Inilah yang Akan Terjadi Jika Kapsul Bluetooth Masuk ke Dalam Lambung

Kesehatan 3 months ago
Inilah yang Akan Terjadi Jika Kapsul Bluetooth Masuk ke Dalam Lambung

Ini betul-betul gagasan cerdas dan kreatif dalam dunia teknologi medis. Untuk mendeteksi kelainan, kondisi, dan penyakit pencernaan, dokter tak perlu lagi melakukan prediksi kesehatan berdasarkan informasi pasien, yang hasilnya kadang kurang akurat. Tim ilmuwan asal Australia yang dikomandani Kourosh Kalantar Zadeh, peneliti asal RMIT University dari Advanced Electronic and Sensors Division, terus berikhtiar untuk menghasilkan perangkat detektor kondisi alat cerna terbaik.

Mengidentifikasi Berbagai Konsentrasi


Baru-baru ini, hasil penelitian mutakhir telah sukses merancang dan menciptakan perangkat kesehatan berupa alat sensor berbentuk kapsul, dengan ukuran 1 inci - 0,4 inci. Kapsul ini bekerja dengan cara mendiagnosis tingkat kesehatan alat pencernaan pasien, baik lambung maupun usus. Perangkat mungil ini akan menyampaikan informasi melalui bluetooth mengenai kadar asam lambung, sindrom iritasi, luka pada lambung, kadar bakteri baik dan jahat pada alat cerna, tingkat toleransi terhadap laktosa, dan lain-lain.  

Para peneliti sudah mengujicobakan perangkat ini pada 7 orang pasien, dan terbukti kapsul ini dapat bekerja dengan baik, sesuai harapan. Bahkan, Nature Electrics, sebuah jurnal teknologi kesehatan, menyebutkan bahwa kapsul ini dapat mendeteksi lebih akurat dari yang diperkirakan. Benda ini bisa mengidentifikasi konsentrasi karbon dioksida, oksigen, dan hidrogen, secara seketika saat meluncur melalui kerongkongan, menuju ke bagian dalam tubuh, hingga akhirnya bersemanyam di dalam usus, dan terekskresikan paling lama dua hari kemudian.

Loading...

Akan Tuntas Tahun 2019


Kelebihan lainnya, kapsul elektronik ini akan berbagi data tentang konsentrasi gas di dalam alat cerna dengan frekuensi 5 menit sekali via bluetooth ke perangkat genggam atau smartphone. Uji coba yang lebih luas akan dilakukan dalam waktu dekat terhadap 400-500 orang pasien, dan menurut prediksi proses ini akan tuntas pada tahun 2019 mendatang.

Belum ada informasi, berapa harga beli yang akan disematkan pada kapsul ini, jika nantinya sudah mengantongi izin resmi untuk dilempar ke pasaran. Hanya, para periset memperkirakan, pada gelombang pertama, harganya di bawah US dollar 200.

Tags: Kapsul Inovatif, Teknologi Kesehatan, Kapsul Bluetooth, Penyakit Pencernaan, Kelainan Pencernaan, Detektor Penyakit.

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com