah ada terapy pengganti rokok yang bernama Nicotine Replacement Therapy atau NRT, yang sudah digunakan di media permen karet, koyo, dan obat tenggorokan. Akan tetapi terapi ini kebanyakan masih digunakan di Eropa.

sumber: life.viva.co.id

3. Vapor

Vapor atau Rokok Elektrik memang sedang naik daun di berbagai belahan dunia. Rokok elektrik bertujuan untuk mengurangi gas karbon monoksida, akan tetapi alat ini mempunyai resiko menyebabkan mutasi atau radiasi yang dapat menimbulkan penyakit kanker.

4. Hipnotherapy

Sebuah survey yang dilakukan melibatkaan 6000 pecandu rokok yang di Hipnotherapy, terapi ini malah berhasil dilakukan untuk menghentikan perokok dari kecanduan merokok.

“ Metode hipnotis dapat membantu menghilangkan rasa ingin merokok di saat tubuh benar-benar nyaman,” kata seorang ahli hipnotherapis, Brian Jacobs.

5. Bermain Game Tetris

Loading...

Menurut penelitian dari Universitas Plymouth di Inggris bahwa bermain video game seperti tetris dapat menghilangkan perasaan ingin merokok.

6. Ganti Kopi Dengan Teh

Mengeluarkan zat nikotin dalam tubuh memang memiliki efek samping membuat seseorang merasa gelisah. Mungkin ada baiknya jika para pecandu rokok mengganti kopi dengan teh karena kandungan kafein yang terdapat dalam kopi dapat menambah rasa cemas dalam diri seseorang.

sumber: nilni.com

Inilah dampak yang terjadi saat anda berhenti merokok:

Di 20 menit pertama, Denyut nadi akan kembali normal.

8 jam setelahnya, oksigen yang terdapat dalam diri anda akan kembali normal dan kandungan zat adiktif seperti nikotin dan gas monoksida telah berkurang sebanyak 50 persen.

48 jam kemudian, sudah tidak ada nikotin yang terdapat di dalam tubuh, kemampuan indra perasa dan penciuman kembali meningkat dan resiko terkena penyakit seperti penyakit jantung menjadi berkurang.

2 sampai 12 minggu, peredaran darah akan kembali membaik.

3 sampai 9 bulan, kinerja kerja paru-paru pun meningkat.

1 tahun, resiko terkena serangan jantung menjadi berkurang jauh.

10 tahun, kemungkinan terkena penyakit paru-paru semakin kecil.

15 tahun, akan terhindar dari penyakit serangan jantung.

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Ivan Delapena
Ivan Delapena
0
Followers