close
Kenali Gejala Awal Kamu Terindikasi Sakit Ginjal
Baca dengan teliti, apakah kamu mengalami sah satu tanda-tanda di bawah ini

Ada beberapa gejala yang mengindikasikan terjadinya gangguan pada ginjal. Namun sayangnya, kebanyakan orang tidak menyadari dari gejala tersebut, sehingga yang kemudian hari menjadi penyakit ginjal. Gejalanya akan semakin jelas saat penyakit ginjal itu sudah kronis.

Organ ginjal yang fungsinya untuk menyaring darah yang berada di dalam tubuh. Hasil dari penyaringan itu ginjal akan memisahkan racun-racun, kemudian mengatur keseimbangan elektrolit dan juga membantu mengatasi keseimbangan cairan yang ada dalam tubuh. Darah yang sudah disaring oleh ginjal tadi akan keluar melalui urine. Nah rusaknya ginjal tentu dapat menurunkan fungsi ginjal. Beberapa penyakit ginjal juga akan bermunculan seperti infeksi pada ginjal, gagal pada ginjal, batu ginjal, kista ginjal hingga yang paling kronis yaitu kanker ginjal.

Berikut ini beberapa tanda awal jika ginjal mengalami masalah yaitu

1. Perubahan pada warna urine

Gejala awal-awal yang paling sering dirasakan yaitu dimulai dari buang air kecil (urine) yang mengalami perubahan warna. Selain itu juga terjadinya penurunan atau peningkatan kadar air kencing yang dikeluarkan. Tidak jarang air seni yang dikeluarkan akan berubah warna lebih keruh dari biasanya dan terkadang saat buang air kecil pun disertai rasa sakit. Bahkan jika sudah mengidap ginjal yang sudah akut, urine yang dikeluarkan akan bercampur dengan bercak darah.

2. Mengalami rasa gatal berlebihan

Jika organ ginjal yang tidak berfungsi dengan baik akan mengakibatkan penumpukan kotoran atau sisa-sisa dari metabolisme dari dalam tubuh. Hal ini akan menyebabkan tubuh merasa gatal yang berlebihan. Terkadang rasa gatal itu disertai dengan pembengkakan-pembengkakan yang ada pada bagian tangan, di pergelangan kaki dan bagian yang lainnya.

3. Tubuh akan jadi mudah capek

Tubuh memiliki hormon eritropoietin yang berfungsi untuk menurunkan sel darah merah yang ada dalam tubuh. Hormon itu akan muncul ketika salah satu organ dalam tubuh berjalan tidak sebagaimana mestinya, seperti sakit pada ginjal. Munculnya hormon eritropoietin tersebut akan membuat tubuh menjadi mudah lelah atau gampang capek.

4. Sakit di sekitar daerah pinggang

Beberapa orang yang mengalami ginjal yang bermasalah biasanya merasakan sakit pada bagian pinggangnya. Kondisi ini berkaitan dengan penyakit batu ginjal. Walaupun batu ginjal tidaklah menunjukkan gejala, namun biasanya pinggang akan merasa sakit saat batu ginjal terjebak dalam ureter. Lama kelaman rasa sakit itu akan terjadi lebih sering.

5. Muncul rasa mual dan ingin muntah

Penyakit ginjal yang sudah mulai akut dan sudah masuk pada tahap gagal ginjal, biasanya disebut dengan istilah sillent killer. Mengapa disebut dengan demikian? Karena gejalanya itu susah atau sulit diprediksi, seperti mengalami rasa mual dan muntah. Banyak sekali penyakit yang gejala awalnya hanyalah mual dan muntah. Hal tersebut disebabkan oleh menumpuknya sampah yang ada dalam darah yang tidak berhasil dikeluarkan dari dalam tubuh.

6. Kepala pusing dan sulit berkonsentrasi

Penyakit anemia atau kurang darah sangat berhubungan erat dengan gagal ginjal sehingga otak tidak bisa mendapatkan pasokan oksigen yang cukup. Kondisi tersebut akan mengakibatkan kepala menjadi pusing dan kesulitan untuk berkonsentrasi. Kepala yang terlalu pusing akan menyebabkan tubuh kehilangan keseimbangan ketika berjalan.

Nah, itulah beberapa tanda awal jika kamu mengidap penyakit ginjal. Jika kamu merasakan tanda atau gejala di atas sebaiknya langsung konsultasikan ke dokter mengenai keluhan yang kamu dirasakan.

Artikel ini di tulis oleh Iqbal kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang
Loading...

Artikel Terkait