Sehatkah Memutar Tubuh Hingga Tulang Punggung Berbunyi?

31-08-2016 (3 months ago)

Mungkin anda sering melakukan kebiasaan ini untuk merenggangkan otot-otot punggung yang kaku setelah melewati hari yang melelahkan. Namun, sehatkah kebiasaan ini?

Sehatkah memutar tubuh hingga tulang punggung berbunyi? Memutar tubuh hingga tulang berbnuyi ini biasanya dilakukan ketika anda melewati hari yang melelahkan, ini dilakukan untuk merenggangkan otot-otot yang terasa kaku. Anda melakukan kebiasaan ini untuk meregangkan otot-otot yang terasa kaku. Namun, mungkin anda bertanya-tanya, amankan kebiasaan ini dilakukan? Berikut kami akan mengupasnya untuk anda.

 

Secara teknis, memutarkan atau membungkukkan tubuh anda hingga punggung berbunyi tidaklah buruk, hanya jika dilakukan sesekali. Namun, jika kebiasaan ini rutin dilakukan, beberapa hari dalam sehari misalnya, ini dapat berakibat buruk bagi tulang anda.

Menurut Dr. Christopher Anselmi, a Hospital for Special Surgeru's Interactive Care Center di New York City, mengemukakan bahwa "Cracking atau membunyikan sendi dalam tubuh hingga punggung anda berbunyi bisa berakibat buruk, jika hal ini menjadi sebuah kebiasaan".

Melihat struktur tubuh manusia, sendi punggung terdiri dari ligamen, tendon dan struktur jaringan lunak lain yang dapat aus ( susut karena tergosok) dari waktu ke waktu. Sebuah gerakan yang tidak semestinya dapat menyebabkan kerusakan dini, yang lebih lanjut menyebabkan osteoporosis dan penyakit tulang lainnya.

Namun jika anda hanya melakukan sesekali untuk merenggangkan otot-otot anda yang kaku, hal ini tidak menjadi masalah meskipun suara tulang punggung yang anda dengar mungkin terdengar mengkhawatirkan. Hal ini dapat menjadi bahaya ketika menjadi kebiasaan yang dilakukan setiap hari.

Sebenarnya sendi terdiri cairan dan gas seperti nitrogen dan karbon dioksida. Karena itu, ketika cairan mendapatkan tekanan ketika sendi digerakkan, maka gas akan keluar dan menghasilkan suara. Namun and jangan khawatir, untuk yang ingin merenggangkan sendi anda namun tidak membahayakan tulang punggung anda, Dr. Christopher Anselmi memberikan tips nya untuk anda.

"Cara mudah untuk merenggangkan kembali tubuh yang lelah adalah masuk ke kamar mandi untuk membersihkan diri dengan air hangat agar oto-otot menjadi lebih rileks. Kemudian diikuti dengan menggerakkan tubuh dengan lembut sekitar 5 menit setelah mandi. Rentangkan tangan ke atas atau letakkan di pinggang mulailah membungkuk perlahan, lalu miringkan tubuh anda dari sisi ke sisi. Namun, pastikan tidak terlalu cepat melakukannya." Setelah anda melakukan cara ini, anda akan merasakan tubuh anda lebih rileks dan tentunya tanpa membahayakan kesehatan tulang anda.

Membunyikan punggung mungkin tidak akan menyebabkan kerusakan besar untuk tulang dan sendi anda, namun jika ini dilakukan secara terus-menerus, bukan tidak mungkin tulang punggung anda bisa saja cidera. " Jika sakit punggung tidak kunjung hilang. Ketimbang anda terus membunyikan punggung, lebih baik anda datang ke ahlinya untuk mendapatkan penanganan yang tepat." Lanjut Dr. Christopher Anselmi.

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel