Jangan Malu Menangis! Ternyata Ada Manfaatnya
Mau nangis? Jangan Malu! Ada manfaatnya loh.

Banyak yang masih malu untuk menangis, apalagi jika menangis dilihat oleh orang lain. Menangis masih dianggap tabu oleh kebanyakan orang. Padahal terdapat manfaat jika kita menangis.

Menangis sebenarnya merupakan luapan emosi dari perasaan dari dalam jiwa. Secara biologis, menangis disebabkan oleh adanya hormon estrogen yang ada pada tubuh. Hormon tersebut dapat memicu reaksi emosional seperti kecewa, sedih dan bahagia. Tak jarang jika kita terlalu bahagia kita akan mengeluarkan air mata meski itu sambil tertawa terbahak-bahak.

Meski terlihat sepele, menangis memiliki beberapa manfaat yang baik untuk diri kita.

1. Menyeimbangkan Pikiran

Saat kita menangis kita akan menghasilkan zat endorfin yang dapat menstabilkan pikiran dan emosi. Secara psikologis menangis dapat membuat jiwa kita lebih tegar.

2. Meningkatkan Suasana Hati

Secara psikologis menangis dapat membuat suasana hati lebih baik dari sebelumnya karena emosi yang dirasakan didalam tubuh dapat dikeluarkan melalui menangis dan tidak menumpuk di dalam tubuh saja. Seperti yang biasa dirasakan oleh seseorang yang curhat sambil menangis. Seusai menangis orang tersebut akan merasa lebih lega dari sebelumnya.

3. Menyeimbangkan Tekanan Darah

Adanya pikiran yang terlalu berat dapat membuat seseorang menjadi penat. Berbagai masalah yang dirasakan jika tidak diluapkan akan menyebabkan penumpukan beban didalam tubuh yang dapat mempengaruhi tekanan darah seseorang. Seseorang dapat menangis untuk menyeimbangkan tekanan darah. Jika seseorang menahan dirinya untuk tidak menangis dalam pikiran yang berat hal tersebut malah dapat menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi atau hipertensi.

4. Menyehatkan Mata

Jika seseorang menangis mata akan akan menjadi lembab dan membuat mata lebih tajam. Air yang dikeluarkan oleh mata dapat mengeluarkan kotoran yang menumpuk di mata yang disebabkan oleh debu dan udara kemudian keluar bersama air mata yang menetes sehingga membuat mata menjadi bersih.




Jadi dapat disimpulkan bahwa menangis sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Menangis bukan berarti seseorang adalah orang yang cengeng, namun tubuh kita memang membutuhkan kita untuk menangis jika itu diperlukan. Itulah manfaat menangis.

Artikel ini di tulis oleh Yosep Stillman kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang
Loading...
loading...

Artikel Terkait

close