Makanan Rumahan yang Sangat Berbahaya Bagi Otak

07-10-2016 (2 months ago)

Makanan yang kamu gunakan sebagai bahan konsumsi pola hidup sehat ternyata juga sangat berbahaya bagi tubuh khususnya pada otak.

Zaman sekarang kamu tidak dapat terlepas dari makanan-makanan yang berbahaya bagi tubuh, sehingga kamu harus menghindari dan menerapkan pola hidup sehat. Lalu bagaimanakah jika makanan yang kamu gunakan sebagai bahan konsumsi pola hidup sehat ternyata juga sangat berbahaya bagi tubuh khususnya pada otak. Makanan apa sajakah itu?

1. Tahu

Tahu adalah salah satu jenis makanan yang dapat meningkatkan resiko akan penurunan kognitif serta kehilangan memori. Hal tersebut baru diketahui sesudah dilakukannya penelitian terhadap kurang lebih 719 laki-laki dan perempuan di Indonesia yang gemar mengonsumsi tahu. Sesudah mereka dianalisis melalui serangkaian tes memori, hasilnya menunjukan bahwa mereka sudah mengalami penurunan tingkat memori.

Hasil dari penelitian tersebut menunjukan bahwa penyebab penurunan kognitif bukan dari sebab-akibat. Tetapi, para peneliti menduga bahwa kandungan fitoestrogen yang terdapat pada tahu mungkin dapat bertanggungjawab atas penurunan fungsi otak.

2. Sodium


Jika kamu mengonsumsi sodium dalam jumlah tinggi maka kamu harus berhati-hati. Hal tersebut dikarenakan soudium juga mampu berdampak negatif terhadap kemampuan kognitif kamu. Sebuah penelitian dengan melakukan uji tes terhadap 1262 relawan yang berusia 67 hingga 84 tahun dengan aktivitas fisik yang rendah.

Hasil tes menunjukan bahwa mereka yang sering mengonsumsi sodium atau mengonsumsi sodium dalam jumlah yang tinggi dapat mengakibatkan penurunan kemampuan kognitif lebih cepat. Kesimpulan yang dapat diambil atas penelitian tersebut adalah olahraga dengan teratur mampu menangkal sebagian efek negatif soium pada otak serta sistem kardiovaskular.

3. Lemak Tak Jenuh

Jika kamu suka mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, maka kamu berisiko untuk kesulitan dalam mengingat kata-kata. Sebuah penelitian melibatkan 1018 relawan diwajibkan untuk mengonsumsi lemak trans atau lemak jenuh mulai 3,8 gram hingga 27,7 gram.

Hasil setelah penelitian membuktikan bahwa para relawan mengalami penurunan ingatan hingga0,76 kata. Hal tersebut berarti, para relawan hanya mampu mengingat sekitar 65 kata dengan benar, sedangkan peserta lain yang tidak mengonsumsi lemak trans mampu mengingat sekitar 86 kata.

4. Tuna


Tuna memang dikenal mempunyai zat gizi dan vitamin yang tinggi. Namun, sekarang kamu harus lebih waspada. Karena tuna jaman sekarang kebanyakan mengandung merkuri. Seseorang yang suka megonsumsi tuna dengan intensitas lebih dari tiga porsi perminggu dapat menyebabkan disfungsi kognitif. Hal tersebut disebabkan ya itu tadi merkuri yang terdapat didalam tubuh tuna yang dapat membahayakan tubuh.

5. Lemak Jenuh

Lemak Jenuh diperkirakan 50 persen berasal dari semua kalori yang berasal dari lemak yang tidak sehat seperti kandungan lemak pada minyak kelapa sawit dan mentega. Lemak jenuh tersebut dapat menyebabkan gangguan fungsi dopamin pada mesolimbic otak. Bagian tersebut merupakan bagian otak yang berperan dalam mengatur rasa bahagia serta motivasi.

Efek dari gangguan pada bagian otak tersebut adalah gangguan perasaan, rasa kecanduan narkoba, serta makan berlebihan.

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel